Batu Akik Bacan Doko dan Palamea, Jenisnya dan Cara Mengetahui Keasliannya

Batu akik Bacan Doko dan Palamea belum mewakili semua jenis dari Batu Bacan, melainkan ada banyak sekali jenisnya. Gemstone asal Maluku Utara, Halmahera ini menjadi begitu terkenal dan melejit nama dan juga harganya ketika diketahui bahwa peresiden SBY memberikannya sebagai cendra mata buat presiden Amerika, Barack Obama, ketika berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Dan sejak itulah nama batu akik Bacan mulai ramai dibicarakan di berbagai media dan kalangan gemolog, bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Walhasil, hingga sekarang banyak sekali orang yang mencari batu cincin ini hingga ke desa tempat dimana batu mulia ini banyak dihasilkan, yakni di desa Doko dan Palamea.

Keunikan Batu Bacan Doko dan Palamea


Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata Batu Akik Bacan ini memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya disebut sebagai 'batu hidup' yang mana ia mampu melakukan perubahan walah sudah dalam bentuk jadi atau dipakai sebagai cincin maupun liontin, tepatnya pada seratnya yang lambat laun menghilang dan menjadi jernih. Di berbagai media online ini pun sudha sering dibahas dan akhirnya juga banyak orang yang tidak senang membeli yang sudah mati, dalam artian proses perubahannya telah berhenti. Selain itu, keunikan lainnya adalah yang mana batu bacan ini bisa menyerap unsur logam yang diletkatkan padanya, misalnya saja digunakan sebagai batu cincin dengan pengikatnya yang terbuat dari emas, maka lama kelamaan batu bacan tersebut akan memperlihatkan titik atau bintik emas di permukaannya, sungguh menarik bukan? punya batu tapi seperti hidup.

Hal unk lainnya dari batu bacan ini adalah yang mana ia bukan cuma produk asal Indonesia, tapi banyak negara lain yang juga mampu menghasilkan batu permata ini yang mana mereka mengenalnya dengan sebutan Green Jade atau batu jenis Jade berwarna Hijau.

Lihat juga : Batu Akik Termahal

Perbedaan batu bacan Doko dan Palamea


Batu bacan Doko memiliki ciri khusus pada warnanya yang dominan pada warna hijau agak kehitaman. Untuk mengetahui secara pasti warnanya baiknya dengan menyorot menggunakan lampu senter, biasanya akan terlihat jelas warnanya dan juga serat di dalamnya. Ada juga sebenarnya jenis Doko yang hampir mirip dengan palamea yang agak bening, tapi bila mencarinya dipasaran agak sedikit sulit. Selain itu, bicara soal perubahan seratnya yang bisa berangsur hilang, maka jenis bacan doko dipercaya lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan palamea yang butuh waktu agak lama.

Adapun jenis Bacan Palamea ia memiliki ciri pada warnanya yang tampak hijau bening yang semakin terlihat jelas jika disinari. Hanya saja dari segi kualitas memang kalah dengan Doko karena palamea ini memiliki kandungan kapur yang lebih banyak di dalamnya, sehingga skala kekerasannya juga tentunya dibawah dari jenis Doko.

batu bacan doko kualitas super


Lihat juga : Cara mengetahui batu akik asli atau palsu

Popularitas Batu Akik Bacan



Siapa yang menyangkan kalau di akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 ini batu akik melambung namanya, bahkan hingga kini bukan saja aki'-aki, sebutan untuk kakek-kakek, yang banyak memakai batu akik sebagai batu cincin, tapi juga anak muda dan wanita sudah mulai banyak yang menggunakannya. Kalau dulu orang pasti akan malau kalau menggunakannya karena tidak ingin disebut 'mbah Dukun', tapi sekarang batu mulia ini telah menjadi trend hidup seseorang dan bahkan hingga ke perkotaan dan perkantoran demam batu kik ini terus menjamu.

Ternyata popularitas seorang bintang cukup bisa mengangkat pamor dari sebuah barang, tak slaah mengapa banyak produk yang diiklankan hampir semua menggunakan artis terkenal sebagai modelnya. demikian juga dengan batu akik ini, sejak diketahui bahwa SBY juga menggunakan batu akik, hampir semua media langsung membahasnya. Dan seiring dengan fenomena tersebut, para artis juga mulai ramai-ramai memakainya hingga memamerkannya ke media batu akik yang mereka miliki, sebut saja Deddy Corbuzier yang punya batu akik, tidak tau apakah jenis batu Bacan atau bukan, yang harganya hingga 600 juta.


Baca juga, Berbagai harga batu akik

Jenis Batu Bacan Lainnya

Selain Doko dan Palamea yang terkenal dari jenis batu akik bacan ini, ada jenis lainnya yang juga tak kalah menariknya, walau bukan kualitas super seperti yang disebutkan di atas, tapi dari segi warna bisa dibilang lebih menarik karena menawarkan banyak warna yang berbeda. 

Bacan Obi
batu akik bacan obi
Obi Merah


Berbeda dengan jenis di atas, obi ini terbilang murah, hanya dengan harga 2 juta saja kita sudah bisa mendapatkannya. Ini karena banyak yang bilang kalau obi ini bukan inti dari batu mulianya melainkah hanya kulitnya saja, dan tingkat kekerasannya juga dibawah dari Doko. Apalagi kalau disandingkan dengan Mustika Merah Delima yang langka itu. Selain itu, sisi unik dalam bentuk perubahan seratnya tidak ada dalam ciri obi ini, pokoknya bentuknya bening dengan berwarna kuning yang banyak dipakai saat ini.

Demikianlah penjelasan singkat soal Batu Akik Bacan Doko dan Palamea, Jenisnya dan Cara Mengetahui Keasliannya semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top