Pengertian Website, Bagian-Bagiannya dan Contohnya+

Pengertian Website

Website sendiri adalah berasal dari bahasa Inggris, adapun jika kita ingin membahasakannya dalam bahasa Indonesia maka pengertian website adalah situs web, yaitu suatu halaman dari web yang saling terhubung yang mana lazimnya ada pada server atau peladen yang serupa yang mana berisi kumpulan berbagai informasi yang baik itu disajikan oleh organisasi, kelompok maupun dari orang pribadi yang ingin berbagi secara gratis maupun berbayar. Untuk dapat diakses oleh orang banyak maka website haruslah berada pada sebuah server web yang mana darinya ia dikunjungi dengan bantuan jaringan internet ataupun LAN atau jaringan dalam sebuah wilayah lokal.

URL


Lebih lanjut mengenaik pengertian website itu sendiri maka dikenal pula dengan istilah URL (Uniform Resource Locator) di dalamnya, yaitu serangkaian susunan karakter berdasarkan format dari standar tertentu. dsengannyalah website dikunjungi, atau kalau dalam komputer lokal kita kenal dengan nama 'path', misalnya jika kamu mau masuk ke folder tertentu dalam sebuah komputer maka kamu harus melewati beberapa file, misalnya dari folder blog >> ke artikel >> lalu ke halaman yang dituju, nah di bagian atasnya biasanya akan tertulis blog/artikel/judul halaman dan seterusnya. Seperti itulah yang dimaksud dengan URL, ia adalah rangkaian letak dari alamat yang dikunjungi, kalau dalam blogger biasanya seperti ini : http://caramaster.blogspot.com/2015/02/langkah-cara-daftar-domain-com-berbayar.html (tulisan yang ditandai dengan warna berbeda tersebut menunjukkan url dari blog ini.)

WWW (World Wide Web)


Istilah www digunakan untuk pengertian gabungan dari semua web yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum melalui internet. WWW sendiri adalah singkatan dari world wide web. Walaupun demikian banyak juga website yang tidak menyertakan www di depannya, itu semua tergantung pada pilihan dari pembuat blognya, misalnya pada sub domain (seperti alamat blog caramaster yang merupakan domain dalam domain blogspot.com). Selain itu, untuk mengakses sebuah situs maka diperlukan yang namanya protocol, inilah yang sering kita ketikkan dengan http:// atau https:// yang katanya jauh lebih aman.

Hak Akses


Sekalipun website pada umumnya dibuat untuk dikunjungi oleh khalayak ramai namun tidak semua pemiliknya melakukan hal yang sama, di antaranya ada yang mewajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu jika ingin membuka blognya atau mungkin ada juga yang khusu diperuntukkan buat anggota tertentu pada suatu organisasi dan lain sebagainya.

Komponen Dalam sebuah Website


Terbentuknya sebuah web sehingga dapat dilihat oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia maka ada 3 komponen utama yang harus ada di dalamnya, yaitu :

1. Domain


Domain merupakan nama atau alamat dari blog itu sendiri, misalnya saja anda bertanya apa domain dari blog Caramaster ini, maka jawabannya adalah : http://caramaster.blogspot.com/ - jadi ia merupakan tautan yang mana orang bisa mengunjunginya dengan cara mengetikkan pada tab browser yang ia gunakan, seperti firefox dan lainnya.

2. Cpanel


Cpanel Ini adalah semacam software yang digunakan untuk menata hosting yang digunakan, misalnya dipakai untuk menginstall cms, menata isi database, file, penggunaan plugin serta melakukan segal control yang menyangkut hosting yang digunakan, di dalamnya terdapat banyak sekali yang bisa dilakukan, misalnya membuat subdomain, menambah domain baru dalam hosting yang sama, melakukan backup dan restore file dan sebagainya.

3. Hosting


Hosting sendiri adalah penyimpanan file untuk website tersebut, namun yang berbeda dengan file komputer local adalah yang mana file tersebut dapat dilihat dan dikunjungi oleh orang banyak, dan untuk itu ia harus diletakkan pada apa yang disebut dengan server dan dari server tersebutlah sebuah situs diakses. Untuk bisa membuat website kita tidak perlu mebeli alat ini apalagi melakukan perawatan sendiri karena ada banyak sekali jasa penyedia hosting yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Dan harganya pun variatif tergantung kapasitas dan bandwidth yang kita gunakan.
situs web

4. CMS (Content Management System)


CMS sendiri adalah sebuah program yang digunakan untuk mengelola website kita, mulai dari mengatur penggunaan templatenya, menulis artikel, menata penggunaan plugin atau widget dan lain sebagainya, jadi ini ibarat aplikasi yang yang dipakai untuk menata semua isi dari web, misalnya menggunakan cms wordpress, blogger, joomla, oscommerce untuk toko online, dan lain sebagainya.

5. Theme atau Template


Theme atau template sendiri adalah tampilan dari website itu, apakah itu tampilan pada halaman depannya (home) atau pada bagian artikel atau pagenya. Dengan template (untuk blogger) tersebut maka kita bisa melakukan pengaturan tampilan, warna, penggunaan plugin (untuk wordpress) atau widget (untuk blogspot) dan lain sebagainya yang berurusan dengan pengoperasian blog.

6. Browser


Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka situs atau website yang akan kita kunjungi, tanpa ini maka kita tidak akan mungkin membuat sebuah web, di antara yang terkenal saat ini adalah Firefox, Internet explorer, Opera Mini, Google Chrome, Baidu, dan lain sebagainya. Cukup buka aplikasinya, ketikkan url yang akan kamu kunjungi lalu tekan enter untuk memulai. Mengenai ini anda juga harus tahu Cara Membuat Web Masuk Halaman 1 google dan mesin pencari lainnya.

Secara lengkap pengertian website telah kami paparkan, selanjutnya tinggal anda telaah sendiri bagian-bagian dari web tersebut untuk dapat dimengerti secara utuh defenisi dan maksudnya.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top