Memindahkan Blog Wordpress ke Domain Lain, Artikel dan Themenya sekalian!

Artikel ini saya beri judul Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Domain Lain Artikel dan Themenya sekalian! (Backup dan Restore) tapi sebenarnya bisa dengan berbagai alternatif, misalnya cara backup wordpress dan me-restorenya ke blog lain dengan server berbeda atau pun dengan kalimat lain: Plugin untuk memindahkan artikel dan theme wordpress ke blog wordpress yang masih baru, dan masih banyak lagi, tapi yang jelasnya ini juga yang pernal saya alami dan mau berbagi di sini solusinya.

Ternyata setelah mencoba beberapa tips dari berbagai blog semua tidak ada yang bekerja dengan baik, bahkan yang dari Kompasiana pun demikian, akhirnya muncul ide "Clone" di benak saya.....ternyata inilah akhir dari pencarian saya untuk memindahkan semua data blog saya ke blog baru yang saya buat, dengan domain dan server hosting yang berbeda.

Tips Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Website Domain Lain, seluruh isinya, termasuk pada Theme dan Artikelnya


Kelebihan


Cepat - Cara yang saya gunakan ini bisa dibilang yang paling tercepat karena tanpa harus masuk ke cpanel, tanpa menggunakan ftp dan download dan upload database segala. Kalau yang banyak diinfokan blog lain harus inilah, itulah dan lainnya dan saya pun seudah mencobanya dan ternyata gagal.... dan teknik cloning ini saya kira yang paling baik, karena bekerja hanya dengan menggunakan url dari blog lama lalu dipaste di blog baru dan dalam semenit semua pindah.

Hanya dengan Plugin - Ya, kalau yang diajarkan master lain dalam memindahkan semua data blog wordpress harus dengan menggunakan software semacam ftp, mengcompress dan ekstrak segala, di sini hanya dengan bantuan plugin saja yang akan saya terangkan nantinya. Ini penting sekali karena jika menggunakan cara manual kemungkinan salahnya sangat besar, apalagi kalau setelah di upload dan ternyata anda tidak tahu meng-compress atau mungkin paham tapi setelahnya mau diapakan jadi bingung....!

Proses Pemindahan Semua Isi website ke domain dan server baru


  1. Di blog yang lama pastikan kamu telah menggunakan plugin WP Clone by WP Academy 
  2. Aktifkan pluginnya agar bisa bekerja.
  3. Masuk ke bagian settingnya, lihat di bagian kiri dashboard biasanya dia otomatis membuat menu sendiri dan terpisah dari bagian 'Setting' 
  4. Selanjutnya centang "Create Backup" sessuai angka nomor 1 di bawah, selanjutnya klik tombol biru dengan tulisan yang sama di bawahnya.

cara backup blog wordpress ke blog lama

5.  Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman baru yang menunjukkan url halaman backup blog wordpress lamamu. Nah tinggal kamu copy atau biarkan saja begitu agar kamu nantinya bisa mencopynya setelah membuka blog baru tempat pindahnya nanti. Usahakan halaman ini jangan ditutup. Lihat gambar di bawah:

cara memindahkan theme dan artikel wordpress ke blog baru


6.  Berikutnya kamu buka blog barumu (tapi pastikan telah menginstall wordpress terbaru juga). Ini penting agar nantinya data lama akan menimpa dta baru tersebut.

7.  Install juga plugin yang sama seperti yang disebutkan di atas, dan aktifkan untuk bisa difunsikan.
Seperti pada langkah sebelumnya, masuk ke bagian menu WP-Clone tersebut.

8.  Nah, di sini beda dengan sebelumnya, kalau di blog wordpress yang lama dicentang pilihan Create Backup, maka pada kali ini silahkan copy dulu url halaman backup yang ada di blog lama tadi (sesuai dengan panduan nomor 5 di atas).

9.  Copy url dari langkah nomor 5 lalu paste ke halaman "Restore from URl" seperti yang ada di gambar bagian bawah langkah 4. (perhatikan gambar pertama di atas, antara bagian nomo1 dan nomor 2 yang dilingkari ada tulisan Restore from Url, nah paste link dari langkah nomor 5 di atas di dalam sana

10. Pada saat mencentang bagian yang disebutkan di nomor 9 di atas, maka akan muncul permintaan untuk menyetujui beberapa ketentuan di dalam menjalankan proses pemindahan file blog tersebut, terutama file lama akan hilang, tapi sebenarnya tidak apa ... kan blog baru belum di isi apa2, hanya install wordpress saja sebelumnya. Nah, silahkan dicentang dan lanjutkan mengklik "Restore Backup"

11. langkah 10 di atas sebenarnya sudah selesai, selanjutnya anda akan muncul halaman yang menyatakan anda berhasil melakukan pemindahan semua data, theme dan artikel dari blog lama ke blog baru. Hanya saja ada satu lagi yang harus di tuntaskan, yaitu klik di link bari kedua yang tertera. Ini funsinya untuk mengganti Permalink di blog baru sesuai dengan blog lama dan juga agar data losinnya persis dengan blog lama.

