Bagaimana Cara Mengembalikan File Kartu Memori-MicroSD yang Terhapus

Tanpa sengaja menghapus file kartu memori - MicroSD anda? Oke...berikut Cara Mengembalikan File Kartu Memori-MicroSD yang Terhapus. Cara berikut ini tidak sulit dilakukan dan 80persen file HP anda, entah itu gambar/foto atau video, akan muncul lagi dan bisa digunakan.Yang paling gak enak sebenarnya kalau video kenangan dengan keluarga, anak atau siapalah yang hilang, rasanya sangat disayangkan apalagi moment penting seperti itu tidak mungkin bisa terulang kembali.... Terkadang juga hilang atau terhapusnya file dalam handphone, smartphone atau pun HP biasa dikarenakan banyak faktor, mulai karena chip atau memory card tersebut yang rusak hingga karena akibat ketidaksengajaan karena salah tekan tombol, lebih parah lagi kalau itu trjadi karena kesalahan kita memberi anak HP sebagai mainan.

MicroSD banyak jenisnya, mulai dari yang tahan banting hingga yang kualitasnya buruk, kadang hanya dipakai beberapa bulan saja sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, tapi kalau bentuknya hadiah saat beli hp ya mau diapalagi.Hanya saja kami sarankan belilah yang bermerek, misalnya produk samsung atau HP yang sudah terbukti tahan banting. memory card umumnya banyak digunakan orang sebagai penyimpanan utama file atau data hp mereka, padahal ini tak sepenuhnya benar, sebaiknya kita selalu waspada dengan melakukan backup data pada penyimpanan lain, misalnya pada laptop atau pun lewat flashdisk yang sebelumnya dimasukkan dulu dalam komputer, ini untuk menghindari jika salah satu alternatif penyimpanannya ada yang rusak, jadi kita masih bisa mengandalkan data lainnya.  Berikut langkah-langkahnya:

Tips Cara Mengembalikan File Kartu Memori-MicroSD yang Terhapus atau Hilang


Di bawah ini adalah beberapa langkah persiapan dan juga teknik yang harus diketahui jika ingin berhasil dalam mengembalikan data handphone anda yang terlanjur terhapus secara tidak sengaja. Panduan ini kami sadur dari blog teman saya, jadi intinya Caramaster hanya penyambung lidah...siapa tau tidak ketemu dengan kata kunci biasa tapi karena pencari menggunakan alternatif frase yang berbeda malah ketemu blog ini...ya siapa tau...?

Alat yang dibutuhkan untuk recovery file memory card

Beberapa yang disebut di bawah ini hanya langkah persiapan alatnya saja dan bukan untuk langkah penyembalian datanya, saya rasa semua bisa punya alatnya, tapi kalau tidak ya pinjam saja ..selesai! tapi mungkin ada yang sama sekali tidak bisa memiliki benda kecil bernama card reader tersebut maka Caramaster juga sudah ngasih solusinya di bawah.
  1. Pertama kali siapkan dulu alat untuk melakukan backupnya, dalam hal ini komputer PC atau pun leaptop.
  2. Sediakan juga Card Reader atau pembaca file yang ada dalam micro SD, kalau tidak punya pinjam sama teman kan bisa. atau kalau misalnya gak punya teman seperti saya....bisa datang ke kios penjual pulsa atau hp biasanya mereka punya, mintalah untuk meminjam kira-kira 1-2 hari dengan menyewa ....pokoknya yang penting dapat.
  3. Download aplikasi khusus untuk melakukan recovery data dari kartu memori Disini. (pastikan klik tombol hijau sebelah kanan yang ada tulisan Download Latest Version...bentuk tombolnya agak panjang...tapi itu yang realnya gan)

Langkah dan tahap mengembalikan file kartu memory



Ini adalah proses untuk menampilkan atau mengembalikan data dalam micro SD yang terhapus...ini dilakukan setelah software atau aplikasi yang disebut di atas sudah berhasil di download dan diinstall dalam komputer pc ataupun di laptop kita, dan jika berjalan dengan normal dan tanpa kendala pastinya ia bisa digunakan .... kecuali ada trouble dengan sistem pada komputermu.

