Teliti Sebelum Beli Hosting, Perhatikan Ini!

Banyak dari kita yang ketika membeli hosting hanya tertarik dari penawaran yang ia lihat di berbagai iklan dan juga posting dari berbagai blog, tapi haukah sobat Master kalau ternyata harga hosting yang kita lihat di promosi berbagai provider ternyata tak selamanya sama dengan yang sebenarnya kita inginkan, terkadanya hanya akal-akalan dan jika kita sampai salah pilih akibatnya akan repot juga kalau website yang kita kelola sudah terisi banyak file dan terpaksa harus pindah hosting karena ternyata biayanya mahal sekali, jauh dari kata murah sebagaimana yang kita ketahui awalnya.

Di bawah ini akan saya paparkan beberapa tips sekaligus pengalaman ketika beli hosting yang katanya murah dan unlimited tapi ternyata faktanya tidak sama sekali, dan bahkan perusahaan yang tidak mengembor-gemborkan sama sekali layanannya malah jauh lebih murah sekalipun di harga yang tertera tidak tampak semurah yang kita kira.

Sebelumnya : Cara Membuat Hosting Sendiri dan  Cara Memilih Hosting

Cara Perusahaan Hosting Mengakali Pelanggan Ketika Order atau Beli pada Layanan Mereka


1.  Paket Harga Hosting Tahunan


Terkadang kalau kita mencari hosting sering kali kan melihat iklan dan review dari berbagai blog yang menyebut harganya, misalnya cuma 1 dollar per bulan atau 'mulai dari harga 10ribu' dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda kalau itu ternyata ada syarat dan ketentuannya, biasanya harga #1 per bulan yang unlimited bisa anda dapatkan kalau memesan dalam sekian tahun sekaligus, ya kadang minimal 3 tahun atau lebih, umumnya kalau hanya bayar 3 atau 6 bulan saja anda tidak bisa memperoleh harga segitu, mimpi kali ya....! Nah, solusi beli domain kalau sudah begini maka sebagaimana yang sering saya lakukan adalah terlebih dahulu melakukan percobaan order, karena di sana biasanya baru kita tahu berapa sebenarnya harga yang ditawarkan untuk tiap paketnya, terkadang juga itu belum masuk biaya-biaya lain seperti pajak dan lainnya.

2.  Biaya Renewal Hosting (Harga Perpanjangan Tahunan)


Nah, ini yang paling penting sobat ketahui semua. Saya berikan satu contoh kasus, misalnya penawaran hosting murah iPage.com yang katanya untuk paket unlimited cuma #1,95 (dollar). Tapi setelah saya roscek ternyata itu kalau kita pesan minimal 2 hingga 3 tahun sekaligus, dan kalau mau setahun saja jangan mimpi dapat segitu, harganya bahkan lebih dari $3 per bulannya. Nah, kembali soal renewal, ini salah satu tips
perhatikan sebelum beli hosting
penting yang perlu diperhatikan semua blogger yang akan beli hosting. Ternyata, harga perpanjangan dari iPage.com setelah masa paket pertama anda habis bisa mencapai $8 per bulannya. Apa....? Ya, kalau sampai kamu beli di sana maka siap-siap saja jadi botak ....karena harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal....padahal di tempat lain yang tidak mengembor-gemborkan jasanya tidak sampai semahal itu biaya renewalnya.

3.  Biaya Hosting Tambahan


Ini kayaknya tidak umum, hanya beberapa perusahaan hosting yang menerapkannya yang mana mereka mencentang langsung biaya tambahan untuk pembelian paketnya, seperti soal scurity, backup dan sebagainya. Untuk itu anda harus teliti melihat bagian-bagian tulisan yang tertera, kalau ada yang terlihat sudah tercentang maka langsung hilangkan dan juga lihat pada harga totalnya, kalau tampak tidak wajar maka sebaiknya tinggalkan saja langsung dan coba order di hosting lain.

Dari beberapa pengalaman saya setiap ingin beli hosting, maka 3 hal di ataslah yang sering saya dapati problemnya di berbagai perusahaan hosting. Solusinya tentu yang paling tepat selain tips yang kami ajarkan di atas adalah dengan melakukan penelitian sendiri dan mencari tahu apa saja kendalanya, hanya saja soal renewal itu susah anda tahu kalau tidak mencobanya terlebih dahulu atau mengikuti panduan pakar hosting lainnya.

Selanjutnya : 3 Hosting Luar Negeri yang Paling Murah (kecuali ipage) dan Hosting Indonesia yang Bersaing dan Bagus
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top