Cara Membuat Situs Website Gratis 100% Untuk Pemula+

Cara Membuat Situs Website Gratis 100% Untuk Pemula sebenarnya sudah saya share sebelumnya, hanya saja penjelasannya agak rumit karena saya tujukan untuk yang sudah expert alias ahli. Nah, pada artikel kali ini cara membuat situs website gratis 100% untuk pemula disajikan lebih singkat agar mudah dipahami untuk semua calon blogger yang baru mau belajar cara membuat situs website.

Buat anda yang masih baru mungkin berpikir kalau membuat situs website memerlukan biaya besar hingga jutaan rupiah, padahal situs website bisa dibuat tanpa biaya sama sekali, baik itu hosting (penyimpanan file web) maupun domain (alamat situs website). Dan bahkan situs website dengan pembuatan gratis banyak mengungguli situs berbayar yang lebih mahal. Sebut saja contohnya situs salah seorang blogger terkenal yang ahli SEO yaitu www.inabuy.com Dari segi tampilan mungkin banyak orang berpikir kalau situs ini dibuat dengan biaya mahal karena tanpilannya yang begitu bagus. Padahal untuk membuat situs tersebut ternyata gratis dan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Syarat utama ketika kita inign bikin atau membuat sebuah situs website maka ada 3 komponen yang harus dipenuhi, yaitu hosting tempat menyimpan file situs, domain atau alamat situs untuk diakses orang seperti contoh alamat situs di atas, CMS-nya atau kepanjangannya ‘Content Management Sistem’ untuk menata dan mengatur isi dan tampilan situs website anda, serta yang keempat adalah template atau tampilan atau kulit dari situs anda pada saat orang membukanya, misalnya tampilan template 3 kolom, 2 kolom, atau bahkan ada yang 1 kolom saja. Dari keempat komponen situs website di atas lah yang akan kita bahasa satu per satu bagaimana cara memperolehnya tanpa harus membayar sama sekali.
Cara Membuat Situs Website keren menarik
Cara Membuat Situs Website

Cara Membuat Situs Website Gratis 100% Untuk Pemula+

Cara Pertama, mendapatkan hosting gratis untuk situs anda. Seperti contoh situs www.inabuy.com yang tampilannya bagus dan pengunjungnya ribuan per hari ternyata tidak menggunakan hosting berbayar, tapi hosting gratis dari blogspot. Ya, hanya dengan menggunakan blogspot atau blogger kamu sudah bisa membuat situs website dengan tampilan seperti itu. Caranya cukup buat blog di blogspot seperti biasanya dengan cara-cara pada umumnya, atau kalau belum tau baca ratikel ini : ‘Cara Membuat Blog Blogger’ Jangan bingung dulu kenapa tampilan www.inabuy.com bisa tampak sangat profesional, bagaimana cara membuatnya? Untuk itu tidak usah khawatir karena akan dibahas lagi di bawa.

Cara kedua, mendapatkan domain dot com yang gratis. Sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya teknik mendapatkan domain dot com tanpa harus keluar biaya sendiri, yaitu setelah kamu membuat blog seperti pada cara pertama di atas selanjutnya optimasi blogmu dengan mengisi artikel-artikel yang banyak di cari orang agar pengunjungnya bisa ribuan per hari. Jika telah banyak pengunjungnya maka tinggal kamu pasangi iklan seperti iklan dari IdblogNetwork dot com yang membayar kamu Rp.1000 per klik, AdsenseCamp dot com yang membayar Rp.300 per klik dan juga PopAds dot net yang rata-rata penghasilannya antara 1000 hingga 3000 per harinya. Dalam waktu setahun pasti akan terkumpul biaya untuk membeli domain yang harganya tidak lebih dari 100ribu. Nah, dari situlah kamu bisa membeli domain tanpa mengeluarkan biaya sendiri atau dengan kata lain situs dot com mu nanti gratis. Dari dua cara ini sebenarnya kamu sudah tau cara membuat situs website gratis, hanya saja cara pengaturannya belum dijelaskan bagaimana agar tampilannya seperti www.inabuy.com

