Batu Akik Kecubung Kalimantan, Combong, Wulung, Tanduk dan Lainnya

Batu Akik Kecubung Kalimantan, Combong, Wulung, Tanduk dan Lainnya masuk dari deretan batu cincin tterpopuler yang ada di di Indonesia. Kecubung Ungu adalah salah satu yang juga banyak diincar para kolektor Gemstone. Keindahan warna ungunya memberi kesan mewah pada pemakainya. Selain itu batu kecubung juga punya banyak cerita mengapa ia sampai begitu disenangi banyak orang. Di antara yang diketahui adalah bahwa batu ini dulunya sering dipakai raja dan keluarga kerajaan umumnya sebagai perhiasan dan juga katanya menambah kewibawaan seseorang.

Nama lain Batu Kecubung


Ternyata bukan di Indonesia saja ada batu kecubung, ternyata di luar negeri batu ini juga banyak dicari dan dijadikan sebagai perhiasan atau pun sebagai batu cincin. Mereka menyebutnya Amethyst atau kalau orang Yunani menyebutnya Amethystos, yang umumnya memiliki warna ungu berkilau dan tampak bercahaya jika terkena sinar. Kecantikan kecubung ini bisa dibilang kegemaran banyak kalangan, mulai muda hingga tua, kecuali di Indonesia, batu akik mulai terdengar gaungnya sejak tahun 2014 hingga sekarang. Kalau dulu orang bahkan malu kalau menggunakan cincin dengan batu mulia sebagai hiasannya karena tidak mau dikatakan mbah dukun atau apalah, tapi sekarang tidak lagi, bahkan anak-anak pun mulai menggemari batu permata ini.

Baca dulu : Batu Akik Termahal

MItos Khasiat Batu Kecubung


Caramaster sendiri tidak terlalu percaya dengan yang namanya khasiat batu karena sama sekali tidak bisa dinalar dengan akal sehat kalau batu bisa menyebabkan keberuntungan atau kesuksesan, karena semua tergantugn dari usaha kita, karena tidak ada orang yang kerjanya tiduran saja kemudian bisa kaya raya, kecuali mungkin kalau punya tuyul ha ha ha....! Tapi walau demikian saya juga mau mengungkapkan beberapa pemaparan media soal ini. Dikatakan bahwa batu kecubung ini punya khasiat dalam :
  1. Mencegah Mabuk - Dalam sejarah ditemukan banyak orang dulu membuat gelas untuk minum-minum yang terbuat dari bahan batu akik kecubung ini karena mereka percaya bahwa dengan menggunakan gelas yang terbuat dari batu mulia kecubung maka rasa mabuk mereka saat minun akan berkurang.
  2. Membawa Keberuntungan - Banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah batu kelahiran februari sehingga orang yang lahir di bulan februari dianggap cocok menggunakan ini karena zodiaknya yang sama. Dengan menggunakan batu cincin ini, katanya bisa menambah kewibawaan dan kecantikan.
Kalau saya sih gak percaya, malah warna ungu kalau di Indonesia dikatakan 'warna janda' ya..warna yang sering digunakan wanita yang sudah tidak bersuami lagi he he...maaf,,,,ini juga saya ketahui dari salah satu sumber.

Skala Mohs.


Tahukah apa itu skala mohs batu akik? Pasti belum kan? Nah, skala Mohs adalah skala yang digunakan untuk menghitung tingkat kekerasan dari suatu batu. Adapun cara pengujiannya adalah dengan cara menggoreskan batu alam lain pada batu yang dites kekerasannya, kalau ia tidak tergores maka tinggkat kekerasannya dianggap lebih kuat dan dari situ ia diberi angka sesuai dengan batu terakhir yang terkuat yang diujikan dengannya. Misalnya saja, diuji dengan batu bacan dan ternyata tidak tergores maka itu artinya skala Mohs yang dimilikinya lebih tinggi, kalau batu bacan 7 skala Mohs. berarti kecubung 8 skala Mohs dan seterusnya. Hanya saja diketahui bahwa kecubung memiliki kekerasan 7 Skala Mohs.

