Artikel Bulan Ramadhan (Pengertian, Hikmah, Keistimewaan dan lainnya)

Kurang dari sebulan kita sudah akan memasuki bulan ramadhan atau bulan puasa, artikel bulan ramadhan ini bisa anda jadikan sebagai rujukan untuk menambah ilmu pengetahun sekaligus menggali lebih dalam keutamaannya serta agar kita semua bisa beribadah dengan semakisimal mungkin di bulan yang penuh berkah ini. Pada dasarnya ada banyak sekali ilmu yang perlu kita ketahui menyangkut ini agar segala bentuk ibadah yang dilakukan di dalamnya bernilai pahala dan mendapatkan ganjaran ampunan dari Allah swt. itulah sebabnya mengapa kia harus selalu mengasah keilmuan kita setiap kali moment ini datang, selain untuk menambah juga untuk mengulang kembali apa yang pernah kita pelajari. Untuk kaum hawa mungkin lebih banyak mencari soal cara memakai jilbab, tapi untuk kalangan umum mereka cenderung mencari pengetahuan soal bagaimana menjalankan puasa dan hal yang berkaitan dengannya.

Pada kenyataanya bukan hanya ajaran Islam yang selalu dipraktekkan masyarakat kita saat bulan ramadhan tiba, melainkan terkadang juga banyak bercampur budaya-budaya yang sudah sejak turun temurun dilakukan. Islam pada dasarnya tidak melarang selama itu tidak bertentangan dengan ajaran pokok yang dibawa oleh Nabi kita Muhammad saw., namun bila seandainya memang berseberangan dengan apa yang dikehendaki oleh Allah swt. maka seyogyanya untuk segera ditinggalkan, secara bertahap atau pun sedikit demi sedikit agar tatanan kehidupan dalam masyarakat bisa tetap terjaga dengan baik.

Ragam Artikel Bulan Ramadhan

berbagai artikel bulan puasa

Berikut adalah berbagai artikel soal bulan puasa yang bisa anda baca sebagai pelajaran tambahan dari literatur lain yang telah anda baca sebelumnya. Ini bisa dijadikan perbandingan dari apa yang telah anda ketahui, mengenai benar dan salahnya bisa dibuktikan langsung lewat buku, jika memang sesuai silahkan dijadikan pedomana tapi jika tidak maka silahkan dihindari, walau demikian, Caramaster sebenarnya telah berusaha semaksimal mungkin agar semua yang kami tulis bernilai keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

1.  Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Besar 

(silahkan klik untuk membaca)

Artikel di atas bisa anda baca dengan mengunjungi langsung link-nya dan disana anda akan dapat membaca ulasan lengkapnya. Di antaranya yang dijelaskan adalah ibadah apa saja yang bisa dilakukan dilakukan di bulan yang penuh berkah tersebut yang bernilai pahala yang besar di sisi Allah. Semoga dengan menjalankannya maka berkah dan maghfirah di bulan tersebut dapat kita raih dengan baik.

2.  Materi Kultum Ramadhan


Artikel bulan ramadhan ini kami sediakan buat para penceramah yang mungkin butuh artikel untuk persiapan kultum memasuki bulan puasa. Ada banyak judul menarik dan baru yang disediakan di sana yang mungkin materinya sesuai yang anda inginkan. Dan tips agar giliran kultum anda sukses sebaiknya hafalkan saja poin pentingnya sedang isinya cukup di baca dan dipahami kemudian bahasan sendiri dengan bahasa yang anda tangkap dari hasil anda membaca materi yang ada dijamin tidak akan lupa dan bisa bicara panjang lebar tanpa melihat teks.

3.  Malam Lailatul Qadar/Qadr. Tanda-Tanda dan Cara Mendapatkannya


artikel lailatul qadr
Siapa yang tak kenal dengan malam yang dikenal dengan malam 1000 seribu bulan ini, ya dialah malam Lailatul Qadar yang banyak dibicarakan setiap kali bulan ramadhan tiba. Keistimewaannya adalah karrena ibadah seorang hamba dimalam terseut dinilai seperti ia beribada selama 1000 bulan penuh atau kurang lebih 80 tahun lamanya. Dan untuk mendapatkannya tentu semua harus tahu dengan pasti apa ciri-ciri atau tanda-tandanya, nah dalam artikel yang akan anda kujungi di atas berisi ulasan lengkap soal tanda dan cara mendapatkan bulan ramadhan. Saya kira ini salah satu artikel bulan ramadhan yang sangat banyak dicari karena manfaatnya yang sangat besar.

4.  Bacaan Setelah Salat Tarwih dan Witir Bilal

Saya pribadi ketika menulis artikel bulan puasa ini ditujukan untuk keperluan sendiri agar tiap tahun saya bisa menggunakannya, ya apalagi kalau bukan untuk dihafalkan dan digunakan saat mendapat giliran mengiringi salat tarwih di masjid dekat rumah saya. Ini adalah ungkapan berupa zikir, doa dan juga pujian yang mana akan menambah semangat ibadah para jamaah yang mungkin ada yang sudah mengantuk karena kekenyangan habis 'balas dendam' melahap begitu banyak makanan karena seharian telah kelaparan dan kehausan. Bilal adalah orang dibalik ini yang mana beliau yang pertama kali malntunkan kalimat ini di masanya, masa Nabi Muhammad saw.

5.  Pandaun Salat Tahajud Lengkap


Selain salat tarwih, anda juga harus paham dengan baik bagaimana menjalankan salat tahajjud sesuai sunnah dan bagaimana bacaan yang baik untuk itu serta apa saja sunnah yang sangat dianjurkan di dalamnya, misalnya waktu melaksanakannya, bacaan doaanya, surah-surah yang biasa dibaca oleh Rasulullah saw. serta berapa jumlah rakaat yang paling afdal untuk melaksanakan salam malam di bulan ramadan ini.

6.  Cara Mengganti Puasa Ramadhan

Kalau anda masih punya utang puasa di bulan puasa yang lalu maka baiknya baca juga artikel bulan ramadhan ini karena ini penting sekali. Mungkin ada yang masih bingung soal bagaimana yang sedang menyusui atau hamil waktu itu, apakah hanya mengganti dengan puasa saja tanpa perlu bayar fidyah atau sebaliknya atau mungkin harus melakukan keduanya, nah jawabannya semua ada di dalam, silahkan anda baca dan cermati.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top