Apa itu Domain (Pengertian Domain Website/Blog)

Sekarang belajar Apa itu Domain (Pengertian Domain Website/Blog) - Secara garis besar website atau blog dibentuk oleh beberapa komponen, yaitu domain itu sendiri, hosting dan template atau theme untuk CMS wordpress. Dan pada kesempatan ini kita akan bahas khusus mengenai pengertian domain secara lengkap, dan baru pada artikel selanjutnya akan diterangkan semua bagian lain dari situs yang disebutkan di atas. Anda sebagai pemula mungkin kurang paham apa sih itu dan bagaimana cara memperolehnya dan seberapa besar peranannya dalam dunia internet yang sudah semakin berkembang sekarang ini.

Dikatakan domain karena ia adalah alamat khusus atau spesifik dari sebuah web yang mana penggunaannya hanya dimiliki oleh satu orang untuk tiap nama uniknya, misalnya saja  domain.com atau yang lainnya. Nah, dari susunan huruf atau angka yang tertulis tersebut tidak ada yang bisa memakainya lagi kecuali dengan ekstensi yang lain atau ditambahi huruf pada awal atau akhirnya, misalnya saja domain.net atau yang pakai .org atau bisa juga yang terakhirnya .web.id , nah kalau seperti itu masih bisa kita lakukan asalkan belum dipesan orang sama sekali, tapi bila sudah maka solusinya adalah dengan jalan memberi tambahan huruf atau angka di dalamnya misalnya edomain.com atau selainnya yang peting tidak ada samanya dan belum dibeli siapa pun

Apa itu Doman?


Pertanyaan ini pasti banyak ditanyakan oleh yang masih newbie atau pemula, apa sih domain itu? atau bagaimana sih caranya membuat atau membeli nama domain? dan lain sebagainya. tapi yang jelas, pengertian domain menurut Wikipedia. Domain name adalah nama unik yang dikasi sebagai jalan identifikasi nama dari server sebuah komputer misalnya web atau email server pada jaringan komputer atau di internet. Nama domain berguna untuk memudahkan pemakai internet ketika melakukan koneksi ke server, selain itu juga digunakan untuk mengingat nama dari server yang pernah dikunjungi tanpa perlu mengenal deretan dari angka yang sulit yang dikenal pulan dengan alamat IP. (dulunya bukan huruf yang digunakan tapi angka dan titik) Nama domain ini pula menjadi kesatuan dari pembangunan sebuah situs, contohnya "caramaster.com". Ini kadang juga dinamakan dengan URL, atau alamat dari blog.

Jadi, kesimpulannya adalah, nama domain merupakan alamat dari website itu sendiri yang dengannya orang mengetikkan di browser untuk membukanya, apakah itu dengan ekstensi .com, .net, .org, .web.id, .co.id, .info, .asia, dan lainnya yang jumlahnya bisa mencapai puluhan sebab sekarang hampir tiap bulan diciptakan ekstensi domain baru, misalnya .me, .gratis, .xyz, .law dan lain sebagainya.

Dimana tempat beli domain?


apa itu domain dan jenisnya
Nah ini penting sekali diketahui bagi yang mau buat website .com sendiri karena proses awalnya harus beli domain dulu. Tapi harus anda ketahui bahwa domain itu tidak bayar sekali tapi tiap tahun harus bayar yang nilainya kurang lebih 10 dollar saja atau kalau di indonesia banyak yang dikisaran 95ribu untuk yang mau menggunakan alamat dot com, tapi bila memilih yang spesifik untuk blog Indonesia bisa memilih yang .id, seperti membuat website .web.id, .co.id (untuk perusahaan), .or.id dan lain sebagainya. Adapun situs yang menyediakan pembelian tersebut adalah :
  1. Rumahweb.com
  2. Idwebhost.com
  3. Qwords.com
  4. Jagoanhosting.com
  5. rumahhosting.com
  6. pandanaran.com
  7. jogjahost.com
  8. Cek harganya Disini 
  9. Tempat lain untuk beli domain

dan masih banyak lagi lainnya yang bisa kamu tempati untuk beli domain, tapi Master sendiri seringnya beli di RumahWeb karena selain murah, kita juga bisa minta bantuan dari operatornya untuk disetting ke blogspot, jadi sekalipun blog kita pakai blogspot bisa dirubah jadi .com dengan bantuan adminnya, keren kan? Kalau di tempat lain biasanya dimintai biaya tambahan.

Tips Beli Domain


  • Usahkana pilih yang alamatnya .com dulu , kalau tidak ada baru beralih ke .net dan selainnya karena ini jauh lebih mudah dihafal oleh orang banyak karena lebih terkenal. selain itu kamu juga bisa mencari alternatif jika seandainya nama yang akan kamu beli sudah diambil orang lain, yakni dengan menambahkan hruf atau angka di depan dan dibelakangnya, seperti tambahkan huruf 'e' , i', indo, atau angka 123, 100 dan lain sebagainya.
  • Usahakan beli sekalian domain guardnya, maksnya di sini adalah saat beli pastikan juga centang layanan untuk menyembunyikan data pribadi agar tidak mudah dikenali bahwa anda adalah pemilik dari domain tersebut, karena biasanya orang melakukan serangan pada kita dengan mengetahui lewat situs Whois siapa pemiliknya, mulai dari emailnya hingga alamatnya.
  • Pilihlah yang ada hubungannya dengan tema blog atau websitemu, misalnya mau buat tentang tutorial cara memakai jilbab, maka usahkan ada kata itu di dalamnya, seperti panduanjilbab.net dan lain sebagainya, ini fungsinya agar mudah terindeks oleh google dan mudah ranking 1 di google.
  • Berikutnya ketahui cara merubah blogspot jadi .com sebagai pengetahuan lanjutan soal ini.

Itulah keterangna singkat soal Apa itu Domain (Pengertian Domain Website/Blog) semoga bisa jadi inspirasi, selanjutnya belajar cara membuat blog .com sendiri dari hasil memahami defenisi dari apa yang anda baca sekarang ini. Dan jagangn lupa belajar tips memilih domain yang bagus yang sudah kami tulis sebelumnya.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top