Beragam Batu Cincin Asli Berkualitas

Masih membahas soal batu akik atau yang juga dikenal dengan sebutan batu cincin / mulia. Yang terpenting dalam pembahasan ini adalah jenis batu cincin itu sendiri dan juga penjelasan soal harganya, mulai dari harga yang paling mahal hingga yang termurah serta apa saja ciri atau tanda batu akik yang tergolong asli dan berkualitas. Tentunya, segala menyangkut ini harus berdasarkan penuturan dari para gemolog atau ahli batu mulia yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Sebagai prolog saja, sekarang ini Batu Bacan adalah yang dianggap paling terkenal dan termahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya, mulai dari keindahannya, kekerasannya, kekhasannya yang banyak orang mengatakan bahwa ini adalah batu hidup karena inklusinya dapat hilang dengan sendirinya saat digunakan. Dan masih banyak lagi cerita soal gemstone yang lagi booming di Indonesia saat ini.

Jenis-Jenis Batu Cincin 


Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu - Sebelum lanjut, sebaiknya baca dulu artikel soal cara mengetahui keaslian gemstone yang akan anda beli, sebagai bekal ketika hunting di toko perhiasan yang ada dikota anda, apakah itu di Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Bogor, Palembang, Medan, Makassar, Kalimantan, dan lain sebagainya.


1.  Batu Cincin Bacan (silahkan kunjungi, yang dibawah juga)

batu cincin bacan doko palamea
Batu akik bacan doko dengan warna hijaunya yang khas dan juga seratnya yang bisa hilang dengan sendirinya. Dari sekian banyak jenis bacan, Doko adalah jenis yang paling terkenal.

Bacan Doko dan Palamea adalah jenis batu cincin bacan yang paling banyak dicari sehingga semakin lama harganya juga semakin mahal saja, mengapa tidak? Untuk satu biji batunya saja dihargai hingga Rp. 20 juta sungguh harga yang tidak bias dikatakan murah, walau sebenarnya ini relative karena selera dan nilai seni orang berbeda-beda. Asal penambangan batu akik bacan sendiri berasal dari Halmahera Maluku Utara sedang namanya di ambil dari nama desa dimana gemstone tersebut banyak ditemukan. Yang menarik dari jenis akik mulia ini adalah karena ia dijuluki sebagai ‘batu hidup’ mengapa? Ya karena ia mempunyai kemampuan melakukan perubahan sendiri walau sudah dalam bentuk perhiasan, yakni dengan melakukan pengkristalan sendiri dimana iklusi atau serat yang ada di dalamnya hilang dengan sendirinya. Jika dibandingkan antara Bacan Doko yang umumnya berwarna hijau ketuaan dan Palamea yang hijau kebiruan, Doko jauh lebih mahal, bias 2kali lipat dari palamea.

2.  Batu Akik Mustika Merah Delima


Ini adalah salah satu batu cincin yang paling tenar dari dulu hingga sekarang, bahkan sebelum Indonesia dilanda demam batu akik. Banyak orang mengatakan ia mustika karena katanya tak semua orang bisa memilikinya, hanya orang tertentu yang punya kemampuan supranatural yang mudah menemukannnya. Padahal kalau kita mau berpikir logis, ternyata batu yang dikenal Ruby Merah di luar negeri ini juga banyak ditambang dan siapa saja bisa menemukannya, artinya sebenarnya ini tak ada bedanya dengan batu mulia pada umumnya, hanya nilai seninya saja yang membedakannya. Secara….batu ini punya karakteristik khusus, yakni jika dimasukkan dalam gelas bening yang berisi air ia akan tampak memancarkan warna merahnya layaknya lampu pijar, dan bahkan gelas yang ada disampingnya juga akan berubah menjadi tampak merah karena bias dari pancara warna merahnya yang cukup kuat.