12.  Setelah mengklik link yang disebutkan di langkah nomor 11 di atas, selanjutnya kamu akan diminta login. Ingat! hanya ada 2 kali kesempatan. Yang digunakan di sini adalah username blog wordpress lama dan juga passwordnya menggunakan yang lama.

13.  Teded....selesai sudah prosesnya. Tanpa harus melakukan bacukup lewat cpanel anda sudah berhasil.  Selajutnya, kunjungi cara membuat blog ranking 1 di google dan  belajar cara membuat tampilan blog menarik dan keren

Video Tutorial




Terjemah: (silahkan dimengerti seperlunya, karena ini terjemah soal kelebihan dan cara penggunaan plugin ini)

WP Clone adalah cara termudah, tercepat dan paling aman untuk memindahkan atau menyalin situs WordPress ke domain lain atau server hosting. Anda juga dapat menggunakannya untuk memindahkan situs Anda ke / dari server hosting lokal, untuk membuat salinan dari situs Anda untuk tujuan pengembangan pengujian, untuk cadangan situs Anda, dan menginstal versi pra-konfigurasi WordPress.

WP Clone adalah solusi unggul bahkan WordPress komersial kloning plugin untuk alasan berikut:

     Tidak membutuhkan akses FTP ke salah satu sumber atau situs tujuan - hanya menginstal WordPress baru di situs tujuan, meng-upload dan aktifkan WP Plugin Clone, dan ikuti petunjuknya
     Ini tidak cadangan atau mengembalikan file sistem WordPress (hanya isi pengguna dan database) - mengurangi waktu upload dan meningkatkan keamanan situs Anda
     Ini mengambil cadangan situs melalui koneksi http langsung host anda, yang menyelamatkan Anda dari perlu meng-upload file besar melalui koneksi internet Anda
     Ia menggunakan WordPress fungsi zip arsip internal, yang membuatnya kompatibel dengan hampir 100% dari host yang mendukung WordPress (tidak ada PHP perpustakaan khusus yang dibutuhkan)

Fitur baru (Juli 2013): Kecualikan direktori dan database-satunya backup

Kami telah menerapkan mengecualikan-direktori di backup, dan juga database hanya cadangan! Dengan mentransfer isi dari direktori 'wp-content' dengan FTP dari situs lama Anda ke situs baru, Anda sekarang harus dapat bermigrasi situs dari berbagai ukuran.
Dukungan dan Penolakan

Tidak ada Plugin backup WordPress akan bekerja andal pada semua host. Jika Anda memiliki masalah, cobalah melakukan "Database Only" cadangan (gunakan "Advanced Options"), mentransfer direktori wp-content atas dengan FTP, dan kemudian mengembalikan situs baru. Anda juga harus menonaktifkan dan menghapus plugin page caching (yaitu W3 Total Cache) sebelum cadangan. Jika Anda masih memiliki masalah, silakan posting ke forum dukungan WordPress.org mana kami mendukung plugin ini secara gratis, dan kami akan merespon pada "terbaik-upaya" dasar. Anda juga dapat mencoba plugin Duplicator http://wordpress.org/plugins/duplicator/ atau All-in-One WP Migrasi https://wordpress.org/plugins/all-in-one-wp-migration/, kedua yang bekerja cukup bagus, tapi tidak secepat WP Clone untuk bermigrasi situs; atau menggunakan metode manual dijelaskan di sini http://members.wpacademy.com/ww3.htm?moving-wordpress.htm
Harap menyumbang untuk mendukung perkembangan plugin & dukungan yang berkelanjutan

WP Clone disediakan secara gratis kepada masyarakat dan didukung melalui forum plugin pada WordPress.org. Harap membantu membiayai biaya pembangunan kita dan membantu dengan biaya dukungan melalui halaman Donasi Sumbangan PT.
dokumentasi tambahan

Dokumentasi tambahan, termasuk host yang didukung, di WP Clone FAQ Halaman
kontributor lainnya

WP Clone menggunakan fungsi dari "Safe Search dan Ganti pada Database dengan Serial Data" skrip pertama yang ditulis oleh David Coveney dari Interconnect IT Ltd (Inggris) http://www.davidcoveney.com atau http://www.interconnectit.com dan dirilis di bawah http://sam.zoy.org/wtfpl/ WTFPL. Script parsial dengan changelog penuh ditempatkan di dalam 'lib / file' direktori.

Minta terima kasihnya dong, sekalin komentarnya dan sharingnya ke facebook kalau suka dengan panduang caramster soal dalam Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Domain Lain, Artikel dan Themenya sekalian!.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top