Jenis-Jenis Web

Sebelum membahas apa saja Jenis-Jenis Website, perlu anda ketahui dulu apa bedanya antara website dan blog, jadi kalau web ia cenderung statis atau pun semi statis, artinya isi dari web tersebut jarang berubah atau bahkan tidak pernah sama sekali, misalnya saja situs paypal.com yang merupakan rekening dan pembayaran online, hal tersebut karena memang ia diperuntukkan untuk satu layanan dan tak ada yang perlu diperbaharui setiap saat pada content-nya, kecuali bila ada update kebijakan dan fitur tertentu di dalamnya. Adapun blog, ia merupakan web yang sifatnya dinamis dan selalu berubah setiap saat isinya, terutama pada artikel yang diposting di dalamnya yang kapan saja dapat diupdate oleh pemiliknya, seperti halnya pada blog http://caramaster.blogspot.com/ ini yang setiap hari hampir tak pernah absent menulis artikel baru.

Nah, kalau kita sudah paham apa itu web dan blog maka selanjutnya tinggal mengulas berbagai macam jenis website yang perlu anda ketahui serta info lain yang berkaitan dengannya.

Jenis-Jenis Website


Blog Personal


Ini adalah jenis web yang sifatnya pribadi yang umumnya bentuknya berupa blog yang berisi artikel mengenai catatan si penulisnya yang disajikan untuk umum, tapi ada juga yang bentuknya statis atau hanya berisi info profil pemiliknya dan tidak melakukan update artikel setiap saat. Umumnya web seperti ini dilengkapi dengan berbagai fitur khusus di dalamnya, seperti kolom kontak, profil, serta layanan yang disediakan oleh si pemilik, jika seandainya ditujukan untuk komersil.

Biasanya juga blog personal dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk menceritakan pengalaman pribadi, biografi dan hal lain yang berisi soal kepribadian si penulis. Dan untuk melihat contoh web ini maka blog ini adalah salah satunya. Dan perlu juga diketahui bahwa dengan blog pribadi bisa menghasilkan uang halal asal anda mau membaca tutorialnya dari artikel tersebut karena tak ada yang tka mungkin di sini.

Sebelum lanjut, baca dulu Cara Membuat Website Sendiri

Web Toko Online


Bentuk dari website ini bisa dalam berbagai macam, ada yang sifatnya dikelola secara pribadi, dan ada pula yang dijalankan oleh perusahaan. Dan selain itu, website dalam bentuk toko online ada juga yang dibuat sebagai wadah untuk promosi yang sifatnya diperuntukkan untuk umum seperti olx.co.id, tokopedia.com atau kalau untuk luar negeri seperti ebay.com dan amazon.com . Semua ini dalam bentuk toko online tapi untuk tujuan penggunaan bersama-sama. Dan ada pula yang bentuknya dibuat oleh perusahaan yang punya produk sendiri kemudian memasarkannya di web yang ia buat tersebut. Tapi satu hal yang menarik di sini adalah karena ternyata ada juga toko online yang dibuat oleh perorangan tapi ia sendiri tidak punya produk yang dibuat sendiri dan bahkan tak memiliki karyawan dan pabrik sama sekali, mau tau apa itu, silahkan baca disini.

Website Pemerintah


Kalau di Indonesia, website pemerintah umumnya menggunakan domain .ID (.go.id)  yang merupakan TLD khusus untuk negara ini. Situs ini pun hanya bisa dibuat oleh pemerintah terkait dan tidak boleh dibuat oleh selain instansi yang berwenang, itu pula sebabnya domainnya hanya bisa dipesan oleh dinas yang terkait yang mana syarat pembeliannya harus menyertakan KTP/SIM penanggung jawab, surat kuasa yang juga harus dari Pegawai Negeri Sipil, serta surat scan permohonan yang ditujukan kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, serta ditandatangani oleh Ketuanya.

Adapun bentuk web seperti ini umumnya menyertakan berita dan kebijakan dari dinas terkait yang juga bisa diupdate setiap saat.
ragam jenis website

Situs Berita


Kalau bentuk web yang satu ini lain lagi jenisnya karena isinya semua seputar berita terbaru yang baru saja terjadi dan kemudian dipublikasikan di websitenya dan biasanya ini disebut juga portal berita. Ada pun ini adalah situs yang sifatnya komersial yang penghasilannya didapatkan dari iklan pihak ke tiga ataupun dalam bentuk kerjasama dan lainnya. Sebagai contoh misalnya, detik.com, okezone.com, merdeka.com dan lain sebagainya.

Bentuk Website dilihat dari Peruntukannya


  1. Komersil - Kalu ini bentuknya banyak sekali dan bahkan semua yang disebut di atas bisa termasuk di dlaamnya, kecuali website pemerintah dan organisasi. Tujuannya adalah dibuat untuk menghasilkan uang, apakah itu lebwat penjualan produk, baik barang maupun jasa, seperti jasa penulis, penerjemah, toko online tas, makanan ringan dan lain sebagainya. Bentuknya biasanya seperti toko online tapi tidak jarang juga dalam bentuk blog pribadi. Untuk membuat web seperti ini biasanya menggunakan domain .com yang harganya sudah pernah di bahas juga di blog ini.
  2. Non-Komersil - Yang ini sifatnya dibuat untuk membantu orang lain, seperti wikipedia.com yang isinya seputar ilmu dan pelajaran yang bisa diakses oleh siapa saja dan juga bisa diedit oleh siapa saja. Biasanya juga ekstensi domainnya berakhiran edu dan org, atau kalau indonesia .go.id dan .or.id.

Contoh Web Lainnya :


  • Wiki web - Ini adalah situs yang menyajikan semua artikel dalam berbagai kategori seperti halnya wikipedia yang disebut di atas.
  • Iklan baris - Ini adalah web yang berisi berbagai iklan dan diperuntukkan untuk para pemilik usaha agar bisa mempromosikan blognya secara gratis di sana.
  • Mesin Pencari - Ini diperuntukkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang dengannya kita bisa menemukan blog atau web yang membahas materi sesuai yang kita cari. contohnya google.com dan bing.com
  • Website Forum - Tujuan dari pembuatan web ini adalah untuk komunikasi dan berbagi ide bagi sesama pemilik akun di dalamnya, mislanya kaskus.com, furum kompas dan lain sebagainya.
  • Sosial Media - Ini mungkin jenis website yang paling kita kenali yang mana fungsinya untuk melakukan update status atau berbagi gambar dan info singkat yang kita ketahui, selain itu ini digunakan sebagai ajang mencari teman dan ngobrol lewat chating. seperti Facebook.com dan Twitter.com
  • Situs Hosting - Yaitu website yang digunakan untuk membangun web yang fungsinya menyimpan data dari website yang menggunakan jasanya, seperti rumahweb.com dan lainnya.
Adanya banyak sekali jenis-jenis website di dunia ini dan jenisnya pun akan terus bertambah seiring bertambahnya kebutuhan dan ide dari para programmer. Tinggal anda yang memutuskan mau membuat yang bagaimana dan yang seperti apa yang anda butuhkan untuk tujuan bisniskah atau hanya sekedar untuk sharing informasi.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top