Pengertian dan Macam Topologi Jaringan Komputer

Sebenarnya apa sih Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer. Sebagai seorang ahli IT tentu wajib mengetahui ilmu dasar soal jarring komputer, makanya Cara Master kali ini ingin memberikan sedikit wejangan mengenai pengetahuan ini sebagai modal nantinya siapa tau ada yang bertanya atau mungkin saja menginginkan salah satu jenis tipologi di bawah ini tapi malah kita sebagai orang yang banyak bergelut dalam dunia ini tidak paham sama sekali, kan bisa kehilangan muka kita, he he.

Yups, dalam dunia bisnis apa pun jenis produknya selama ia mempunyai kantor yang digunakan sebagai manajemen control bisnis dan layanannya tentu akan butuh dengan namanya topologi jaringan komputer ini. Karenanya tau beragam jenisnya akan membantu kita dalam meberikan beragam penawaran kepada mereka. Tapi tentu harus diimbangi dengan kemampuan yang juga memadai soal bidang ini, atau paling tidak tau macamnya saja sudah cukup dan nanti Tanya sama senior kan gak apa he he.

Sebelum ini ada :
  1. Beragam Komponen CPU yang perlu diketahui
  2. Cara Menghapus File/Folder yg Susah Untuk dihapus Tanpa Aplikasi
  3. Keahlian IT Paling Dicari/Dibutuhkan dunia Industri

Pengertian topologi jaringan komputer

Yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer di sini adalah sebuah bentuk manajemen jaringan komputer atau menghubungkan PC yang satu dengan yang lainnya agar terkoneksi satu sama lain dengan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan.  Memilih dari sekian ragam topologi ini tidak terlepas dari pertimbangan kecepatan atau speed akses pada data, modal dari penggunanya, maupun pada pertimbangan efisiensi dari pilihan jenis yang digunakan.

Macam-Macam atau Jenis Topologi Jaringan Komputer

Perbedaan jenis lebih umum dikenal karena bentuk sambungan jaringannya. Ada yang tampak seperti bintang sehingga disebut Topologi Star, ada yang menyerupai jaring penangkapan ikan yang lalu dinamakan dengan  Mesh dan lain sebagainya yang penting untuk diketahui dan dphami cara membentuknya.

1.Topologi Ring

Macam topologi ini dimana semua perangkat dihubungkan dengan kabel koneksi sehingga terbentuklah seperti lingkaran atau tepatnya ring yang melingkar dan dibantu dari Token, Token ini berisikan info yang bersumber dari perangkat sumber yang bertugas mencek apakah informasi tersebut dipakai oleh titik yang dimaksud, jika iaya maka token tersebut akan memberikan data yang diinginkan oleh titik koneksi dan menuju ke titik selanjutnya. Semua komputer akan membaca setiap sinyal informasi yang lewat atau mengalir, informasi tersebut akan diterima bila memang telah sesuai dg alamat yang dimaksud, dan sinyal informasi akan jadi diabaikan bila bukan alamatnya sendiri. Atau dalam arti lain proses ini akan terus hingga signal datanya sampai pada tujuan.

Kelebihan :

  1. Tidak memerlukan kabel yang banyak
  2. Grade kerumitan pemasangan lumayan rendah
  3. Mudah melakukan instalasi
  4. Tidak ada tabrakan data yang terjadi
  5. Cukup simple dalam perancangannya
    jenis topologi dan pengertiannya : ring
Kekurangan :

  1. peka pada kesalahan di jaringan
  2. Lumayan Sulit dikembangkan
  3. Jika seandainya salah satu dari titik jaringan mengalami gangguan maka semua komunikasi pada data bisa saja terganggu

2. Topologi Bus

Topologi ini hanya memakai kabel tunggal, dimana semua komputer yang akan dihubungkan hanya memakai 1 kabel saja dan sudah bisa terkoneksi. Kabel yang menjadi penghubun pada jaringan jenis ini dinamakan juga dengan kebel koaksial dan peletakannya memakai T-Connector.  Sedang sebagai upaya agar kerja dari jaringan jenis ini maka disarankan memakai kabel Fiber Optic disebabkan alasan pada resistensinya yang stabil yang mampu mengirim data lebih sempurna.

Kelebihan

  1. Dapat dikata gampang untuk dikembangkan
    macam macam topologi : Bus
  2. Tidak perlu penggunaan kabel yg banyak
  3. Solusi untuk Hemat pada biaya pemasangannya
Kelemahan:
  1. Tidak terlalu stabil, jika salah satu perangkat mengalami error maka komputer lainnya juga akan demikian.
  2. Kemampuan deteksi pada kesalahan kecil
  3. Ditenggarai susah mencari adanya gangguan di jaringan
  4. lalu lintas koneksinya tinggi yang menyebabkan terjadi antrian pada data
  5. Untuk jaringan yang dibuat dalam jarak jauh maka diperlukan repeater.
Bersambung ….

Masih ada lagi beberapa jenis topologi dan pengertiannya yang akan dibahas, yaitu topologi Tree, Star Mesh, dan juga Linear. Silahkan berkunjung lagi nanti untuk membaca keterangan lanjutannya yang lebih panjang dan lengkap.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top