Harga Domain .web.id dan Cara Registernya

Bertanya soal Harga Domain .web.id dan Cara Registernya? Mari kita ulas bersama di sini. Pada dasarnya nama domain atau alamat blog itu sendiri sangat beragam dan bahakan nama domain tiap negara masing-masing memiliki perbedaan, termasuk untuk Indonesia kita kenal dengan '.ID' yang menjadi top level domain untuk semua web yang alamatnya diregistrasikan melalui perusahaan yang memiliki hak dagang tersebut.

Dalam banyak forum maupun hasil pencarian di google ternyata banyak sekali yang menyakan berapa harga domain .web.id itu, padahal dari semua jenis pendaftaran nama web untuk Indonesia, inilah yang paling murah dan sangat mudah proses pendaftarannya. Tapi sekalipun demikian tetap saja ada batasan dalam pemakaiannya yang mana penggunaannya hanya diperuntukkan untuk hal-hal yang tidak melanggar TOS dari Pandi dan aturan negara kita. Berikut ulasan lengkapnya!

Berapa sih harga domain .web.id itu?


Harga domain .web.id sebenarnya tidak sama dari setiap penyedia layanan pembelian domain atau reseller, umumnya menetapkan tarif sendiri, tapi dari yang penulis ketahui dari salah satu situs ternama untuk layanan registrasi tersebut, harganya cuma Rp. 55.000 saja dan tanpa ada biaya tambahan, kecuali kalau mau menambahkan layanan domain Guard yang mana data pemiliknya nantinya tidak bisa dicek di whois.com dan situs lainnya, dan untuk layanan seperti itu biasanya dikenakan biaya Rp. 15.000.

Tapi perlu juga anda ketahui bahwa harga itu bukan untuk sekali bayar melainkan harus membayar tiap tahun dengan jumlah yang sama, kecuali ada kenaikan harga yang biasanya akan diinformasikan oleh pihak resellernya. Jadi bisa dibilang, domain itu kita miliki dan tidak ada yang bisa mendaftarkannya lagi setelah kita lebih dulu mendaftarkannya, asalkan kita sanggup bayar tiap tahun, karena jika tidak, maka akan diregister oleh orang lain dan hak pemakaiannya pun akan berpindah.

Bagaimana dengan .ID lainnya, apakah sama harganya?


Tentu tidak, karena beda jenis sub domainnya maka beda pula harganya. Berikut saya tampilkan screenshot dari harga masing-masing domain, termasuk yang .com dan .co.id yang mungkin akan anda tanyakan juga:

domain .web.id


Harga di atas belum termasuk kalau anda pakai layanan lain misalnya mau pakai jasa buat websitenya sekalian atau layanan lainnya.

Bagaimana proses membelinya?

Hampir sama untuk semua website penyedia domain .web.id, pertama kali anda harus cek dulu apakah nama yang akan dipesan masih tersedia atau tidak, berikut langkahnya:
  1. Silahkan bukan website rumahweb.com dulu, lalu buka menu "domain" di bagian atas kemudian ketik nama domain yang akan kamu beli, tapi pastikan pilih di sampingnya yang akhiran .WEB.ID  lalu klik "Cek
  2. Jika masih tersedia yang ditandai dengan warna hijau atau merah jika belum, nah tinggal pilih atau centang pilihan "Pesan domain saja" kemudian klik "Pesan" untuk melanjutkan. 
  3. Jika domain masih dapat didaftarkan langsung saja klik "Add to Cart"
  4. Kemudian ikuti langkah berikutnya, ada pilihan 'check list Addon' silahkan centang kalau mau, tapi kalau tidka mau ada biaya tambahan tinggal klik aja "Checkout' di bagian bawah atau atasnya.
  5. Masuk ke langkah berikutnya masukan data pribadi anda untuk syarat order. Ada dua pilihan, kalau belum punya akun berarti pilih "Pelanggan Baru" 
  6. Selanjutnya tinggal pilih Metode Pembayaran dan kalau perlu kasi informasi tambahan di bawahnya. 
  7. Terakhir, jika sudah, cenang di bagian bawah "Saya menyatakan menyetujui Service Level Agreement" dan akhiri dengan klik "Selesaikan Pesanan" atau pembelian.

Bagus mana .com atau .web.id?



Sebenarnya yang namanya domain sama saja, yang penting itu punya website yang banyak pengunjungnya, bahkan banyak blogspot saja jauh lebih baik rankingnya di google ketimbang jutaan web berbayar, karena kuncinya adalah paham cara membuat blog ranking 1 di google, tapi sekalipun demikian punya domain dengan spesifikasi untuk pengguna Indonesia akan tampak lebih profesional.



Domain .web.id memiliki beberapa kelebihan lain, seperti lebih mudah diketahui bahwa pengelolanya adalah orang Indonesia, lebih keren dibanding pakai blogspot saja, lebih murah dari .com bahkan hampir separuh dari harganya. dan selebihnya tidak ada lagi, karena seperti yang saya katakan tadi bahwa baik tidaknya adalah posisinya di mesin pencari dan jumlah visitornya setiap hari, karena cuma itu cara untuk mendatangkan banyak peluang penghasilan, apakah dari google adsense atau pun dari bisnis toko online lainnya. 


Bagaimana membuat blog atau website .web.di?

Gampang saja, silahkan baca di sini : http://caramaster.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-blogwebsite-webid.html - dalam artikel tersebut akan dijelaskan langkah pembuatannya dan bagaimana web anda bisa online dan bisa dikunjungi banyak orang tanpa harus bayar mahal untuk belajar atau kursus di tempat lain.

Cukup sudah penjelasan soal harga domain .web.id dan selebihnya silahkan anda cari di blog lain, tapi ini sebenarnya sudah cukup valid. Dan jangan lupa share di facebook atau twitter artikel ini biar banyak yang tahu.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top