Jenis Batu Akik, Mulai dari yang Paling Murah hingga yang Termahal

Ada banyak nama dari batu akik ini, mulai dari Batu Mulia, Batu Cincin, Gemstone dan lainnya. Nah..."Jenis Batu Akik, Mulai dari yang Paling Murah hingga yang Termahal" ini akan mengulas lengkap apa saja macamo-macam dari permata khas Indonesia ini dan dimana saja daerah asal penghasil utama dari tiap jenisnya. Sebut saja, Bacan yang mana ia diberi nama karena asal dari desa dimana ia banyak ditambang atau ditemukan oleh masyarakat setempat dan banyak lagi yang semuanya diberi nama berdasarkan asal, warna, khasiat dan lain sebagainya. Ini penting karena buat apa anda mau jadi kollektor batu akik tapi tidak tau sama sekali ciri-cirinya. Dan berhubung semua sudah tuntas ditulis oleh Caramaster makanya saya hanya akan menjelaskan sepintas saja dan anda bisa langsung berkunjung di link aktif tersebut untuk membaca artikel lengkap soal batu cincin akik yang venomenal tersebut.

Artikel kali ini akan mengulas tuntas apa saja yang berkaitan dengan dunia perbatuan, khususnya untuk jenis yang terkenal dan banyak diburu di Indonesia, selain itu jenis yang juga pamornya tidak pernah turun di mata Internasional juga menjadi perhatian penulis untuk diungkap dan dishare pada pnegunjung setia Caramaster. Saya hanya berharap bahwa dengan adanya panduan ini bisa jadi sebagai bahan pertimbangan untuk menemukan mana batu cincin yang layak koleksi walau dengan harga yang sangat mahal.

Berbagai Macam/Jenis Batu Akik (Paling murah, mahal dan terkenal) 

aneka macam batu akik
aneka batu cincin akik yan gbanyak dipasarkan di indonesia dengan berbagai tingkatan kualitas yang bisa anda pilih. Tapi perhatikan dulu asli apa tidak


1.  Cara Memilih Batu Akik yang Bagus serta Ciri-Ciri Batu Mulia Asli (GemStone) (silahkan kunjungi)

Ini ditujukan sebagai panduan buat siapa saja yang masih baru soal dunia batu mulia, terutama yang belum tahu apa karakteristik dari tiap jenis batu akik yang banyak dibicarakan orang. Ini juga untuk menghindari penipuan karena caramaster sendiri baru saja menyaksikan tayangna televisi, tepatnya ‘Reportase’ yang terkenal paling jago kalau menampilkan fakta criminal perorangan atau kelompok. Jadi begini…. Ternyata setelah melihat tayangan tersebut baru sadar kalau batu bacan yang paling diburu dan terkenal tersebut bisa dibuat dari berbagai bahan, mulai dari plastic, kaca dan juga yang saya lihat kemarin dibuat dari adonan seperti semen yang agak kehijaun, bahkan buatnya hamper mirip buat donat segala…karna diuleni hingga kalis juga brow….saya sampai ketawa terpingkal-pingkal…dan anehnya karena setelah mereka bentuk dan digosok hingga jadi seperti batu bacan asli, produknya juga bisa dites dengan senter dan bisa telihat seratnya sehingga penjual yang sudah ahli pun banyak yang tertipu….luar biasa kan?…bahkan dikatakan untungnya bisa samapai 50juta sebulan. Pokoknya jangan sampai g abaca tuh artikelnya.

2.  Batu Akik Bacan Doko dan Palamea


Ini adalah dua jenis batu akik yang bisa dibilang paling terkenal dan yang paling tinggi harganya, bahkan untuk satu biji batu saja bisa mencapai 30jutaan. Kemarin sempat juga liat tayangan dari Trans 7 – Hitam Putih’ yang menjadikan salah satu artis pebisnis batu bacan sebagai bintang tamunya, ia menunjukkan beberapa bongkahan bacan yang harganya 80 jutaan hanya untuk ukuran yang kurang dari 1 kg. Luar biasa kan. Ada keunikan tersendiri dari batu cincin jenis ini, bukan hanya warnanya yang hijau tapi karena inklusi atau serat di dalamnya bisa hilang dengan sendirinya walau sudah jadi perhiasan dan dipakai oleh pemiliknya. Ini sebabnya baik bacan doko dan palamea dinamakan juga batu hidup oleh banyak ahli gemolog.