recuva recovery data hilang di hp

  1. Awali dengan memasang aplikasi Recuva yang telah kamu unduh di atas, baik pada laptop maupun pada PC.
  2. Mulailah pasang microSD kamu di alat yang bernama Card Reader tersebut agar isinya nantinya bisa terbaca oleh aplikasi.
  3. Pasang atau colokkan kabel / moncong card reader di USB CPU kamu.
  4. Tunggu beberapa saat, jika usb di CPU kamu bagus maka cardreader tersebut akan terbaca dengan baik, tapi bila tidak coba gunakan colokan yang lain.
  5. Mulailah menjalankan software Recuva tadi agar nantinya ia bisa membaca kartu memori yang sudha terhubung.
  6. Setelah terlihat di layar halaman kecil yang menandakan Recuva sudah aktif maka selanjutnya tinggal klik 'Next'
  7. Selanjutnya akan muncul halaman baru, kamu diminta memilih jenis file apa saja yang mau kamu kemblaikan lagi, apakah itu gambar, musik atau mungkin data dalam bentuk dokumen ketikan dari MS Word atau pun bisa hanya untuk mengembalikan video yang terlanjur terhapus.
  8. Setelah dipilih jenis data yang akan dikembalikan klik 'Next.
  9. Halaman selanjutnya adalah anda diminta pilih lokasi backup atau tempat penyimpanan data hasil recovery anda, disarankan pilih "In a specific location". Apakah di drive D, C, G atau yang lainnya. Tapi sangat disarankan masukkan di drive D saja karena jika komputer rusak masih bisa dilakukan recovery juga pada komputernya.
  10. Sangat disarankan memilih juga pilihan mencentang pilihan "enable Deep Scan" agar Recuva bekerja lebih giat lagi....maksudnya agar softwarenya bisa mencari lebih dalam lagi semua file yang telah dihapus sebelumnya jadi tidak ada yang ketinggalan.
  11. Selanjutnya secara otomatis aplikasi recovery file microSD tersebut akan bekerja, tinggal tunggu beberapa saat saja.
  12. Jika sudah terlihat semua file yang sebelumnya telah hilang berkat kerja Recuva tersebut, maka langkah selanjutnya tinggal klik tombol "Recovery" Dan tuntas sudah...silahkan cek di Drive apa kamu memilih menempatkan datanya tadi. Jika tidak ada kesalahan tentu kamu akan senang melihat datamu muncul kembali.

Sangat banyak orang yang terbantu dengan adanya aplikasi pengembali data hilang ini, kecuali mungkin yang microSDnya betul-betul rusak tentu sulit sekali mencari solusinya. Apa saja sistem yang kamu gunakan semua bisa tercover, termasuk aklau kamu menggunakan OS HP Android dan smartphone lainnya, termasuk kalau kamu menggunakan hendphone dengan sistem operasi windows juga tak masalah karena Recuva terlah dipersenjatai dengan itu juga. Menariknya di sini kalau anda misalnya bermasalah bukan pada kartu memori yang isisnya terhapus, misalkan anda bertanya "bagaimana cara mengembalikan isi falshdisk atau harddrive yang terlanjur terhapus atau hilang?" maka aplikasi ini juga bisa menjawab karena bukan hanya kartu memory saja tapi semua jenis penyimpanan file bisa ia baca sedalam-dalamnya walau sebelumnya telah dihapus dan tidak terlihat lagi sama sekali.

Setelah filenya kembali jangan lupa tahu Aplikasi Edit Foto  yang keren juga.

Video: 

1 video tutorial akan jauh lebih bermakna dari 1000 kata yang saya tulis di atas....begitulah kata pepatah...boro-boro baca lengkap artikelnya...baca poin pentingnya saja sudah malas, makanya caramaster ngasi juga tutorialnya dalam bentuk video dari Youtube dan Carazone.com


Yang lebih penting dari artikel ini adalah komunikasi antara sesama pengunjung blog ini yang memiliki keluhan yang sama. Saya mungkin tidak bisa membantu banyak jika ternyata setelah mempraktekkan Bagaimana Cara Mengembalikan File Kartu Memori-MicroSD yang Terhapus tapi ternyata belum berhasil, tapi bila anda berkomentar dan ada pengunjung lain yang tahu solusinya tentu bisa membantu dengan ikut berkomentar juga....itulah dunia blogger brow....kita bisa saling membantu.! Jangan lupa belajar panduan menggunakan corelDraw juga.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top