Website Statis dan Dinamis, Contoh, Pengertian dan Perbedaannya.

Dalam pembahasan Jenis-Jenis Website sudah master sampaikan apa itu Statis dan bedangya dengan web Dinamis, tapi untuk memperjelas makanya saya buat postingan ini khusus untuk menjelaskan secara rinci, pengertian, perbedaan dan contohnya. Sebagai seorang blogger, mengetahui apa itu defenisi dari web statis sangatlah penting karena ini nantinya menentukan bentuk apa blog atau situs yang akan kita buat, baik itu untuk tujuan komersil maupun untuk keperluan bisnis dan promosi yang saat ini lagi booming dan banyak digeluti oleh orang banyak. Static artinya tetap, dalam artinya segala isi dan informasi yang dicantumkan di dalamnya bersifat tetap dan tidak butuh pembaharuan sama sekali dari pembuatnya karena ia merasa bahwa info tersebut berlaku selamanya, kecuali ada perubahan beberapa kata atau mungkin alamat yang disertakan di dalamnya yang karena adanya perubahan kondisi sehingga butuh untuk diperbaharui, tapi walaupun demikian tujuan utama pembuatannya adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjungnya yang sifatnya permanen.

Perbedaan antara Website Statis dan Dinamis


1. Web Statis



Situs web statis adalah situs yang isinya bukan ditujukan untuk dilakukan perbaharuan atau update secara berkala, sehingga segala pengaturan maupun pemutakhiran dari isi atas situs web tersebut dikerjakan secara manual dan sangat sederhana. Ada tiga jenis aplikasi utilitas yang umumnya dipakai dalam setting website statis ini, yaitu:
  1. Penyunting artikel - Ini merupakan aplikasi utilitas yang dipakai guna menyunting atau mengedit berkas dari halaman situs yang dibikin, misalnya saja: dengan Notepad atau pun dengan menggunakan yang namanya TextEdit.
  2. WYSIWYG : Kepanjangan dari perangkat ini adalah "What You See What You Get" yang jika dibahasakan dalam bahasa Indonesia artinya "Apa yang kamu lihat maka itulah yang kamu dapat" Maksudnya bahwa dalam pengeditan dan tampilan yang kamu lihat saat masih offline ketikan membuat web dengan aplikasi tersebut maka seperti itu pula tampilan yang akan kamu dapat atau lihat ketika ia online di internet. Ini merupakan aplikasi penyunting web yang memiliki antar muka grafis dalam desain web yang kita lakukan, aplikasi ini akan membantu kamu membuat web dengan dapat melihat langsung hasilnya ketika seandainya sudah online dan memungkin juga penggunanya bekerja dari laman kerja yang tersedia. misalnya aplikasi yang sering digunakan adalah: Microsoft Frontpage atau pun Macromedia Dreamweaver.
  3. Penyunting berbasis template seperti misalnya yang dikenal dengna nama Rapidweaver dan atau pun iWeb, dengan ini pemula dapat bikin situs tanpa harus jago soal kode HTML dan selainnya , dengannya si pengguna dapat memilih bentuk tampilan yang ia sukai lalu mengeditnya hingga sesuai keinginan.
  4. Lihat Software Membuat website lainnya yang sudah kami jelaskan.
Jadi jelas dapat dipahami dari uraian di atas bahwa yang dimaksud web statis adalah situs yang isinya tidak membutuhkan update dan pembaharuan sejak pertama kali dibuat, karena isinya seputar informasi tetap yang tidak berubah dan berlaku untuk jangka waktu lama. Adapun isinya tidak sebanyak jika dibandingkan dengan blog yang selalu update, bahkan setiap hari.

Contoh : paypal.com - Nah ini adalah salah satu contoh web statis yang bertema rekening online, yang mana tampilannya tetap dan sama sekali tidak ada perubahan, yang ada hanyalah informasi mengenai situsnya dan juga halamna login untuk membernya.


2. Situs Dinamis


Situs web dalam bentuk dinamis adalah situs web yg secara khusus dirancang supaya isi yang ada dalam situs tersebut bisa diperbarui kapan saja dengan simple. Sejalan dengan namanya, isi yg terdapat dalam website ini umumnya akan dilakukan perbaharuan setelah beberapa waktu berlalu, tergantung keinginan dari pemiliknya, kapan saja ia ingin mengupdate artikel atau infonya bisa ia lakukan sesukanya, terkadang ada yang sekali sehari atau mungkin pulukhan kali sehari melakukan update, seperti pada situs berita yang sering kita lihat. Dan cara membuat blog juga hampir sama konsepnya yang juga dinamis.

web dinamis dan statis

Berbeda dengan web statis, pengelolaan web dinamis lazimnya butuh sebuah infrastruktur yang lebih rumit dibandingkan situs statis yang sederhana. Hal ini sebab di website dinamis halaman webnya umumnya dibikin saat ada visitor yang mengunjunginya. lain halnya dengan yang berbentuk statis yang mana umunya sudah dibentuk sedemikian rupa halaman-halamannya sebelum diupload pada server web sehingga begitu online hasilnya sudah bisa dilihat dan sudah lengkap secara utuh tanpa harus ada lagi pembaharuan.

Secara umum, web dinamis dilengkapi berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, HTML, Javascript, ASP dan lainnya, dan juga sistem manajemen basis data seperti MySQL. Jika yang dibuat berdasarkan bantuan aplikasi CMS maka pengelolaannya jauh lebih simple karena kita tinggal pakai tanpa harus merancang sendiri, terutama templatenya yang banyak disediakan secara gratis.

Contoh : detik.com adalah salah satu situs berita yang bentuknya dinamis yang mana isinya berisi sekumpulan berkas berita yang selalu mengalami update setiap waktu dan berubah-ubah dari hari ke hari, tergantung kebutuhan penggunanya dalam hal berita yang ingin ia baca, itulah sebabnya dinamakan dinamis karena ia tidak tetap dan selalu mengalami perubahan kapan saja ada berita menarik yang ingin disampaikan.

Domain - Ini juga bagian penting dari sebuah web, yang mana darinya kita bisa tahu apa alamat dari web yang kita buat. Selain itu hosting juga merupakan bagian penting dalam pembuatan situs yang mana darinya file-file dari situs yang kita buat dimuat dan akhirnya bis adikunjungi oleh siapa saja di belahan dunia ini.

Jadi lengkap sudah pembahasan Website Statis dan Dinamis, Contoh, Pengertian dan Perbedaannya.  ini silahkan berkomentar atau sharing juga di facebook dan Twitter yang kamu punya biar banyak friend kamu yang tahu dan kalau bisa sering2lah ke sini mengunjungi artikel terbarunya, biar makin banyak visitornya brow......saya juga menyediakan pelatihan membuat website dengna wordpress maupun blogger, siapa tau ada yang tertarik silahkan hubungi saya lewat kontak. di atas.

Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top