Usaha Kulit Sapi dan Kambing, Inilah Harga Pasarnya!

Idul Adha baru saja berlalu dan hewan qurban pun sudah habis terpotong dan dibagikan semua kepada yang berhak, dalam hal ini para fakir miskin. Lalu ada satu pembahasan yang juga tidak pernah lepas dari moment tersebut, yaitu kulit sapi dan kambing, lalu berapa sih harga dari kedua jenis kulit tersebut di pasaran, jangan sampai takmir masjidnya salah pasang harga sehingga dibeli murah sama pengepul yang notabenenya konsent dalam bisnis yang berkaitan dengan bahan baku tersebut, entah itu untuk disamak dan dijadikan pembuatan sepatu dan tas, atau mungkin juga untuk dibuat rambak (kerupuk yang terbuat dari kulit), atau kemungkinan lain siapa tau anda orangnya curigaan dan mengira pengurus masjid korupsi, wah.... jangan dulu berpikir seperti itu sampai membaca tuntas artikel dari CaraMaster, jangan sampai su'ul dzan dan malah bikin dosa padahal bagu saja selesai hari raya, iya kan?

Sebelumnya : Aneka Olahan Daging Kambing Qurban

Data harga kulit sapi dan kambing basah di bawah ini merupakan publikasi data di tahun 2013, adapun tahun ini, 2014, penulis sendiri yang mendengar langsung saat ikut dalam acara pemotongan dan bagi-bagi daging kurban, kata salah seorang bapak yang diberi tanggung jawab mengurusi penjualan kulit dari hewan yang sudah disembelih menuturkan saat setelah transaksi dengan pengepul, katanya begini, "wah....harga sapi kok naik terus tapi kulitnya gak naik2 juga!". Kemudian ada seorang lagi yang mengomentari, "Harusnya harga kambing 3 juta, kulitnya 1 juta, ha ha ha....!" sahut bapak tersebut sambil tertawa ngakak::::::.

Lalu berapa sih harga sebenarnya. Nah, ini merupakan publikasi dari Tribuntimur, salah satu surat kabar nasional yang terkenal yang juga sekarang menggeluti media online, menyebutkan bahwa : "
Sukardi (nama salah satu pengusaha kulit) mengatakan bahwa kulit dari kambing yang ia dapat dari berbagai masjid dan juga kampung yang berada di sekitar daerah Banyuwangi mencapai kurang lebih 700 lembar. Tuturnya lebih lanjut, "Kalau yang ukuran kecil biasanya dibeli Rp 36.000 per helai atau lembar, lain lagi kalau yang ukuran lebar atau besar dihargai hingga Rp 40.000,"

Harga yang relatif mahal kata beliau ialah pada kulit domba yang kulitnya tebal. Adapun kisaran dari harganya Rp 50.000 hingga Rp 55.000. "Tapi masalahnya jarang sekali ada yang memilih berkurban dengan domba," kata dia.

Adapun untuk hewan sapi, dia menuturkan membeli dengan cara menghitung per kilo gramnya. Untuk 1 kg biasanya dibeli antara Rp 15.000 hingga Rp 18.000.

Jadi sudah tahu kan berapa harga Kulit Sapi dan Kambing sekarang. Nah, kalaupun ada yang menjual dibawah itu bisa jadi karena ia kalah pintar dalam melakukan transaksi dan biasanya bukan karena diselewengkan, kalau pun ada yang begitu lebih baik dibiarkan saja dari pada hubungan antar tetangga rusak, uang segitu tidak seberapa tapi kalau terlanjut bermusuhan nanti susah akur lagi. Lebih baik merancang bagaimana mekanisme tahun depannya, jadi semua senang, semua untung, iya kan?

Selanjutnya : Ulasan Puasa Sunnah Hari Arafah dan Puasa Tarwiyah
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top