Macam-Macam Teknologi Dan Contohnya

Alhamdulillahhirobbil’alamin, karena pada kesempatan kali ini saya masih diberi kesempatan untuk menulis kembali di blog ini. beberapa waktu saya berfikir apa yang hendak  saya tulis. Akhirnya saya memutuskan untuk berbagi tentang macam-macam teknologi beserta dengan contohnya.

Patut kita syukuri, dengan semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi masa kini. Semua pasti tau, bahwa teknologi saat ini sudah sangat merajalela, dan telah berpengharuh hampir ke seluruh penjuru dunia. Bahkan saat ini teknologi telah mengubah hampir dari seluruh  perekonomian masyarakat. Kemajuan teknologi sudah tidak dapat dipungkiri lagi.

Untuk itu, pasti bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan kata teknologi. Maka, mari kita sama-sama mengelupas tentang macam dan jenis teknologi saat ini.

MACAM-MACAM TEKNOLOGI

Nah, disini akan dibahas 2 macam teknologi dulu ya
  1. Teknologi informasi
  2. Teknologi komunikasi
Kalian tau tidak apa bendanya teknologi komunikasi dan informasi ?

1.    Teknologi komunikasi adalah perlengkapan atau peralatan yang digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah atau banyak arah agar dapat mudah dimengerti tentang maksud yang dituju.

Adapun beberapa contoh dari teknologi komunikasi adalah
  1. Telephone : telephone biasa digunakan dirumah-rumah atau didalam perusahaan dan tempat lainnya seperti (wartel) dan tempat persewaan.
  2. Handphone: handphone sebenarnya sama dengan telephone. Bedanya handphone ini bisa dibawa pergi kemana-mana, lebih praktis, lebih efisien dan lebih memiliki banyak aplikasi.
  3. Telegram : telegram adalah alat komunikasi semacam sms, yang digunakan untuk mengirim tulisan panjang melalui mesin tele. Namun untuk zaman sekarang agak sulit untuk mencari telegram. Mungkin juga sudah jarang digunakan
  4. Internet : internet memang juga salah satu sarana komunikasi yang lebih mudah dan meluas. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengirimkan gambar atau video dalam jumlah banyak dan beragam, dapat dikirim melalui internet (email)
    jenis macam teknologi
Sebelumnya : Pengertian dan Macam Topologi Jaringan Komputer

2.    Teknologi informasi adalah teknologi yang kerap digunakan untuk menyampaikan informasi. Bahkan teknologi informasi sudah ada sejak zaman dahulu. Hanya saja, teknologi informasi pada masa sekarang lebih mudah daripada zaman dahulu.

Adapun beberapa contoh untuk teknologi informasi adalah
  1. Kentongan : kentongan merupakan salah satu teknologi informasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi pada zaman dahulu. Missal, ketika ada orang yang meninggal mereka menggunakan kentongan untuk mengundang tetangga tetangganya.
  2. Televisi : teknologi ini sudah lebih canggih. Bahkan sudah dapat mencakup seluruh dunia. Dengan televisi lebih mudah dalam penangkapan informasi karena informasi itu divisualkan melalui gambar bergerak. Ketimbang hanya dengan suara saja.
  3. Radio : radio tidak berbeda jauh dengan televisi, hanya saja radio tidak dapat melihatkan gambarnya. Hanya dapat untuk didengar saja. Radio biasanya menyiarkan informasi-informasi yang local.
  4. Cash register : alat ini adalah alat yang biasa digunakan para kasi untuk memberikan informasi harga pada pelanggannya
  5. Computer: computer adalah alat yang digunakan untuk mengubah berbagai macam data menjadi suatu informasi yang bermanfaat. Yang dapat pula ditampilkan dalam bentuk gambar, video, music, ataupun bentuk teks
  6. Koran : media yang sederhana, yang juga masuk kedalam kategori perkembangan teknologi. Meski sederhana namun Koran juga masih bermanfaat bagi setiap penggunannya, missal digunakan untuk mencari informasi pekerjaan.
Nah, sampai sini dulu ya, sebenarnya masih banyak sekali contoh teknologi komunikasi dan informasi. tapi saya kira itu sudah dapat mewakilli sebagai contoh. Semoga dapat bermanfaat ya. .
Sekian…

Selanjutnya : Keahlian IT Paling Dicari/Dibutuhkan dunia Industri
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top