Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik++

Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik++ sebenarnya gampang sekali, hanya saja bagi seorang blogger pemula kadang masih bingung bagaimana cara mewujudkannya. Dengan blog yang makin keren dan menarik maka akan banyak yang bisa kita dapatkan di dalamnya, salah satunya adalah penghasilan yang melimpah karena ada banyak sumber penghasilan dari blog yang tampil keren dan menarik

Sebelum bicara lebih langjut mengenai cara membuat blog menarik dan enak dipandang mata, marilah kita flashback terlebih dahulu mengenai asal usul atau pengertian blog menurut Wikipedia sendiri. Blog adalah sebenarnya singkatan dari web log atau yang lebih umum dikenal dengan situs atau website yang isinya seputar artikel. Perbedaan antara website dan artikel adalah dari segi isinya. Jika website umumnye berisi mengenai info bisnis atau profil suatu perusahaan yang sifatnya statis dan tidak berubah, mak apada blog isinya berupa artikel-artikel yang terus menerus diperbaharui dan tidak statis atau sering berubah-ubah.


Sebenarnya hanya ada 4 langkah saja yang harus dilakukan dalam membuat blog tampil keren dan menawan, yaitu dengan mengganti blogspot jadi dot com agar lebih profesional, dengan mengganti kulit atau tampilan depan blog atau yang lebih dikenal dengan istilah Template oleh para blogger, dengan mengotak atik warna blog dan menambahkan pernak pernik blog yang lebih menarik dan keren. Hanya dengan 4 langkah tersebut blogmu akan terlihat jauh lebih profesional layaknya blog berbayar seharga 10juta seperti halnya www.inabuy.com.
Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik++
Cara Membuat Blog Di Blogger Keren


Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik++


Cara pertama, Bikin blog keren dan menarik dengan cara mengganti domain blogspot jadi dot com. Dengan blogspot yang berubah jadi dot com tentu orang yang mengunjungi blog anda akan berpikir kalau blog yang ia kunjungi adalah website berbayar yang dibuat dengan harga mahal. Jika sudah demikian orang akan sering mengunjungi blog anda dan bahkan berkali-kali dalam sehari.


Untuk cara mengganti blogspot jadi dot com tidak perlu repot menggantinya sendiri karena kamu cukup membeli domainnya yang seharga antara 89ribu hingga 95ribu per domain dot com per tahunnya baru kemudian kamu minta pada proveder penyedia domain tersebut untuk merubah atau mensettingnya ke akun blogspot yang telah kamu buat sebelumnya. Tempat yang saya sarankan untuk membeli domain dot com tersebut adalah Idwebhost dot com dan RumahWeb dot com. Kedua situs penyedia domain ini lumayan terpercaya dan bahkan yang paling terkenal di Indonesia. Tapi bila cara memesannya juga belum tau lebih baik gunakan jasa dari www.tokoonline.inabuy.com dan kamu akan dibantu membuat blog yang lebih menartik lagi.


Cara kedua, membuat blog keren n' menarik dengan mengganti template blogmu. Pengertian template sendiri adalah tampilan atau kulit luar dari suatu blog yang juga manajemen tata letak dari pengaturan blog itu sendiri. Mengganti template untuk membikin blog menarik sudah tidak lazim lagi dilakukan para blogger. Dan jangan berpikir kalau mengganti template harus buat template sendiri dan tahu kode pemrograman karena cara menggantinya cukup dengan mendownloa dari situs penyedia template gratis kemudian di upload di blogspot anda sendiri. Dan beberapa situs penyedia template gratis untuk merubah blogmu jadi menarik dan keren diantaranya adalah :


1.    blogtemplate4u.com
2.    zoomtemplate.com
3.    blogskins.com
4.    btemplates.com
5.    borneotemplates.com


Untuk cara mengganti template secara rinci bisa kamu cari di google dengan mengetikkan kata kunci ini. Atau kalau mau langsung saja login ke akun blogspotmu dan di bagian kiri halamannya klik “Template” setelah itu klik di bagian kanan atas halaman tulisan “Cadangkan” / “Pulihkan” dan selanjutnya akan muncul halaman kecil dan tinggak kamu browse template yang sudah kamu download sebelumnya untuk menguploadnya dan mulai membuat blog keren dan menarikmu.


Selain itu, kamu juga harus mengikuti tren template dengan html5 versi baru yang valid agar tidak ketinggalan. Selain, jenis responsive yang juga tak kalah penting.

Cara ketiga, cara membuat blog keren dan menarik dengan mengganti atau mengotak atik warnanya. Mungkin kamu berpikir kalau melakukan ini akan sangat susah karena harus tahu dan mengerti tentang kode script html. Padahal ada cara gampang melakukannya. Caranya adalah :