Macam-Macam Jenis Batu Akik Kecubung

Di pasaran banyak sekali panamaan dan jenis untuk batu cincin kecubung ini, dan mungkin ada dari anda yang belum paham mengenai ini jadi saya sebutkan saja satu per satu jenisnya:
Kecubung rambut - Dikatakan demikian karena kecubung ini memiliki serat seperti rambut di dalamnya.
  • Batu Kecubung Wulung - Kecubung wulung memiliki banyak warna dan ada juga yang paduan antara hitam dan kuning dan variasi warna lainnya. Ini tergolong langka dan banyak dicari. Selain karena dianggap sakti dan bertuah.
  • Akik Kecubung Tea - Dikatakan Tea karena waranya yang coklat seperti cairan teh
  • Batu Mulia Kecubung Air - Sesuai dengan warnanya juga yang seperti air dan bening sehingga dinamakan akik kecubung air.
  • Batu Cincin Kecubung Combong - Dikatakan combong karena batu ini memiliki lubang di tengahnya dan jarang ada kecuali hanya kebetulan saja dan terjadi secara alami. Dan lagi-lagi ini banyak diburu karena katanya bertuah dan apalah...yang sama sekali tidak masuk akal.
  • Gemstone Kecubung Kalimantan - Dikatakan batu kalimantan karena memang asal penambangannya dari pulau Kalimantan. Dan ini sebenarnya mewakili semua jenis dari batu kecubung yang ada karena umumnya berasal dari kalimantan.
  • Kecubung Sulaiman - Sudah pernah dibahas, silahkan baca. Ini juga sebenarnya beragam sekali, mulai dari Junjung Drajat, Hitam, Susu, Kuning, Daud dan lain sebagainya.
  • Kecubung Tanduk - Warna khasnya juga hitam pekat dan langka di pasaran. Tapi juga banyak pemalsuan untuk jenis ini. Untuk itu Baca juga : Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu
  • Kecubung Asihan - Kalau ini bukan jenis sebenarnya hanya saja karena banyak orang mencari ini karena tujuan untuk perbuatan syirik, yaitu pengasihan. Semua jenis kecubung bisa dijadikan demikian, mungkin batu kali biasa juga bisa dijadikan batu pengasihan he he.

Gambar :

 Wulung Hitam
akik wulung hitam
Batu Akik Wulung dengan warna hitam pekat dan langka.



Kecubung Kalimantan Ungu
batu akik kecubung kalimantan ungu
Batu cincin kecubung ungu dengan khasnya yang berkilau dengan serat alami yang tampak jelas di dalamnya.
Batu akik di atas adalah yang paling terkenal di Indonesia selain Bacan dan Mustika Merah Delima yang sudah pernah di bahas. Hanya untuk orang luar negeri mereka menyenangi ini karena warnanya yang berkilau dan layak dijadikan sebagai hiasan permata untuk acara pesta dan selainnya.

Harga Batu Kecubung

Wow....di salah satu media online, yaitu Tempo.co menyebutkan bahwa salah satu batu cincin kecubung ditawar hingga seharga 2 mobil Pajero Sport yang mahal itu, bayangkan....kalau saya mending beli rumah aja he he. Tapi sekalipun demikian, untuk yang termurah juga ada yang harganya dikisaran 200ribu rupiah saja atau mungkin ada yang lebih murah lagi dengan kualitas asalan.

Terima kasih sudah menyimak tulisan Caramster soal Batu Akik Kecubung Kalimantan, Combong, Wulung, Tanduk dan Lainnya. Lanjutkan baca :
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

Bagus sekali artikelnya, saya juga pernah mendengar tentang
sarana pengasihan,
cara meningkatkan daya tarik
pengasihan
, pelet &
sarana pemikat ini disitus lain.
Dan memang ternyata batu kecubung
memiliki banyak manfaat,
khasiat batu kecubung
antara lain untuk perlindungan, kewibawaan dan
pengasihan. Dan juga sudah banyak

kesaksian orang tentang batu kecubung
. Dan memang
batu kecubung asihan memang
sangat bermanfaat sekali

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top