Tips Menghilangkan Rasa Malas

Setiap orang pasti suatu waktu semangatnya sangat tinggi hingga terkadang semua pekerjaan mau diselesaikan sekaligus, namun yang jadi persoalan jika perasaan malas yang muncul dan sulit mengatasinya hingga banyak pekerjaan terbengkalai. Nah, karenanya di awal bulan Ramadahan 1435 Hijriyah / tahun 2014 ini Master ingin berbagi cara / tips menghilangkan rasa malas pada diri kita jika sewaktu-waktu datang dan mempengaruhi aktivitas kita.

Rasa malas sebenarnya datangnya dari dalam, yang mana semangat untuk melakukan aktivitas menurun karena kondisi tertentu. Misalnya saja, saya sebagai seorang blogger tujuan utamanya menulis selain berbagi pengetahuan, juga karena ingin memperoleh penghasilan dari blog yang saya kelola, tapi karena trafiknya anjlok dikarenakan suatu hal tertentu dan penghasilannya pun berkurang, akhirnya rasa malas pun muncul, beberapa hari dan bahkan berminggu tidak lagi menulis. Nah, untuk kasus seperti ini faktornya lebih kepada pemicu atau tujuan kerja yang tidak tercapai, namun sebenarnya bukan hanya ini ada banyak faktor yang melatarbelakangi. Dan bila itu terjadi, berikut beberapa tips yang ditulis oleh sahabat kami, Ummu Aufa di Muslimar.or.id  :

Sebelumnya : 7 Tips/Cara Menghilangkan Stres

Tips Cara Menghilangkan Rasa Malas

  1. Segarkan badan - Sering sekali karena malas melakukan segala hal, rasa kantuk pun datang, untuk itu sianjurkan segera membasuh muka atau paling baik mandi dengan air yang segar, setelah itu akan terasa sekali gairah kembali muncul.
  2. Rubah posisi - Untuk pelajar, saat membaca baiknya biasakan tidak dalam keadaan tidur, karena posisi tubuh yang santai memungkikan kita tidak konsentrasi dan mudah tidur, baiknya duduk saja dikursi karena perasan lebih stabil. Jika bosan, selingin dengan berdiri atau berjalan-jalan kecil sambil membaca.
  3. Selingan - Setiap manusia punya batas dalam berkonsentrasi dan fokus, terkadang rasa jenuh pun datang. Untuk itu jangan biarkan dari kondisi tersebut berubah jadi perasaan malas, baiknya lakukan aktifitas lain yang membutuhkan gerak, seperti berjalan di pekarangan rumah atau kompleks, melompat-lompat dan mengayungkan tangan agar otot tidak kaku, atau juga kalau rumah sudah terlihat kotor baiknya ambil sapu dan bersihkan. Setelah itu, semangat pun akan meningkat.
    cara menghilangkan rasa malas
  4. Minum atau makan sejenak - Kalau melakukan itu-itu terus dalam waktu berjam-jam tentu pasti akan jenuh juga, nah disarankan selingi dengan ke dapur membuat secangkir teh atau mencicipi makanan ringan yang sehat sebagai penyegaran pada otak.
  5. Ganti cara - Mengubah metode atau cara dalam melakukan apa saja. Misalnya saja anda ingin menghafalkan sesuatu, maka jika bosan dengan menggunakan buku, bisa diganti dengan bantuan CD atau kalau perlu dengan komputer yang menggunakan gambar biar tambah semangat.
  6. Cari suasana lain - Kalau sekarang ini kamu lagi membaca di ruang belajar khusus dan mulai merasa suntuk, baiknya pindahlah ke ruangan lain, atau paling baik kalau duduk ditaman sambil melihat pemandangan.
  7. Hirup udara segar - Kebanyakan model hunian sekarang terlalu dempet dan rapat sehingga sirkulasi udaranya tidak berjalan baik, kalau bisa biar rasa malas tidak menghinggapimu karena perasaan pengap dan sebagainya, maka sesekali berjalan ke arah jendela atau pintu untuk menghirup udara yang lebih segar, resapi agar efeknya semakin berarti.
  8. Ngobrol - Ya, menatap buku terus atau berkutat pada satu benda dalam waktu lama pasti ada waktunya akan jenuh dan akhirnya malas. Kenapa tidak berhenti sejenak dan ajak bercanda atau ngobrol biasa teman atau saudara biar suasana makin cair dan keadaan pun terasa kembali menyenangkan.
  9. Selanjutnya : Kata- Kata Mutiara Bijak dan Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami
lanjut : Harga HP Advan Vandroid S5 terbaru

Selebihnya silahkan temukan sendiri tips menghilangkan malas berdasarkan pengalaman anda, mungkin saja memilih bermain game atau malah pergi ke tempat rekreasi. Ada juga malah tidur sejenak agar pikirannya kembali segar. Semuanya tergantung Anda, mana yang lebih cocok lakukan saja agar lebih bersemangat menjalani hidup. Tapi sebenarnya dengan membayangkan cita-cita kedepan akan jauh lebih efektif mengatasi malas yang datang.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top