  1. Buka halaman pertama blog kamu yang sudah online, misalnya saja alamatnya caramaster.blogspot.com
  2. Jika sudah melihat blogmu, tinggal pilih bagian gambar mana yang akan dirubah jadi warna dan diganti warnanya dengan cara klik kanan tepat di atas gambar tersebut, misalnya headernya atau garis-garis dalam blog maka letakkan saja kursor di atasnya dan klik kanan terus pilih menu 'View Background Image"
  3. Jika telah diklik akan muncul halaman baru yang hanya akan menampilkan gambar tersebut. Nah, selanjutnua tinggal copy url gambar tersebut atau kalau tidak mengerti url, lihat alamat gambar di browser firefoxmu lalu copy alamat tersebut. Biasanya kalau blogspot tertulis : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgIeljrCt6hP88wCjWoz6dBHCGEly8PULmvYjju3l8gF75m1olmTRk1Z4x0IE337KfsaWFjf-RRz1vKceveZxqjTBCbecPfDJpp_qpQdy_gmhsMcHmwNF6HUWqqXQyT5rb5RcQztq7MAGr/s1600/cara+buat+gmail.png dan sebagainya....
  4. Kemudian setelah itu tinggal buka blogmu dan masuk ke bagian edit HTML nya untuk selanjutnya cari dengan cara menekan Ctrl+F dan paste alamat url gambar tadi di pencarian kodenya agar mudah ditemukan. Dan bila ketemu kode gambar yang sama akan terlihat warna bold hijau pada kode tersebut. Selanjutnya tinggal ganti url gambar tersebut dengan gambar yang kamu senangi tapi tentunya bentuknya dalam bentuk URL juga atau alamat situs gambarnya.
  5. Jika   sudah diganti dengan URL gambar yang baru maka selanjutnya klik “Preview” terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Jika telah berhasil dirubah barulah diklik ‘Save’ untuk menyimpannya.
Sampai disini blogmu sudah menjadi menarik tapi belum sempurna sampai ditambahkan pernak pernik khusus yang lebih menarik lagi. Untuk itu lanjutkan pada langkah ke empat di bawah ini.

Cara keempat, membuat blog jadi menarik dengan cara menambahkan widget atau pernak pernik blog mulai dari yang standar hingga yang sifatnya seo Friendly.

  1. Tools Ranking blog yang berguna menegtahui seberapa tinggi ranking blogmu dan sebanyak apa link yang merekomendasikan blogmu di blog lain. Untuk memperoleh toolsnya kunjungi saja www.alexa.com.
  2. Tools Pagerank Blog (Penghitung Ranking rata-rata halaman Blog) dan untuk memperoleh tools ini bisa mengunjungi www.prchecker.info.
  3. Widget 'Popular Post' (ArtikelPopuler) yang berfungsi menampilkan artikel paling populer yang paling sering dikunjungi di blogmu. Widget ini bisa langsung diperoleh dari akun blogspotmu dengna cara pilih menu pengaturan layout atau tata letak dan klik 'Add Widget' pada bagian layout blog yang tampil.
  4. Widget artikel terbaru yang berfungsi menampilkan artikel yang baru saja ditulis yangcara menambahkannya bisa sama dengan cara nomor 3 di atas.
  5. Dan masih banyak lagi widget-widget keren lainnya, seperti widget tanggal flash, banner flash dari Flashvortex dot com, widget twitter dan facebook yang bisa langsung diambil di situsnya, dan lainnya yang bisa kamu cari di google dengan cara mengetikkan kata kunci sesuai dengan widget menarik yang kamu lihat di blog lain.
Demikianlah Cara Membuat Blog Di Blogger Keren n' Menarik++ kali ini, selebihnya untuk lebih mempercantik blog anda tinggal melakukan improvisasi berbagai gambar menarik lainnya atau langsung mengambilnya dari blog orang lain juga bisa. Tapi saran saya jangan terlalu sering menggunakan warna cerah karena akan sangat berpengaruh nantinya pada penglihatan pengunjung blog anda. Sebab sekali pun menarik bagi anda belum tentu menarik buat orang lain, jadi sebaiknya gunakan saja warna-warna lembut yang enak dipandang mata.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Di Blogger Keren dan Menarik 
  2. Cara Membuat Blog Blogspot Sendiri Tapi Bagus 
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan
  4. Cara Membuat Blog Masuk Halaman Pertama Google
  5. Cara Membuat Website Free Sendiri tapi Dot Com
  6. Cara Membuat Website Gratis 100%
  7. Cara Membuat Website Online Sendiri Tanpa Guru
  8. Cara Membuat Facebook Baru
  9. Cara Pakai Jilbab Pashmina
  10. Cara Download Video dari Youtube
Facebook Twitter Google+

11 komentar

makasih gan,bermanfaat banget :)

Keren kayaknya ya kalo udah di cobain & sukses hehehe maklum katro cuma pingin punya blog yang keren aza kemampuan nol gjkgkgk,makasih sukses selalu buat yang punya blog nya.

boleh juga tuh tuk sy yg pemula banget pingin coba manatauan bisa bikin blog N menghasilkan duit kan lumayan...kwkwkwk,makasih sukses selalu..sippp..deh...

bos kok ini ga ada widget alexa rang ,visitor . sebenarnya kalo google adsense ini widged apa sih yg di harus kan di psang di blog .mksiih

tuk Mahadewa : blog yg bagus sebaiknya mengurangi penggunaan widget, tuk adsense tidak ada syarat soal widget hanya saja disarankan melengkapi disclaimer, privacy policy dan kontaknya untuk mudah diterima

yg penting artikelnya aja deh saya mah yg keren hahha

untuk widget jam, script html nya ditempatkan dimana ? apa dijadikan 1 sama html template ?

Yudhi Saputro : caranya buka dulu bagian Layout atau tata letak terus buat widget html baru terus paste disitu kodenya.

malam mas, kunjungan pertama nih sekalian blogwallking, salam kenal dari saya mas yuli. oh ya kalau boleh ada cara buat pasang link adsense kayak di blog mas nggak , saya lagi cari cara diatas tapi gak ketemu. terima kasih.

kalau buat tampilan yang didahulukan responsif dan seo-nya, jangan kerennya...sip

kan udah buat gan? taunya dapt uang? sama cara ngambilnya itu gimana gan?

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top