Cara Mengkilapkan Batu Akik ala Perajin Batu Mulia

Cara Mengkilapkan Batu Akik ala Perajin Batu Mulia ini sebenarnya penulis saksikan sendiri dari salah satu tayangan TV swasta, tepatnya Metro TV yang menayangkan film dokumenter dari kisah pekerja pembuat batu akik. Dalam tayangan tersebut ditunjukkan proses pembentukan dan pembuatan batu cicin tersebut, termasuk alat atau bahan apa yang digunakan untuk membuat permukaan batu menjadi kinclong dan mengkilap. Yang jelas tidak perlu pakai mesin segala karena semuanya mudah didapatkan jika kita tinggalnya di desa yang penuh dengan tumbuhan tersebut.

Agar permukaan batu akik jadi licin maka diperlukan beberapa proses, di awali dengan membentuk batu menjadi sesuai dengan bentuk yang diinginkan kemudian barulah dilakukan penggosokan hingga sempurna bentuknya, jika hasilnya telah terlihat maka langkah selanjutnya adalah tinggal membuatnya jadi licin dan mengkilap, nah di sinilah pembahasan kita kali ini dimana ada beberapa alat yang digunakan untuk ini.

Cara Mengkilapkan Batu Akik sampai Kinclong dan Licin


Referensi ini kami temukan dari berbagai blog yang mengulas soal batu cincin, hanya saja kami tidak merekomendasikan semua karena hanya ada beberapa yang baik untuk dilakukan dan terbukti berhasil. Di Sumatera sendiri ada orang-orang khusus yang kerjanya hanya menggosok batu akik, bukan di pembuatan, ini dilakukan setelah melewati tahap akhir dan dianttara yang baik digunakan adalah:

Sebelum ini baca dulu :

  1. Cara Memilih Batu Akik yang Bagus serta Ciri-Ciri Batu Mulia Asli (GemStone)
  2. Batu Cincin dan Batu Akik Termahal dan Paling Dicari Di Indonesia 2015
  3. Batu Merah Delima, Jenis, Harga dan Kualitasnya
  4. Harga Batu Akik, Sesuai dengan Jenis dan Kualitasnya
  5. Batu Akik Bacan Doko dan Palamea, Jenisnya dan Cara Mengetahui Keasliannya
  6. Batu Akik Bertuah, Ciri-Ciri dan Jenisnya

1.  Bambu


Bambu yang digunakan katanya bambu wulung karena alasan permukaannya yang pas untuk menggosok permukaan yang keras. Caranya adalah dengan memegang atau menidurkan bambu kemudian menggosok searah batunya dengan menggunakan tangan kanan. Tapi yang Caramaste saksikan di TV adalah batunya yang diletakkan di atas tempat khusus kemudian bambu tersebut digosokkan dengan cara menggulung dan agak ditekan. Jika ingin melihat kembali tayangannya coba cari di google videonya soal pekerja penggosok batu akik siapa tau ketemu.

2.  Daun Pisang


Kalau yang ini pernah dilakukan juga oleh penulis dan memang hasilnya terlihat sangat mengkilap. Caranya cukup ambil daun pisang yang kering lalu gosokkan langsung permukaan batu cincin tersebut di bagian atasnya. Secara, daun pisang adalah yang paling mudah ditemukan, bahkan di perkotaan kita masih mudah mendapatkannya, tapi baiknya pilih yang kering secara alami dan jangan yang basah lalu dikeringkan karena hasilnya akan beda. Lakukan pada semua sisi batu akik agar warna kinclongnya keluar.

3.  Produk Kulit


Kalau kamu punya dompet kulit asli atau paling bagus dari ikat pingga yang asli dari kulit sapi misalnya maka kamu bisa gunakan itu karena ini juga sering dipakai banyak orang untuk mengkilapkan batu akik mereka. Tapi dari dua jenis di atas ini mungkin yang sulit ditemukan karena tidak semua orang memilikinya dan kalau pun punya ikat pinggang belum tentu asli dari kulit kan!


Video Youtube Cara Mengkilapkan Batu Akik



Demikian Cara Mengkilapkan Batu Akik ala Perajin Batu Mulia yang sering digunakan dan siapa tau sekarang anda sudah memiliki batu cincin yang dimaksud maka tak usah pakai jasa penggosok karena semua bisa dilakukan sendiri.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top