Aneka Masakan Daging Kambing Qurban Hari Raya Idul Adha

Kurang dari seminggu kita sudah merayakan hari raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan Ied’ Qurban. Lalu apa saja yang harus kita persiapkan untuk menghadapinya, selain Puasa Snnah Arafah dan Asyurah yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya? Ya, sudah pasti aneka resep Masakan Daging Kambing Qurban Hari Raya Idul Adha. Ini karena di hari raya tersebut umat Islam akan banyak kebanjiran daging hasil sembelihan untuk hewan Qurban dari takmir masjid atau pun dari pribadi yang melakukan pemotongan sendiri. Untungnya CaraMaster telah menghimpun beberapa sajian sedap yang menggugah selera untuk dihidangkan di bulan Dzulhijjah yang penuh berkah tersebut.

Tips Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing

Sebelum masuk ke ulasan resepnya maka ini penting juga diketahui agar nantinya hasil masakannya tidak membuat selera jadi hilang karena bau kambing yang menyengat dan bahkan untuk kebanyakan orang tidak senang menyantap daging hewan ini karena hal tersebut, berikut tipsnya :
Jangan Dicuci – Ini sebenarnya salah satu laternatif yang sering dilakukan oleh penjual sate agar dagingnya tak bau. Tapi sepanjang proses saat penjagalan dan pemotongan dagingnya tetap steril dan tak terkontaminasi oleh hal yang bisa membuatnya kotor, tapi bila tidak sebaiknya cuci saja dengan tips selanjutnya.

Campur dengan parutan mentimun – Penulis sendiri sering mempraktekkan ini dan hasilnya luar biasa, bahkan ketika saya menyuguhi orang yang anti makan daging kambing yang benci dengan baunya , ia sama sekali tidak tahu kalau itu olahan dari ‘Mbek…..’ malah dipikirnya daging sapi he he. Asalkan caranya benar anda juga pasti bisa, yakni dengan langsung memberi parutan mentimun pada daging yang sama sekali belum tersentuh air dan sudah dipotong-potong kecil, selanjutnya aduk dan remas-remas hingga rata, baru setelah itu cuci. Nah, untuk hasil yang lebih baik lakukan sebanyak tiga kali. Dan buktikan hasilnya!

Aneka Olahan Daging Kambing


Di halaman ini anda akan menemukan banyak sekali resep masakan yang berhubungan dengan kambing. Untuk yang pertama full menjelaskan mulai dari bahan dan bumbu serta proses cara maskanya, sedang pada resep selanjutnya hanya menampilkan prolognya saja dan selanjutnya anda akan di bawa pada artikelnya yang menulis lengkap segala cara membuatnya.

Resep Gulai Kambing

Gulai kambing sendiri merupakan yang paling lazim dibuat, terutama dalam acara Aqiqah atau selamatan anak yang baru lahir. Demikian halnya pada saat hari raya Qurban, masakan ini laris banget dan hampir semua rumah menghidangkannya. Berikut lengkapnya dalam bentuk gambar :



cara memasak gulai kambing

Sate Kambing

Ini sudah jadi salah satu artikel andalan Master sejak pertama kali blog ini ditulis dan memang betul karena sudah dikunjungi hingga ribuan kali visitor, terutama menjelang hara raya Idul Adha trafiknya pun mulai meningkat. Kalau dilihat memang simple sekali car buatnya, hanya daging kambing yang dipotong sebesar dadu lalu ditusuk menggunakan bamboo yang runcing kemudian tinggal bakar dan jadilah. Tapi tidak seperti yang anda duga, cara membuat bumbunya terutama juga penting, selain cara bakarnya dan olesannya saat dibakar juga tak boleh dilupakan.



Rica-Rica (sama cara masaknya yang berbahan ayam)


Saya rasa bukan cuma daging kambing, ayam, kelinci, dan hewan lainnya bisa dibuat rica-rica. Ciri khas dari hidnagan ini adalah pedas bercampur gurih yang bakalan bikin kita tidak kuat melanjutkan suapan selanjutnya hingga turun minum dulu untuk mendinginkan lidah dan tenggorokan yang terasa terbakar, ini karena campuran lada di dalamnya biasanya dibuat hingga level yang cukup tinggi, wah kayak game aja.  Kalau sate harus ditusuk, yang ini cukup diiris saja lalu dimasak di atas wajan dengan aneka bumbu yang bisa kamu baca dalam ulasannya.

rica rica kambing



Tongseng

Kalau kamu orang Jawa pasti kenal dengan menu ini, hampir di setiap warung satu juga menyajikan ini sebagai salah satu masakan andalan mereka pada para penikmat daging kambing. Kalau dilihat biasanya prosesnya simple sekali, hampir mirip kalau buat mi godok Surabaya, tapi itu bagi yang sudah ahli, tapi bagaimana dengan kita? Nah dari pada bertanya-tanya saja baiknya langsung praktek resepnnya disini

tongseng kambing


Semur Daging Kambing

Mendengar namanya saja kita sudah terasa lapar, apalagi sudah mencicipinya.  Bentuk dan wrnanya memang menggoda dengan tampilan berkuah kental. Selain itu, ada juga tambahan potongan kentang yang menyertainya yang menambah aroma sedapnya.  Umumnya untuk ini dipilih yang dagingnya lembut dan tak berserat agar mudah dikunyah.


semur daging kambing


Nasi Goreng Kambing

Siapa yang tak kenal makanan khas Indonesia ini, yang bahkan Presiden Amerika, Barack Obama, pun telah memberikan pujiannya pada masakan negeri kita tercinta ini. Hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya, misalnya yang pake telor, rempela ati, udang dan sebagainya, hanya saja ini lebih spesifik ked aging kambing. Umumnya para juru masak lebih memilih menggunakan jeroannya karena rasanya lebih nikmat, misalnya bagian handuknya, hari, jantung, usus dan sebagainya.

nasi goreng kambing

Bukan hanya beberapa resep olahan daging kambing di atas yang tersedia untuk dibuat, namun masih banyak lagi jenisnya, hanya saja karena keterbatasan waktu penulis memilih untuk menulisnya di kesempatan lain, sambil terus memperbaharui tema lain yang mungkin anda butuhkan.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top