3.  Batu Mulia Kalimaya


Anda mungkin juga akan berpikiran sama dengan penulis saat pertama kali melihatnya, ya akan takjub dan senang dengan warna khas dari batu ini. Warna dari batu ini tergolong unik karena inklusi di dalamnya tampak berwarna warni layakanya lampu diskotik yang semua warna ada di dalamnya, mulai dari warna merah, kuning, biru, hijau, hitam, putih dan lain sebagainya.

4.  Kecubung Kalimantan, Wulung Combong, Tanduk dan lainnya

batu cincin kecubung kalimantan
batu kecubung kalimamtam imgi dengan iklusi yang khas di dalamnya. Ini adalah jenis kecubung dengan tingkat popularitas teratas di Indonesia

Penamaan untuk batu cincin ini di negara lain adalah Amethyst. Warna dominan dan yang paling banyak disukai adalah yang berwarna ungu, sedang jenis lainnya seperti Wulugn hitam juga sering dibicarakan banyak orang karena warna hitammnya yang khas dan bisa membuat orang terpikat melihatnya. Adapun tingkat kekerasan dari akik ini mencapai 7 skala mohs, bisa dibilang cukup keras dibandingkan dengan jenis lainnya. Tapi tidak lebih keras dari merah delima yang dibahas di atas.

5.  Gemstone Sulaiman


batu cincin sulaiman
Junjung drajat adalah salah satu batu sulaiman yang tampak sangat indah karena di dalamnya terdapat motif seperti kerucut yang berlapis-lapis dengan warna agak kekuningan.

Dari semua jenis batu cincin yang ada, batu akik sulaiman ini adalah yang paling diburu dan terkenal dari sisi kemampuan magisnya. Banyak yang bilang batu akik ini merupakan batu akik bertuah yangdi dalamnya berkhodam atau ada penunggunya berupa jin dari zaman nabi Sulaiman. Penulis sendiri tidak percaya ini, kalau memang pasukan jin nabi sulaiman mau berdiam di dalam batu mengapa juga datang ke Indonesia dan harus masuk ke perut bumi mencari jenis batu ini, padahal kan untuk menemukan batu alam ini seseorang harus melakukan penambangan hingga kedalam tertentu dalam perut bumi. Jadi sebaiknya nilai saja batu mulia ini sebagai seni dan perhiasan layaknya banyak pecinta gemstone di luar negeri. tapi kalau bicara soal keindahan, batu Sulaiman ini memang sangat menarik, apalagi yang jenis combong atau yang bolong tengahnya yang tampak sangat unik.

Ada banyak jenis batu sulaiman, di antaranya adalah tapak jalak, pancawarna, junjung drajat, Daud dan lain sebagainya. Semua punya warna dan kekhasan tersendiri.

Pembahasan lain soal batu cincin:

Khasiat batu bertuah - Suatu batu akik bertuah dikatakan demikian karena didalamnya dianggap berkhodam atau ada jinnya dan bisa memberikan khasiat tertentu bagi penggunanya. Tapi jangna langsugn percaya, silahkan baca dulu artikelnya.

Harga batu akik pada umumnya - Di artikel ini juga dibahas semua jenis batu akik dan masing-masing harganya di pasaran, anda boleh menjadikannya sebagai rujukan berbelanja agar paham berapa harga kisarannya.

Cukup sudah ulasan Beragam Batu Cincin Asli Berkualitas yang bisa kami paparkan hari ini. Tapi satu hal yang juga harus diketahui oleh banyak orang bahwa yang namanya batu akik adalah batu dari hasil tambang yang jika terus-menerus dilakukan penambangan lambat laun akan habis juga, dan tentunya berbahaya untuk kelangsungan generasi selanjutnya. Oleh karena itu, buat anda yang sudah punya 1 atau 2 maka sebaiknya jangan membeli lagi agar pasokan batu mulia ini bisa tetap dijaga dan kekhasan Indonesia sebagai negara "cincin api" yang banyak menghasilkan gemstone tidak hilang begitu saja.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top