7 Tips/Cara Menghilangkan Stres

7 Tips/Cara Menghilangkan Stres dari CaraMaster ini layak dibaca, terlebih lagi bagi anda yang sedang stress karena satu masalah yang sulit dipecahkan. Saya yakin ketika anda mengalami masalah kejiwaan seperti ini pikiran anda terus bekerja dan berpikir tanpa henti sekalipun anda merasa ingin menghentikan dan melupakannya. Ini karena kerja otak dan perasaan anda, seperti takut, khawatir, cemas dan sebagainya slaing terkait sehingga mau tidak mau keduanya saling bersinergi dan seakan kita tidak dapat mengendalikannya. Untuk itu diperlukan cara dan tips agar ini bisa dihentingkan dan kemblai normal menjalani kehidupan seperti sedia kala.

Stres dalam dunia kedokteran adalah sebuah gangguan yang sifatnya datang dari luar dan bukan merupakan faktor internal, namun sekalipun demikian hal tersebut juga dipengaruhi kondisi kejiwaan dan keilmuan seseorang. Orang yang senantiasa lapang dalam menangani masalah akan sangat sulit mengalami hal ini, terlebih lagi orang yang pandai mengendalikan perasaan dan pikirannya. Bagi orang yang tinggi pengetahuan dan pengamalan ilmu agamanya, kata stress mungkin tak ada dalam kamusnya, karena keyakinan akan Tuhan dan hari akhirat yang selalu membawa perasaan dan pikirannya tenang karena didasari pemahaman bahwa tidak ada yang lebih penting dari akhirat dan tuhan, sehingga musibah seberat apa pun yang datang dianggap enteng dan berlalu begitu saja.

Sebelum ini, baiknya baca jg : Cara Mengatsi jenuh dan Bosan dan  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Stres

Berikut ini adalah beberapa cara agar stress dapat di atasi dengan pendekatan pikiran dan penataan jiwa agar segala masalah dapat ditangkap persoalannya dna hikmahnya. Nah berikut tipsnya :
  1. Dapat 1 tugas, langsung kerjakan tugas tersebut. Ini maksudnya jangan menunda tugas yang diberikan. Karena kebanyakan stress yang terjadi pada seorang pekerja kantoran adalah karena pekerjaannya yang menumpuk dan menjadi berat untuk diselesaikan. Sebab ketika kita melakukan delay pada suatu job, kita tidak tahu beberapa jam lagi atau hari kemudian akan datang yang baru yang tantangannya lebih berat, untuk itu diperlukan kecepatan dan manajemen waktu yang baik. Jika tidak, stres akan terjadi pada diri anda yang efeknya pada semua tatanan kehidupan anda.
    tips menghilangkan stres
  2. Tegas mengatakan tidak pada hal yang tidak sesuai deskripsi tugas Anda. Jadi bila pak bos memberikan job namun itu diluar dari kesepakatan anda maka jangan sungkan menolak, sebab jika terlanjur diterima mau tidak mau harus anda selesaikan, sedangkan yang sudah jadi wewenangmu sendiri belum tentu sudah beres yang sudah tentu ini bisa mengakibatkan stress dan tentunya pula harus dihilangkan. Apalagi yang memberi job itu hanya teman kerja yang sekedar minta tolong. Tapi tetap pertimbangkan dampaknya jika ditolak karena menyangkut juga pada keharminisan sesama rekan kerja.
  3. Membagi waktu kerja dan refreshing. Jika hari libur tiba jangan biasakan melakukan lembur atau mengerjakan hal yang ada hubungannya dengan pekerjaan karena pada kenyatannya stress bnayak terjadi karena ini. Baiknya rencanakan rekreasi bersama keluarga, seperti berenang, ke taman, atau tempat rekreasi lainnya yang intinya untuk menhindari penyakit stress dan mengontrol tekanan darah agak tidak terlalu tinggi, serta agar hormone endorphin dalam tubuh anda dapat dihasilkan lebih banyak lagi yang sangat manjur menghilangkan stress.
  4. Belajar berusaha menerima setiap keadaan. Kata orang bijak, “sabar adalah jalan keluar yang tidak memberi jalan keluar” maksudnya jika anda mendapat masalah, apakah itu putus cinta atau karena urusan kantor, maka buatlah hati anda menerima itu, karena tidak semua yang kita inginkan dapat tercapai dan masalah memang sudah dibuat bagian dalam hidup kita oleh tuhan sebagai ujian. Jika kita bisa meresapi ini maka stres berlebihan tidak akan mungkin terjadi.
  5. Berpikir positif. Jika merasa dijahili orang atau apa yang anda inginkan tidak tercapai maka berpikirlah lebih jernih bahwa itu merupakan ujian bagi anda dan akan berlalu jika dicari jalan keluarnya dan bahkan akan berbuah lebih baik dari yang diharapkan.
  6. Hiburlah dirimu dengan hatimu dan pikiranmu. Ini salah satu cara efektif menghilangkan stress jika semua cara tak dapat anda lakukan. Dengan menata perasaan bahwa itu adalah sebuah takdir yang sudah seharusnya terjadi maka hati anda akan lebih plong dan kalau bisa berlogikalah dengan pikiranmu dengan masalah yang dihadapi, misalnya saja karena gagal dalam sebuah target, maka sebainya pkirkan detail peristiwanya dan baca apa kesalahannya. Dengan demikian akan lebih mudah mengerti dan menerima persoalan yang anda hadapi dna tentunya pula anda akan terhidnar dari stress.
  7. Belajar agama lebih banyak. Agama dalah way of life, ia adalha penuntun pada jalan kehidupan yang tentram di dunia maupun di akhirat, tentunya dengan menjadikannya sebagai pegangan akan dapat membantu hidup kita terus pada koridor ketuhanan, dalam artian tidak stres jika ditimpa musibah. Banyak yang menyarankan, dan bahkan dala sebuh hadi disebutkan, bahwa dengan salat malam keyakinan seseorang akan bertambah dan merasa bahwa segala perkara jadi ringan karena janji tuha tentang pertolongan dan akhiratnya telah diyakini sepenuhnya, maka taka ada lagi istilah stress pada masalah seberat apa pun yang ia hadapi.
  8. Pelajari juga Cara Lain Menghilangkan Stres
  9. Selain itu isi waktumu dengan Bisnis Internet Yang Bisa Menghasilkan Uang Halal 
Demikianlah 7 Tips/Cara Menghilangkan Stres yang bisa jadi rujukan anda yang sedang mengalami masalha di kantor atau mungkin saja sedang putus cinta karena ditinggal pacar. Beragam info di atas bisa jadi pertimbangan anda dan dipraktekkan sebagai jalan keluar dari apa yang anda hadapi.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top