3.  Batu Cincin Mustika Merah Delima


Warnanya merah menyala dan jika diletakkan dalam gelas yang ada airnya ia akan memancarkan warna merahnya layaknya cahaya lampu di malam hari, dan bukan cuma itu karena cahayanya juga bisa membias hingga beberapa gelas di sampingnya. Katanya sih ini batu berkhasiat dan bertuah sehingga sulit di dapatkan tapi saya melihat ini hanya mitos saja karena di luar negeri juga banyak ditambang dan siapa saja bisa mencarinya, sedang di Indonesia ini dikatakan batu keberuntungan dan hanya orang tertentu yang bisa mendapatkannya. Silahkan berpikir logis kalau gak mau rugi beli batu ratusan juta yang sebentar lagi paling nasibnya sama dengan Ikan Lauhan dan bunga Anthurium Gelombang Cinta

4.  Batu Akik Termahal di Dunia dan di Indonesia


Tahukah kamu kalau dari sekian banyak batu akik yang ada di Indonesia ternyata ada beberapa yang mahal sekali dan bahkan di luar negeri para ahli gemstone juga mengakuinya, salah satunya adalah Kalimaya yang orang luar negeri menyebutnya Black Opal, bentuknya dan warnanya juga unik, di bagian dalamnya seperti ada warna warni yang bergam sekali layaknya pelangi...sedang batunya sendiri biasa ditemua dalam warna keputian.... adapun skala kekerasannya walau di bawah berlian tapi sangat disukai banyak perempuan. Mengenai penjelasan lengkapnya bisa anda baca di link yang disertakan di atas.

5.  Batu Mulai Sulaiman

batu tapak jalak

Dari sekain banyak jenis batu akik, batu sulaiman inilah yang paling terkenal dengan sebutan batu bertuah atau berkhodam, katanya di dalamnya ada jin mantan pasukan nabi sulaiman walau sebenarnya tidak bisa dibuktikan sama sekali, ngapain juga jin zaman nabi Sulaiman datangke indonesia trus masuk ke dalam bongkahan batu jenis ini apa gak ada tempat lain di sana apa....kan gak masuk akal. Lagian kalau dikatakan betul lalu apa buktinya. Tapi Caramaster sudah membahas lengkap di sana.Tapi kalau saya sih melihat dari sisi seninya karena memang batunya unik dan layak kolesi jadi pantas juga sih dibeli asal tidak terlalu mahal saja harganya atau jangan sampai

6.  Gemstone asal Kalimantan - Kecubung

Dari namanya sudah tahu kalau Kecubung berasal dari Kalimantan, hal yang menarik dari jenis batu akik ini adalah dari warnanya yang terang yakni warna ungu yang sangat pantas untuk dikatakan sebagai batu berlian berkelas, makanya di zaman kerajaan banyak raja dan juga keluarga kerajaan yang menggunakannya, belum lagi banyak paham yang bilang kalau batu kecubung bisa mengurangi rasa mabuk kalau dibuat dalam bentuk gelas dan dijadikan sebagai gelas untuk minumannya. Selain itu ini juga dianggap sebagai batu mulia yang berkhasiat mendatangkan kharisma bagi pemakainya.

7.  Batu Akik Bertuah

batu sulaiman junjung drajat

Dari sekaian banyak artikel yang ditulis dalam blog ini soal jenis batu akik, ini adalah salah satu artikel paling banyak dibaca, saya juga tidak tahu kenapa, mungkin kebanyakan orang Indonesia senang dengan hal mistis apalagi dari benda berharga seperti batu cincin ini. Anda bisa percaya bisa juga tidak, tapi saya sarankan untuk mengabaikannya karena untuk yang Muslim sudah pasti musyrik dan dosanya tidak diampuni, tapi bagi yang non-- mungkin akan lebih terhindar dari penipuan karena ini adalah salah satu senjata pamungkas para penipu untuk mengelabui pelanggannya yang gila dengan hal magis. Tapi bukan cuma itu, saya juga sudah bahas tuntas apa saja yang kriteria dari batu bertuah yang dikatakan berkhasiat.

Akhinya, tuntas juga segala hal menyangkut jenis batu akik, beberapa hari belakangan ini Master hanya menulis soal si batu ini yang harganya gak masuk akal lagi, tapi ya begitulah Indonesia....serignnya ikut-ikutan...makanya kalau ada satu hal yang terkenal langsung semua mau ambil peran, ada yang jualanlah, ada yang jasa menggosok, jual senter untuk batunyalah, dan kalau saya sendiri ambil bagian berbagi ilmunya...lumayan nambah trafik gan...he he! Oke, langsung saja baca semua artikelnya dan temukan apa yang kamu cari!
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top