Penyebab Trafik Blog Turun dan Cara Mengatasinya

Setelah algoritma google update berkali-kali, hingga kini mesin pencari tersebut semakin pintar dan canggih, siapa pun yang sedikit saja terdeteksi melakukan optimasi berlebih maka akan menerima akibatnya dimana trafik blognya hilang secara drastis dalam waktu sehari saja. Nah, di kesempatan ini kita akan membahas apa saja penyebab trafik blog turun dan bagaimana cara mengatasinya agar terhindar dan tidak lagi mengalaminya di kemudian hari.

Trafik blog bagi seorang blogger adalah sama dengan 'uang' yang bisa diukur jumlahnya berdasarkan perbandingan tertentu. Itulah sebabnya ini menjadi fokus utama bagi siapa saja yang mempunyai blog agar setiap hari bisa dilihat peningkatannya, namun apa mau dikata, karena optimasi berlebih yang didapat malah sebaliknya, kunjungannya menurun drastis dalam jangka waktu semalam.

Cara Mengatasi Trafik Blog yang Hilang Tiba-Tiba dan Penyebabnya


Berikut ini adalah penjelasan yang kami dasarkan atas pengalaman pada beberapa blog yang kami kelola. Penilaiannya bukan hanya dari satu website, tapi ada 3 yang kami pantau mengalami hal demikian, dan pada akhirnya kami simpulkan bahwa penyebabnya adalah :
cara mengatasi trafik blog yang turun

Variasi Anchor Text Kurang


Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu anchor text. Jadi ini sebenarnya istilah yang digunakan untuk kata kunci dari backlink yang kita sebar, sebagai contoh saja kalau kita berkomentar di blog orang maka kolom nama yang kita isi itulah yang akan jadi anchornya. Kurang lebih seperti itu, tapi pada dasarnya pengertiannya bisa dijabarkan beragam.

Jadi gini sob, kalau trafik blogmu tidak mau turun saat mencari backlink, maka pastikan jangan mengulang-ulang anchor tersebut terlalu banyak, paling tidak maksimal 3 kali pengulangan saja di beberapa situs, selebihnya gunakan kata yang berbeda, bisa sinonim atau apa pun yang mungkin masih terkait dengan pembahasan dalam blogmu. Dengan jalan ini maka aktfitas SEO yang kamu lakukan tidak akan terdeteksi oleh radar Google. Selain itu, menggunakan Proxy untuk menutup IP addressmu agar tidak terbaca juga sangat penting.

Judul Artikel Hampir Mirip


Untuk poin ini masih banyak yang tidak tahu, bahkan untuk blogger master pun masih banyak yang keliru dan mengira itu sangat baik, terutama yang mempunyai blog niche paling sering melakukan trik SEO ini. Yang kami maksud di sini adalah anda memberi judul pada beberapa artikel terbaru dengan susunan kata yang hampir mirip, misalnya, artikel yang dipos sebelumnya judulnya Harga Laptop Samsung Tipe xxxx, selajutanya post lagi artikel dengan judul yang hampir mirip hanya saja di kata terakhirnya tipenya beda. Nah, inilah kesalahan yang sangat fatal yang paling berpotensi membuat trafik blog turun drastis karena laba-laba google menilai bahwa anda memanipulasi judul untuk memperoleh trafik lebih tinggi.

Solusinya - Kalau anda memiliki blog niche maka usahakan beri judul berdasarkan namanya saja, contoh : blog teman kami bertema Game Gratis yang dikelolanya, judulnya hampir tidak ada yang mirip karena judulnya diambil dari nama gamenya saja, tidak perlu ditambahi kata 'download game' berulang-ulang sekalipun kata kunci yang dikejar demikian. Solusinya sertakan saja kata tersebut di dalam artikel, paling baik di paragraf pertama, di kalimat awalnya. Tapi tetap harus terlihat natural. Anda bisa masuk ke halaman utama Cara Master sekarang dan perhatikan cara kami mengaplikasikannya.

sebelumnya :
  1. Tips Menghilangkan rasa malas ngeblog
  2. Cara membuat blog ranking 1 di google
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang Halal

Perhatian! Kalau sekarang sudah terlanjur melakukan trik salah tersebut, maka jangan sampai mengedit semua judul artikelmu langsung dalam sehari, buat bertahap saja, kurang lebih 3 judul per hari yang diubah.

Demikianlah penjelasan Penyebab Trafik Blog Turun dan Cara Mengatasinya yang dapat dipelajari dan kalau bisa langsung praktek.
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

JUST SHARING
Panik sama trafik blog mendadak terjun bebas? padahal ga ada yang di otak-atik?
aku mau kasih pencerahan singkat, jelas, dan padat

Penyebabnya ada 2 hal nih..
1. Blog keciduk Sandbox google (tanya mbah google klo blum tau)
2. Blog menjadi target operasi blog AGC (tanya mbah google klo blum tau)

jika blog kamu masuk di kategori penyebab no 1 yah wasalam aja.. tapi klo blog kamu masuk di kategori no 2 penyebabnya.. kabar baik untuk kamu!

Solusinya
1. Istirahat buat artikel minimal 3 Hari
2. Jangan pernah merubah sedikitpun script HTML blog
3. Laporan Blog AGC kepihak berwenang

Setelah 3 hari pensi buar artikel
1. Resubmit / submit ulang sitemap
2. Submit blog sebanyak mungkin ke berbagai search engine (contoh: submitstart.com)
3. Ping blog kamu sebanyak mungkin ke berbagai layanan Ping Services (contoh: googleping.com)
4. Sekiranya udah melakukan point 2 dan 3 diatas selang waktu 6 jam kemudian barulah buat artikel

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top