Software Untuk Membuat Website

Bahas soal Software Untuk Membuat Website, jika ini ditanyakan oleh seorang newbie maka jawaban yang paling tepat adalah soal CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat sebuah website atau blog agar bisa online dan dilihat banyak orang, sebelumnya sudah dibahas soal Jenis-Jenis Web yang juga penting diketahui sebelum mengetahui bagaimana cara bikin web dengan software yang disebutkan di atas tadi, karena dengan demikian kita bisa paham apa dan seperti apa wajah web yang akan kita ciptakan.

Software pembuat web yang bagus tentu ada banyak sekali kriteria di dalamnya, dan jika kita ingin mengkategorikan maka tentu butuh referensi soal itu, dan kebetulan penulis sudah melakukan beberapa pemantauan singkat mengenai ini walau sumbernya baru dari beberapa situs besar, tapi meskipun demikian ini sudah bisa kita anggap cukup untuk membuat web gratis sendiri. Dan berikut penjelasan lengkapnya:

Berbagai Software Untuk Membuat Website Secara Gratis


Sesuai yang dikatakan di atas bahwa muara dari pembahasan kita soal aplikasi untuk menciptakan sebuah situs adalah CMS, kepanjangannya sudah disebut diatas, nah dari beberapa yang ada, ya mungkin ada bahkan hingga puluhan jenisnya, di bawah ini adalah yang paling banyak digunakan, dan ada juga alasan mengapa memilih yang sudah tenar, ya karena dengan demikian kita akan sangat mudah menemukan artikel tutorial yang memberikan panduan cara membuat atau pun langkah dalam mengatasinya jika seandainya terjadi trouble yang sulit kita pecahkan sendiri. Di antaranya adalah:

Sebelum ini anda sudah harus tahu dulu cara membuat alamat web dan bagian-bagian dalam website itu sendiri agar tidak bingung memahaminya.

Wordpress


Jangan salah dulu kalau mendengar kata ini, mungkin anda beranggapan kalau yang dimaksud adalah bikin blog dengan ekstensi wordpress.com, misal caraku.wordpress.com, tapi sebenarnya lain karena kita di sini membahas layanan CMS dari wordpress itu sendiri, yang mana kita bisa menggunakannya untuk keperluan pembuatan situs dengan menggunakan hosting sendiri atau file penyimpanan data berbayar. Jada prosesnya ada 2 :

  1. Download dan kelola secara manual setelah itu baru kita upload hasil pembuatannya dengan menggunakan software online yang dikenal dengan nama FTP yang mana dari software tersebutlah kita bisa memasukkan file ke dalam hosting yang kita kelola sendiri. 
  2. Install langsung - Setelah kita membeli layanan shared hosting, maka yang dilakukan selanjutnya adalah dengan menginstall CMS Wordpress tersebut melalui Cpanel (admin pengelolaan hosting web) yang dalam hal ini menggunakan bantuan aplikasi bernama Sotaculous yang sekarang lagi marak digunakan. Setelah itu barulah kita login ke web yang telah setengah jadi dengan mengunjungi www.webkamu.com/wp-admin (tambahkan wp-admin di belakangnya untuk mulai masuk). Mengenai ini sudha banyak sekali tutorialnya, silahkan ketikkan kata kunci cara install wordpress dengan Softaculous melalui cpanel.

Menariknya, ketika kita memilih menggunakan Wordpress maka kita tak perlu khawatir soal car amengelolanya karena kita bisa mencari bantuan tutorialnya semuanya lewat google/blog yang memang banyak membahasnya, selain itu kalau butuh bertanya, ada banyak sekalo forum yang menjadi jembatan untuk para newbie saling berkomunikasi dengna para masternya.

aplikasi bikin blog

Joomla


Saya dulu pernah menggunakan CMS ini dan waktu itu pun saya tidak punya sama sekali teman atau tempat untuk belajar, saya hanya mengandalkan buku dan akhinya pun bisa berhasil menciptakannya, intinya asal mau bbelajar pasti bisa, Namun, ada sedikit kekurangna soal ini yang mana kita harus berjuang mati-matian jika ada hal yang error karena memang di sinilah kekurangan dari software pebuat web yang satu ini. Selain itu, blog yang membahas tutorialnya juga tidak terlalu banyak seperti yang kita dapati dari wordpress.

Drupal


Dengan usia layanan yang sudah cukup lama, Drupal kini telah digunakan oleh jutaan orang untuk mengelola sebuah web, bahkan untuk golongan website perusahaan pun sudah banyak yang memakainya, termasuk untuk tujuan pembuatan blog biasa maupun personal juga tetap memberikan kepuasan pada hasil designya. Open Source ini juga terbilang memiliki beragam fitur menarik dan mudah digunakan, belum lagi modulnya yang sangat menyesuaikan dengan kebutuhan pembuatan sebuah situs di era yang semakin berat persaingannya ini.

ModX


Banyak yang bilang kalau software pembuat blog yang satu ini memiliki fitur yang tergolong canggih dan juga mudah dioperaiskan oleh siapa saja, dan juga yang paling penting adalah karena ia memberikan keuntungan pada penggunanya yang mana ia sangat seo friendly atau dengan kata lain mudah terindeks dna menduduki halaman pertama google / ranking #1. Tapi walau begitu itu masih butuh banyak optimasi untuk mencapai posisi demikian di berbagai mesin pencari sebagaimana telah di bahas dlama tautan tersebut.

Ada banyak sekali sebenarnya tapi sebagai pemula anda menggunakan Software Untuk Membuat Website yang lazim digunakan saja agar memudahkan mendapat panduan jika sewaktu-waktu ada yang kurang dipahami...oke!
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top