Cara ketiga dan keempat. Memperoleh CMS dan dan Template gratis untuk mengatur tampilan situs websitemu. Khusus untuk CMS, sebenarnya jika kita sudah membuat blog di blogspot atau blogger berarti kita sudah mempunyai CMS, jadi tidak perlu lagi di jelaskan. Jadi tinggal pengaturan tampilannya saja dengan mengganti template bawaan dari blogspot agar blogmu bisa berubah jadi situs profesioan seperti www.inabuy.com di atas. Untuk mendapatkan template tersebut secara gratis tidak perlu repot karena sudah banyak sekali situs yang menyediakannya untuk di download langsung tanpa bayar sama sekali. Berikut adalah daftar situs penyedia template gratis yang terpercaya :
  1. www.mastemplate.com
  2. www.zoomtemplate.com
  3. www.borneotemplate.com
  4. www.btemplates.com
  5. www.template4u.com
Sebenarnya masih banyak lagi website yang menyediakan template-template gratis, tapi ke lima situs tersebutlah yang umumnya banyak digunakan para blogger untuk mendownload template kesukaannya. Setelah di download tentu harus dimasukkan dalam situs blogmu, nah untuk caranya sudah banyak sekali di bahas oleh blog-blog lokal, jadi untuk caranya silahkan saja kamu ketik di google ‘Cara Mengganti Template Blogspot’ usahakan cari tutorial terbaru yang ditulis tahun ini atau bulan ini agar sesuai dengan cara terbaru di blogspot.

Cara Kelima - Membuat Logo Online . Ini penting sekali dilakukan karena dengan memiliki logo di header blogmu maka kamu akan bisa menampilkan brandmu. Kebetulan ada layanan yang bagus untuk itu, yakni Logaster yang gratis dan bisa pilih berbagai aneka design tanpa harus buat sendiri. Selain itu kamu juga bisa buat kartu nama, amplop dengan logo, kop surat dan lainnya.

Logaster punya banyak kelebihan seperti bisa menambahkan slogan dalam logomu, pilih puluhan design icon, buat favicon dan lain sebagainya.
Sampai di sini anda sudah paham cara membuat situs website dengan mudah tanpa bantuan orang lain. Hanya saja persoalan selanjutnya yang harus dipecahkan adalah bagaimana cara membuat situs websitemu masuk halaman pertama atau bahkan ranking 1 di google, sebab jika sebuah situs bisa menduduki halaman pertama mesin pencari maka pengunjung ribuan per hari sangat mudah didapatkan. Untuk itu saya sarankan membeli ebook SEO (Search engine optimization = optimasi mesin pencari) yang dibuat dan dijual oleh www.inabuy.com . Disamping ebook tersebut terbukti manfaatnya, juga telah banyak di gunakan blogger Indonesia saat ini.

Cara Membuat Situs Website Sendiri dengan CMS

Setelah saya jelaskan cara mudah di atas, selanjutnya saya akan jelaskan juga cara membuat situs website dengan menggunakan CMS gratis tapi hosting dan domainnya berbayar. Tapi khusus pada pembahasan ini saya hanya akan menjelaskan berbagai situs penyedia CMS gratis yang sering digunakan tanpa menjelaskan teknik pembuatannya karena saya rasa semua tekniknya sudah di bahas di banyak blog dan tinggal di cari kata kuncinya di Google.com. Nah, berikut adalah CMS yang saya maksud.

CMS Joomla. Situs ini menyediakan CMS gratis yang bisa di download langsung tanpa bayar sama sekali. Dari segi tampilan saya rasa lumayan baik karena CMS ini dinamai juga dengan ‘CMS sejuta ummat’ karena begitu terkenalnya dan banyaknya orang yang menggunakannya. Adapun tutorial penggunaannya jika kita ingin belajar membuat situs website dari CMS ini biasanya sudah dijalaskan cara-cara dasarnya di situsnya atau dalam file yang kita download. Hanya saja perlu juga diketahui bahwa mengguanak CMS ini tidak mudah karena harus upload dan download filenya ke hosting berbayar atau gratis yang prosesnya juga bisa dibilang tidak mudah bagi seorang pemula. Itulah sebabnya saya menyarankan menggunakan blogger saja.

