Cara Mengobati Varises - Parises dengan Herbal alami dan Operasi

Mengenal cara mengobati varises dan berbagai gejalanya sangat penting buat anda yang belum mengalami penyakit ini atau pun yang sudah merasakan dampaknya. Varises atau banyak juga orang menyebutnya Parises adalah penyakit yang timbul akibat gangguan pada area kaki, tepatnya pada pembuluh darah balik. Ini kerap juga dikenal dengan sebutan Vena yang mana ia bertugas mengembalikan aliran darah hasil metabolisme dari berbagai jaringan dalam tubuh ke pemompanya kembali, dalam hal ini jantung. Hal yang paling umum yang terjadi pada penderita varises adalah dimana terjadinya gangguan perputaran darah dalam tubuh, tepatnya pada daerah betis dan juga tungkai pada kaki yang diakibatkan oleh akfitas keseharian kita yakni pada saat berjalan dalam waktu yang tidak singkat maupun ketika kita berdiri yang mana pada saat itu kaki berusaha menahan bobot tubuh yang berat. Dari aktivitas tersebutlah pembuluh darah vena mengalami tekanan yang lambat laun menimbulkan penyakit parises ini.

Gejala Varises


Jika ingin mengetahui apakah anda terkena penyakit varises maka cukup perhatikan area kaki atau betis belakang anda, jika terlihat warna kebiruan pada pembuluh darah vena yang muncul atau timbul agak menonjol di permukaan kulit. Biasanya bentuknya tampak lebih lebar dari pembuluh darah normal lainnya dan juga berkelok-kelok seperti cacing. Jika sudah sangat parah, penderitanya biasanya akan merasakan sakit bila merenggangkan kakinya dan kadang juga akan mengalami kebengkakan. Sebagian orang banyak yang merasa heppy saja ketika mengalami varises ini dan terkadang tidak dihiraukan, tapi sebagian lagi akan merasakan sebagai gangguan yang dapt menggangu aktivitas keseharian, apalagi kalau sudah timbul rasa nyeri sewaktu-waktu  dampak lain yang terjadi walau mungkin tidak akan disadari adalah dimana tingkat elastisitas pada pembuluh vena akan menurun yang mana hal ini dapat menyebabkan ia tidak lagi mampu atau secara maksimal melakukan tugasnya dalam mengalirkan darah hasil metabolisme ke jantung yang mana lambat laun juga akan menurunkan tingkat kesehatan tubuh kita.  



Baca juga : Obat Arthritis Leher dari Daun Sirsak dan Kulit Manggis

Penyebab Terjadinya Varises


Mungkin anda semua sudah paham bahwa dalam tubuh kita ada dua jenis pembuluh darah, yakni Arteri dan Vena. Fungsi arteri sendiri adalah mengalirkan darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh hingga kaki, tangan dan kepala, sedangkan Vena adalah tugasnya sebaliknya dari Arteri tersebut yang mana ia selanjutnya yang akan bekerja mengembalikan darah hasil kerja dari seluruh tubuh kembali ke jantung lagi dan demikian seterusnya. Jadi bisa dibilang, kesehatan dari pembuluh vena ini sangat penting karena ketika darah yang berada di area kaki ingin dikemblaikan ke jantung maka ia harus bekerja ekstra dimana ia akan melawan gravitasi, maka dari itulah ketika ia tidak sehat akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita karena dari darahlah hasil pencernaan pada makanan disebarkan ke seluruh badan.
Untuk lebih jelasnya kami akan jelaskan satu per satu penyebab dari penyakit varies ini dengan memberikan penjelasannya secara rinci:
  1. Faktor Usia – Ini adalah satu hal yang sulit dihindari, sudah bukan rahasia lagi yang mana semakin bertambahnya usia maka kesehatan dan kebugaran tubuh pun semakin berkurang, termasuk pada pembuluh darahnya. Dalam hal inipembuluh vena tersebut akan mengalami beberapa gangguan, seperti elastisitasnya yang tidak sebaik dulu lagi, selain itu pada katupnya juga mengalami pelemahan yang mana yang seharusnya ia bekerja dengan bergerak maju kea rah jantung malah sebaliknya ia bergerak mundur dan pada akhirnya kerja vena tersebut jadi tambah berat yang lambat laun membuatnya membesar dari ukuran awalnya yang pada akhirnya terjadilah penyakit yand dinamakan varises ini.
  2. Karena mengalami kehamilan. Tahukah anda mengapa varises dapat juga terjadi pada ibu yang sedang atu telah melahirkan? Yak arena pada saat seorang wanita hamil volume darahnya meningkat dari biasanya, namun di satu sisi aliran darah yang terjadi dari kaki ke area panggul menjadi berkurang. Hal ini adalah suatu rancangan secara alami yang mana hal ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan janin, namun di satu sisi ini sebenarnya juga menimbulkan efek pada kesehatan pembuluh darah pada kaki yang mana pembuluhnya akan membesar. Tapi tidak perlu khawatir, biasanya keadaan ini akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, kurang lebih tiga bulan lamanya setelah persalinan, bahkan tanpa perawatan dan pengobatan apa pun ini bisa sembuh.
  3. Monopause – Ini juga faktor penuaan pada wanita yang mana ia tidak lagi mengalami haid atau menstruasi yang juga bisa mengakibatkan varises, tapi selain ini, alat kontrasepsi atau KB juga memberi andil terhadap terjadinya varises karena beragam obat-obatan untuk menghindari kehamilan tersebut dapat mengakibatkan katup pada pembuluh darah vena jadi melemah sehingga sebagaimana yang dikatakan tadi, bahwa pembuluh darah akanmengalami pembesaran dan terjadilah varises ini. 
  4. Pelajari juga Dampak dari Hypertensi

