Cara Membuat Blog/Website .Web.ID

Anda pasti sering melihat situs atau website atau blog yang domainnya menggunakan ekstensi .web.id kan? Ada yang menggunakan hosting berbayar dan bahkan kadang juga anda heran karena platform yang digunakan masih memakai blogspot / blogger. Nah, dari pada bingun mending anda baca Cara Membuat Blog/Website .Web.ID yang akan diulas berikut ini agar anda tahu langkah-langkah dan proses membuatnya mulai dari awal hingga situs anda online dan bisa dikunjungi orang banyak.

.web.id merupakan salah satu sub domain yang dibentuk dari top level domain .ID yang khusus untuk orang Indonesia. Dikatakan ‘sub’ karena memang ia adalah bentukan dari ekstensi .id. Jika anda ingin memilikinya poresnya cukup mudah karena taka da syarat apa pun selain anda harus warga WNI dan kalaupun bukan tetap bisa memakainya asalkan anda melakukan pendaftaran dari ip address Indonesia. Nah berikut ini beberapa yang perlu anda ketahui soal ini :

Harga Domainnya

Untuk membeli .web.id maka kamu tak butuh mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah karena harganya hanya dikisaran 60ribuan atau kurang dari 100ribu dan bahkan lebih murah kalau mau buat blog .com yang sering kamu jumpai yang harganya sekitar 100ribu.

Hal yang perlu pula diketahui soal domain adalah bahwa kepemilikannya tidak mutlak, maksudnya di sini adalah ketika anda telah membelinya dan melakukan pembayaran maka setiap tahunnya anda harus membayar lagi dan jika tidak maka otomatis orang lain berhak membelinya. Namun sekalipun demikian, selama anda membayarnya secara turin tiap bulan maka domain .we.id tersebut mutlak jadi milik anda dan bahkan providernya pun tidak berhak memilikinya.

domain blog .web.id

Sebelumnya Baca dulu : Ekstensi Nama Domain Sesuai Fungsi dan Kode Negaranya

Tempat Membeli

Jika anda ingin membeli domain .we.id maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mempuanyai email, gmail atau pun ymail, kerena ini nantinya akan digunakan sebagai alat untuk menerima invoice maupun data akun anda.

Setelah memiliki email yang sudah aktif maka yang dilakukan selanjutnya adalah mengunjungi situs yang menyediakan pembelian domain .web.id, baiknya yang local saja , seperti Rumahweb.com atau IDwebhost.com, silahkan anda kunjungi websitenya dan lakukan order di sana dengan mulai ketik menu Domain lalu cek nama yang akan kamu pesan apakah sudah digunakan orang atau tidak, bila yam aka gunakan nama alternative lain. Jika tidak paham prosesnya anda bisa chating langsung dengan admin rumahweb.com dan kamu akan dipandu prosesnya.

Sebelumnya : Perbedaan .com dan .co.id

Proses Langkah Cara Membuat Website .Web.id


Setelah membelinya, yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan mensetting untuk blogmu, di sini kamu sebelumnya harus memilik CMS (Content Managament System) yang akan digunakan, apakah masih mau pakai Blogspot yang gratis atau mau menggunakan Wordpress yang harus dengan hosting (tempat penyimpanan file web) berbayar. Nah berikut panduan dari keduanya :

Untuk Blogger


Jika anda ingin membuatnya dengan fasilitas gratis dari Google ini maka bisa dengan jalan mulai membuat akun gmail dulu lalu login ke blogger.com setelah itu buat blog baru, soal alamatnya terserah karena nanti akan diubah jadi .web.id

Setelah membuat blog dengan ekstensi blogspot.com maka selanjutnya arahkan domain .we.id yang telah kamu beli tadi ke blogspot tersebut. Untuk ini butuh proses panjang tapi bila tidak mau repot kamu bisa minta bantuan dengan admin dari tempat kamu membeli domain tersebut, kalau misalnya pakai jada rumahweb.com maka tanyakan pada adminnya di sana. Tapi untuk ini kadang juga kamu harus antri jadi terkadang butuh waktu lama.

Jika kamu mau dibantu setting blogspotmu jadi .web.id maka bisa dengan alternative menggunakan bantuan CaraMaster, ya saya sendiri, biayanya Cuma Rp. 50.000 untuk hanya sekedar merubah alamatnya saja dari blogspot jadi .web.id, hanya saja kalau yang ini kamu harus sudah membeli terlebih dulu domainnya. Tpai jika mau dari awal dibantu mulai dari membeli domainnya harganya lain lagi, ya cukup Rp.100.000 (belum termasuk biaya pembelian .web.id)

Untuk Wordpress


Untuk ini kamu harus melanjutkan membeli hosting dulu di penyedia hosting, apakah itu lewat jogjahost.com , qwords.com atau jagoanhosting.com terserah anda mau pilih yang mana.Tapi pastikan juga sudah beli domainnya sebelum pesan hosting di sana karena dalam pengisian data anda diminta memasukkan domain yang telah dimiliki.

Jika sudha berhasil beli hosting, termasuk membayar dan melakukan konfirmasi, maka selanjutnya tinggal ubah ‘Nameserver’nya domainmu tadi dari rumahweb ke hosting tempat anda membeli hosting, untuk ini kamu juga bisa pakai jasa bantuan dari admin rumahweb.com bila belum paham langkahnya. Tapi bila mau cepat hubungi admin CaraMaster saja biayanya sama, Cuma Rp. 50.000.

Demikian yang bisa kami sampaikan semoga Cara Membuat Blog/Website .Web.ID bisa anda pahami dan praktekkan sendiri.

Selanjutnya :
  1. Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik
  2. Cara Membuat Blog Blogspot Sendiri Tapi Bagus
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang Halal
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top