Bisnis Toko Online, Begini Caranya!

Banyak yang bertanya bagaimana cara berbisnis online dengan toko online? Ini banyak ditanyakan oleh orang yang baru mau bergelut dengan usaha maya ini dan belum paham sama sekali lika likunya. Nah, Cara Master ingin berbagi pengalaman serta langkah2 yang harus dilakukan hingga bisa sukses dan mendatangkan penghasilan rutin setipa harinya. Dan bahkan bisa lebih tinggi dari gaji yang didapt dari menjadi seorang karyawan kantoran dan ini bukan hohongan karena anak SMP saja sudah banyak yang merasakan dan membuktikan kebenarannya.

Dari segi teknik, bisnis online memiliki perbedaan dengan usaha konvensional, hanya saja pada prakteknya tetap sama, yaitu harus diperjuangkan dan diusahakan semaksimal mungkin hingga bisa menghasilkan. Tapi bedanya dari segi penghasilan. Dalam melakukan usaha di dunia maya peluang penghasilannya lebih menjanjikan karena jangkauan pasarnya tak terhingga, seluruh indonesi dan bahkan seluruh dunia. Terlebih lagi tak mengeal waktu karena selama 7 hari dalam seminggu dan 24 jam dalam sehari bisa beroperasi terus, tergantung jumlah pengunjungnya.

Cara Bisnis Toko Online

Haruskah Punya Produk Sendiri?

Nah, di sini Master mau memberi rahasinya. Kebanyakan pemula masih berpikir kalau buat usaha dari toko online harus punya produk sendiri, padahal sekarang banyak situs besar yang menyediakan kerjasama atau afiliasi penjualan produk mereka, maksudnya di sini kamu tak perlu bikin atau menyediakan sendiri tapi cukup mengambil dari mereka dan itupun kadang hanya gambarnya saja dan harganya kamu naikkan sendiri untuk dapat keuntungan dan kadang juga ada yang hanya memberikan linknya saja dan keuntunganmu diperoleh dari jumlah penjualan yang masuk dari tautan tersebut, misalnya lazadda dan sebagainya.
Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan mengunjungi beberapa situs yang menjual produk khusus kemudian kamu copy gambarnya, rubah harganya lebih tinggi dan letakkan di toko onlinemu. Di sini kamu tak perlu minta izin, kalau ada yang mau beli baru kamu membeli terlebih dahulu di tempatnya dan suruh kirim ke pembeli yang menghubungi lewat webmu, tapi tentunya pembeli pertama tersebut sudah melakukan transfer lebih dulu baru kamu juga melakukan pembayaran di sumber barang aslinya.
cara bisnis toko online

Buat Website Gratis

Membuat website gratis sekarang banyak sekali tempatnya, dan yang paling terkenal adalah blogspot yang disetting menjadi dot com dengan biaya kurang dari 100ribu saja setahun. Dan bahkan saya pribadi hingga saat ini masih terus menggunakan layanan gratis dari mbah google tersebut karena tak mengenal biaya hosting bulanan. Jadi maksud dari free di sini karena tidak ada biaya penyimpanan file sama sekali. Dan adapun langkah2nya adalah :

1.  Menyediakan email Gmail

Langkah yang pertama kali harus dilakukan untuk memiliki blog atau web toko online adalany punya akun email gmail dari layanan Google. Email ini nantinya difungsikan sebagai id akun untuk masuk ke pengaturan toko onlinemu. Dan bahkan untuk keperluan lain yang masih bagian dari layanan google juga tetap bisa digunakna, seperti untuk mengupload video di youtube, mengirim email dan sebagainya. Jika belum paham bagaimana cara bikin email silahkan baca disini.

2.  Membuat blog dengan Blogspot

Mungkin yang belum paham akan bertanya kok lewat blogspot, katanya web .com? tenang saja, setelah proses ini kita akan belajar juga bagaimana mengubahnya jadi dot com sesuai yang kamu inginkan.

Jika sudah berhasil mendaftarkannya dan sudah bisa login diakun emailmu, selanjutnya buka tab baru di browsermu (Mozilla atau google chrome) dan ketik alamat www.blogger.com . jika sudah berhasil masuk selanjutnya mulai membuat blog baru dengan mengklik tulisan ‘Buat Blog’. Jika belum paham bagaimana memulainya silahkan kunjungi halaman ini.

3.  Beli Domain (alamat web) .com

Untuk merubah blogspot jadi dot com anda harus membeli domain berbayar dulu yang harganya sekitar 95ribu saja, saya sarankan membeli lewar Rumahweb.com atau IDwebhost yang sudah jadi langganan saya. Kalau tidak tau cara belinya minta saja dibantu oleh adminnya dengan chating langsung, dan bila sudah memiliki alamat domain toko onlinemu tinggal arahkan ke blogspot yang sudah dibikin sebelumnya. Di sini juga ada langkah yang harus kamu lakukan sehingga bisa merubah dari alamat toko online yang sebelumnya pake blogspot jadi dot com. Untuk saya juga sudah punya tips dan tutorialnya, silahkan baca selengkapnya tutorialnya di sini.

4.  Merubah Tampilan Toko Online

Sekalipun sudah .com tapi tampilannya masih biasa ada baiknya dirubah dulu dengan yang lebih tampak keren dan professional. Ada banyak sekali yang menyediakan fasilitas ini, namanya ‘Template’, silahkan search di google atau ada baiknya kunjungi saja artikel yang telah Master tulis sebelumnya di pembahasan membuat blog keren, lihat di bagian nomor 2.

Jadi fungsi template di sini adalah sebagai skin atau kulit dari tampilan toko online yang kamu kelola. Ketika orang pertama kali membukanya, misalnya saja alamatnya www.tokobaju123.com maka halaman utamanya akan menampilkan bentuk sesuai dengan template yang kamu gunakan, ada banyak variasi seperti dua sidebar dikiri dan kanan, atau ada juga salah satunya saja antara kanan atau kiri saja, semua tergantung pilihan pengelolanya. Tapi yang bagus terindeks google adalah halaman produk di kiri dan sidebar atau tempat kategorinya di samping kanan.

5.  Mengoptimasi Toko Online agar Masuk Halaman 1 Google

Ini adalah bagian penting, lebih baik tampilan webmu biasa saja tapi posisinya di mesin pencari bisa masuk halaman #1 dari pada keren tapi jangankan hal satu, halamana 10 saja tidak terlihat sama sekali padahal pengguna google biasanya hanya mencari maksimal hingga halaman ke dua saja.

Saya sudah sering memberikan tutorial soal ini, silahkan dibaca secara sekasama dan praktekkan agar cepat paham dan bisa merasakan keuntungan yang terus mengalir dari penjualan yang melimpah setiap harinya. Cek infonya

Ada yang tidak dimengerti soal cara bisnis toko online? Silahkan share dulu di facebookmu apa yang sudah kamu baca di sini dengan copy link alamatnya di atas, baru setelah itu kami bantu gan kalau tidak ada kesibukan lain dan pastinya sedang online juga.Baca juga harga laptop Acer terbaru
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top