Langkah dan Cara Mengobati Varises

cara menghilangkan varises

Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati varises ini, selain menggunakan alat kedokteran canggih juga bisa dengan bahan alami yang lebih murah dan tanpa menimbulkan efek samping. Dan untuk ini kami sudah punya penjelasannya agar anda tahu bagaimana dan apa seharusnya yang harus dilakukan jika ini terjadi pada anak atau teman kita atau mungkin pada diri anda sendiri:


1. Dengan bahan herbal alami


Rasa berdenyut-denyut yang nyeri pada kaki tentu akan sangat menggangu bagi siapa saja yang mengalaminya. Apalagi jika sudah muncul bengkak pada bagian tersebut yang juga dapat mengakibatkan kram. Nah berikut beberapa tips menghindari terjadinya varises di bawah ini :

  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama – Jika ini anda alami dalam waktu yang berulang-ulang setiap harinya yang mungkin disebabkan karena anda adalah pekerja kantoran maka sebaiknya selingi dengan aktivitas yang berlawanan, misalnya jiga sudha lama duduk cobalah berdiri sejenak atau sebaliknya. Lebih baik lagi kalau anda disiplin membatasi waktu berdiri atau duduk anda setiap saat agar menjadi kebiasaan sehat.
  • Renggangkan kaki – Ini baik juga dilakukan dengan melakukan perenggangan dengan cara duduk kemudian memanjangkan kaki lalu berusaha mencium kaki kiri dan kanan secara bergantian. Ini bisa juga dilakukan dengan duduk kemudian mengangkat kaki ke bagian atas agar sirkulasi darahnya berjalan baik.  
  • Atur pola makan – Ini erat pengaruhnya dengan penanganan pada supan makanan dan juga berat badan kita. Karena sebagaimana diketahui bahwa kegemukan bisa mengakibatkann resiko terkena varises. Hal yang paling penting dilakukan untuk hal ini adalah mengurangi komsumsi garamsetiap harinya karena zat ini bisa menyebabkan pembengkakan pada varises.
  • Pakai sepatu biasa saja – Kalau kamu wanit akarir dan senang menggunakna sepatu high heels maka sebaiknya dikurangi sebelum varises menyerang, hal ini karena otot pada betis akan bekerja berat saat menopang badan dikarenakan posisi tumit yang harus jinjit yang pad aakhirnya mempengaruhi kerja pembuluh darah di dalamnya.
  • Perbanyak olahraga – jenis olahraga yang paling baik dilakukan untuk menghindari varies ini adalah jalan dan berlari karena sangat baik dalam melancarkan pembuluh darah yang mana hal inilah yang jadi faktor utama terjadinya varises bila bagian tubuh kita ini mengalami gangguan. Paling tidak sekali seminggu sebagaiman penulis sering lakukan. Atau yang baik juga adalah dengan berenang karena membuat semua otot bekerja dengan baik.
  • Selain itu menghindari melipat kaki setelah berolah raga juga penting dilakukan agar tidak terjadi penyumbatan pada aliran darah yang sedang mengalami pemompaan yang cepat dari jantung yang bekerja dengna cepat juga akibat aktifitas lari tersebut.   
  • Ketahui juga berbagai tanaman obat yang menyehatkan

2.    Pengobatan Varises berdasarkan rekomendasi Anjuran Dokter


Dalam hal ini ada 2 hal pokok yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan atau mengkomsumsi obat hingga operasi sebagai jalan terakhirnya.

Pengobatan :


  1. Minum air Ginko Biloba kurang lebih 120 mg sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi dan sore hari.
  2. Beli suplemen yang khusus untuk meringankan derita dari varises ini
  3. Banyak makan makanan yang mengandung omega 3 juga sangat baik buat kesehatan pembuluh darah.
Pastikan pahami juga apa itu Endometriosis (Gejala, Obat, dan Penanganannya)


Operasi:

Bila semua langkah di atas, mulai dari pencegahan hingga pengobatan alami gagal kita lakukan karena banyak faktor maka selanjutnya bisa dengan terpaksa menjalani beberapa pengobatan ini, :
  1. Sclerotherapy
  2. Dengan menjalankan operasi pada vena endoskopik
  3. Vein Stripping
  4. Melakukan operasi dengan menggunakan bantuan laser
  5. Ambulatory Phlebectomy

Sekian berbagai usaha yang bisa dilakukan dalam cara mengobati penyakit varies. Ada baiknya juga berkonsultasi pada dokter ahlinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan jika anda melakukan sendiri hal yang mungkin anda tidak punya dasarnya, karena jika salah malah akan menyebabkannya semakin bengkak dan sulit disembuhkan. Pastikan juga bila menggunakna herbal alami agar dosisnya tepat karena dampaknya bisa jauh lebih berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top