Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Herbal

Penyakit masuk angin bagi masayarakat Indonesia umumnya adalah suatu penyakit yang timbul musiman, terlebih memasuki musim penghujan. Namun, bisa jadi masuk angin bagi sebagian orang merupakan hal rutin yang mereka alami, terlebih lagi jika imun tubuhnya bermasalah sehingga mudah dimasuki oleh virus. Salah satu yang menurut dokter seseorang gampang terkena ini adalah karena terbiasa kerokan (metode pengobatan tradisional dengan mengerok kulit hingga merah menggunakan koin). Alasannya, ungkap pakar, bahwa ini dikarenakan aktivitas semacam itu membuat pori-pori terbuka lebar atau membesar sehingga gampang terserang penyakit ringan ini.

Memang banyak sekali produk herbal alami yang telah dibuat perusahaan jamu ternama, tapi apakah kita tidak ingin meramunya sendiri dari bahan alami yang ada disekitar rumah, selain hemat tentunya  gampang mendapatkannya, karena tanpa harus berburu tinggal petik, olah dan obatnya pun siap kita komsumsi. Nah, berikut beberapa tipsnya :

Sebelumnya : Manfaat Buah Sirsak dan daunnya

Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Herbal

1. Vitamin C

Saya pribadi setiap kali terasa ada gejala akan masuk angin, seperti badan mulai pegal-pegal dan loyo, tenggorokan sakit, perut kembung dan sebagainya, maka segera mengkomsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk. Tapi bila tidak mau repot yang saya lakukan adalah cukup membeli produk jadi seperti Vitacimn, Enervon-C dan sebagainya. Ini karena kandungan vitamin C sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh, termasuk masuk angina dan dari penyakit ringan lainnya.

2. Konsumsi sup
Cara Mengatasi Masuk Angin

Bagi yang sudah terkana masuk angin maka disarankan buatlah sup, baik itu dengan kaldu ayam, daging sapi ataupun udang, karena kandungan di dalamnya dapat menghangatkan tubuh, apalagi dinikmati selagi masih panas. Selain itu, ini juga alaternatif untuk menambah nafsu makan yang menurun akibat rasa pahit yang terasa dilidah.

3. Minum wedang jahe

Kalau di Semarang dikenal ada panganan kaki lima bernama ‘Wedang Ronde’ yang juga terbuat dari jahe segar. Kalau di Makassar ada ‘Sarabba’ yakni minuman jahe yang mirip dengan Skoteng di Malang atau STMJ di Surabaya.  Jika dirasa kurang pedas bisa ditambah merica sebagaimana dilakukan banyak orang Makassar saat membuat minuman Sarabba (campuran antara jahe, gula aren, susu, dan kuning telur ayam tanpa dimasak) Semua jenis minuman dan makanan berkuah tersebut sangat baik untuk mengusir masuk angin yang sedang menyandra anda di atas tempat tidur. Minum saat masih sangat hangat akan bekerja dengan baik dalam membantu penyembuhan anda.

4. khasiat bawang putih

Bawang putih dikenal sangat baik untuk pengobatan tradisional. Kalau di ulasan sebelumnya telah dibahas manfaatnya untuk sakit gigi, kali ini anda juga bisa memanfaatkan obat alami herbal ini untuk mengurangisakit angin yang anda derita. Bisa dengan dicampur dengan makanan, seperti dicampur dalam bahan nasi goreng  atau pun membuatnya jadi sup bawang, atau juga dimakan langsung dengan diberi sedikit garam. Kandungan berupa zat allicin di dalam bawang tersebutlah yang membuatnya baik untuk penyakit ini, karena zat tersebut berfungsi baik sebagai antibiotic yang sifatnya alami bagi tubuh untuk menanggulangi pertumbuhan virus dan bakteri.

Itulah mungkin sedikit keterangan dan tips bagaimana Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Herbal yang mudah di dapat. Tak butuh waktu lama membuatnya kita sudah bisa mengkomsumsinya agar badan lebih bugar dan cepat sembuh. Dalam banyak kasus hal tersebut bisa saja karena habis bepergian ke luar kota, atau pun banyak minum minuman ber-es dan sebagainya. Untuk itu, hindarilah untuk sementara kebiasaan tersebut sampai dirasa badan vit lagi dan siap beraktifitas.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top