CMS OsCommerse. Website ini sangat terkenal dalam dunia toko online. Setiap orang yang ingin membuat toko online tapi dengan hosting berbayar menggunakan CMS ini. Selain karena gratis, CMS ini juga tampilannya sangat bagus dan bahkan mengalahkan jasa buat toko online berbayar. Itulah sebabnya jika anda menggunakan CMS ini dijamin puas. Karena manajemen pengaturan situsnya cukup lengkap, mulai dari form pembelian, form pendaftaran member untuk pembeli, pengaturan produk dan lain sebagainya. Tapi saya juga punya saran untuk ini, sebaiknya kalau mau yang toko online gratis hostingnya bisa juga menggunakan blogspot yang dirubah jadi dot com dan tampilannya dibuat seperti toko online. Untuk itu saya sarankan menggunakan jasa dari www.tokoonline.inabuy.com yang biaya buatnya sangat murah.

CMS lainnya seperti, Drupal, Wordpress dan lain sebagainya. Saya rasa tidak perlu lagi menjelaskan keunggulannya. Yang jelas penggunaan dan tampilannya kurang lebih sama dengan yang lainnya. Tinggal baca saja di blog blog lain soal pengguanan dan teknik pemakaiannnya.

Demikianlah cara membuat situs website gratis 100% untuk pemula di atas. Terus belajar dan belajar saja agar keahlian anda soal cara pembuatan website semakin bertambah tiap harinya. Intinya, segala fasilitas di atas gratis untuk kita gunakan tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Namun begitu, jika Anda memiliki cukup budget untuk menyewa jasa pembuatan website profesional, Anda dapat meminta jasa dari Niagaweb yang biayanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda akan mendapatkan sebuah website yang profesional, mobile friendly, berorientasi penjualan, dan termasuk layanan pengelolaan dan hosting. Jadi tak perlu repot membuat dan mengelola website Anda sendiri.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Di Blogger Keren dan Menarik 
  2. Cara Membuat Blog Blogspot Sendiri Tapi Bagus 
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan
  4. Cara Membuat Blog Masuk Halaman Pertama Google
  5. Cara Membuat Website Free Sendiri tapi Dot Com
  6. Cara Membuat Website Gratis 100%
  7. Cara Membuat Website Online Sendiri Tanpa Guru
  8. Cara Membuat Facebook Baru
  9. Cara Pakai Jilbab Pashmina
  10. Cara Download Video dari Youtube
Facebook Twitter Google+

11 komentar

Gan, situs adsensecamp itu aman gak untuk diikuti?

masalah aman sih iya, hanya saja dari segi pendapatan dibanding dengan google jauh sekali,,,,

Luar biasa gan,ulasannya sangat detail sekali dan bermanfaat.

gan, membuat situs itu harus membayar pakai kartu kredit ya

gan, yg bayar 75rb itu sdh tinggal pakai, dan utk wtk berapa lama ?
atau perlu perpanjangan lg ?

tq

untuk saat ini harga website segitu sudah tidak berlaku lagi.... adanya minimal 600ribu sekali bayar saja , sudah termasuk domain dot com, tinggal bayar perpanjangan 150ribu aja per tahun

membuat situs web gratis mudah anda dapat mencobanya menggunakan situs layanan weebly. selain memiliki fitur dan aplikasi berkualitas penggunaannya juga mudah. selain itu subdomainnya juga search engin friendly dan addon domain juga boleh. dilengkpai dengan fitur webstore dan mobile view yang baik dan fitur media berbagi pada beberapa situs jejaring social.... untuk tutorial berbahasa Indonesia anda dapat mengunjungi situs
http://webguidances.weebly.com/
contoh situs yang berhasil saya buat http://englishfansclub.weebly.com/
silahkan mencoba semoga sukses selalu

saya pake quick cms open solution kesuliran nyari theme,, mau buat sendiri tapi ndak bisa.. :D

nice info gan. tapi itu yg nambah iklan adsense camp gimana caranya?

lebih baik buat website untuk dipasangi adsense gan lebih banyak hasilnya, caranya daftar pakai jasa saja, Caramaster juga menerima jasa pendaftaran adsense

Kalau saya sih biasanya membuat situs dengan hosting gratis dari webhosting.web.id atau di runhostings dan sentorahost.com, disana juga disediakan subdomain, cukup lumayan dapat 1 GB dengan Bandwidth 100GB. Fitur lengkap dan terbaik dikelasnya.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top