Gambar dan Video Cara Membuat Ketupat (Teknik Menganyam Ketupat)

Lebaran kurang dari 1 minggu lagi, dari pada beli lebih baik belajar cara membaut ketupat dari gambar dan video yang kami sajikan berikut ini. Simple sekali karena hanya butuh sedia janur kuning yang masih muda atau bisa juga daun pandan yang sudah lunak agar tidak sobek saat di tarik. Yah inilah seninya blan ramadhan, segala hal yang menyenangkan lahir dan batin bisa kita nikmati, apalagi yang masih dalam keluarga yang utuh, ada anak, ibu dan bapak.

Ketupat bagi masyarakat Indonesia bukan hanya sekedar makanan untuk menyambut hari lebaran setelah sebulan penuh shaum atau berpuasa, tapi ketupat juga merupakan budaya sekaligus alat dalam menjalin silaturahmi antar tetangga dan keluarga yang mungkin selama setahun tidak pernah ketemu dan akan cair dalam canda saat menikmati ketupat bersama.

Sebelumnya : Tutorial Jilbab Dewi Sandra

Video Cara Menganyam Ketupat


Perhatikan langkah pembuatannya di bawah, muladi dari membuang lidi di tengahnya, hingga selesai disatukan dan berbentuk ketupat.


Gambar Cara Membuat Ketupat

cara bikin ketupat


Keterangan :
  1. Pastikan sediakan 1 janur kuning yang telah dibersihkan kemudian dibelah dua dengan dibuang tulang atau lidi di tengahnya.
  2. Gulung melingkar pada ke dua tangan dengan membiarkan ibu jari tetap bebas bergerak.
  3. Dekatkan kedua hasil gulungan janur di tangan dengan memperhatikan rumusnya bahwa antara janur yang dari kanan dan kiri dibuat saling tindih atau selang seling.
  4. Terakhir rapikan dengan menarik kea rah ujung yang lebih kecil, jangan sampai terbalik karena prosesnya akan jadi lama.

Cara Mengisi Kulit Ketupat dengan Beras

  1. Cuci beras hingga bersih, beri sedikit sekali garam, kemudian rendam kurang lebih ½ jam.
  2. Masukkan beras didalam kulit tupatnya lewat ujung yang lebih kaku dengan cara dilipat ke dalam sedikit dan rapikan setelah terisi.
  3. Isi beras perkirakan kurang lebih 1/3 dari wadahnya, ini bisa diperkirakan dengan melihat ukurannya dan juga pertimbangan pada kualitas beras, biasanya kalau agak keras dibuat lebih sedikit lagi, dan kalau jadinya lembek ditambah lebih dari biasanya.

Selanjutnya : Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Pastikan belajar pada Gambar dan Video Cara Membuat Ketupat (Teknik Menganyam Ketupat) ini bersama teman agar bisa saling sharing mengenai langkah atau proses bikinnya hingga jadi bentuk yang diinginkan.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top