Teknik Promosi Blog dan Toko Online Gratis Agar Pengunjungnya Banyak

Punya blog atau toko online memang enak apalagi kita bisa jualan apa saja tanpa harus bayar biaya sewa ruko atau kios, tapi sayang karena yang namanya blog juga tidak akan bekerja dengan baik kalau tidak dipromosikan, makanya di kesempatan kali ini Master mau sharing soal Teknik Promosi Blog dan Toko Online Gratis Agar Pengunjungnya Banyak yang mana didasarkan atas pengalaman sendiri dan terbukti kunjungan visitor dan blog toko online saya semakin ramai pengunjungnya.

Sebenarnya tidak ada hal yang istimewa dalam tutorial ini hanya saja butuh kerja keras agar dapat tercapai, layaknya bisnis offline dalam dunia nyata dimana seorang pemilik bisnis harus mondar mandir ke sana kemari menyebar brosur agar usahanya dikenal banyak orang, maka demikian pula dalam membangun blog dan toko online dimana kita juga harus melakukan berbagai trik promosi agar blog kita dikunjungo banyak orang, hanya saja bedanya di sini kita hanya duduk di depan komputer dan biarkan jari kita, atas perantaraan mouse dan kursornya, menjelajar berbagai situs untuk melakukan ‘buzz’ info soal usaha yang sedang kita geluti.

Berikut ini beberapa teknik promosi blog dan toko online dengan trik yang pernah saya lakukan yang sebagian besarnya berhasil mengangkat ranking blog saya di mesin pencari dan berbagai mesi social.

Baca dulu : Cara Bisnis Online dengan Toko Online Gratis dan Produk Orang Lain (Dropship)

Promosi dengan Teknik SEO


Mengenai info lengkap soal ini sudah dibahas di Cara Membuat Website Masuk Halaman 1 Google! namun sebagai pendahuluan saya terangkan sedikit di sini. Ini adalah teknik promosi toko online yang bisa dibilang gratis 100% asal kita mau mengerjakannya sendiri. Syaratnya ada 2, yaitu melakukan optimasi pada template dan artikel blog dan juga optimasi pada backlink (tautan yang mengarah ke websitemu). Sebelum menjelaskan keduanya sedikit saya mau berbicara bahwa yang dimaksud dengan SEO sendiri adalah optimasi mesin pencari bagaimana agar google dan sejenisnya mengindeks dengna baik blog kita atau bahkan memberinya kedudukan di halaman pertama sedang kepanjangan dari SEO sendiri adalah .Search Engine Optimization yang maksudnya kurang lebih sama dari yang dijelaskan.
cara promosi blog

Optimasi pada template berarti kita mengedit template yang digunakan agar mudah terindeks, di antaranya adalah dengan jalan memberikan title tag (judul pada header blog yang sesuai dengan tema toko onlinenya), mengatur deskripsi (keterangan dari judul di atas) dan juga memilih model template yang simple dan ringan agar loadingnya mudah saat dibuka yang tentunya sangat berpengaruh sekali dengan jumlah kunjungannya setuap hari. Sebenarnya ada banyak sekali soal pengaturan template ini agar promosi blog anda berjalan dengan baik tapi dengan beberapa di atas saya rasa sudah cukup.

Adapun soal artikelnya, atau produk dalam hal penglolaan toko online, sudah dijelaskan di sini : Cara Menulis Artikel di Blogspot / Blogger (tapi ini juga diperuntukkan untuk toko online) disarankan melakukan update tiap hari atau paling tidak sekali seminggu karena dengan demikian ia akan sering dirayapi oleh google yang tentunya pengaruh juga pada posisinya di mesin pencari. Selain itu, perhatikan peberian judulnya, usahakan yang dicari banyak orang, atau kalau gampang lihat alternative pencarian di google biasanya ada dibagian bawah. Selain itu, jumlah kata kunci yang diulang dalam blognya usahakan minimal 3 kali dan jangan sampai berlebihan.

Terakhir, optimasi backlink, yang dimaksud di sini adalah kamu menanamkan link dari blogmu di blog atau website orang lain, ada pun caranya bisa dengan berbagai cara dan sudah dijelaskan juga di artikel sebelumnya,  seperti lewat komentar, jadi member di forum, dan lain sebagainya yang penting link halaman utama toko onlinemu dipromosikan di website orang lain. Fungsinya adalah agar semakin banyak jumlah backlink blogmu dan jika sudah demikian google akan meranking posisinya di mesin pencari.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top