Batu Akik Tapak Jalak (Hitam, Garis Tangan, Garis Benang, Satu dll)

Corak khasnya adalah adanya tanda seperti tanda tambah (+) di permukaannya. Banyak orang menyebutnya batu akik tapak jalak. Perlu diketahui bahwa batu cincin ini digolongkan berdasarkan motifnya dan bukan dari jenis batunya, itu sebabnya bahan tapak jalak ini bisa ada pada semua macam gemstone, mulai dari batu sulaiman, bacan, kecubung, pancawarna dan lain sebagainya. Asalkan terlihat dua gari membelah yang saling berlawanan yang seakan membentuk empat bagian pada batu cincinnya maka itu sudah bisa dinamakan dengan tapak burung jalak. Jadi sekali lagi, ini adalah jenis batu cincin yang dibedakan berdasarkan gambar yang ada di bagian atasnya, yakni 2 garis lurus berlawanan, dan bukan berdasarkan karakteristik dari batunya.

Jenis Batu Akik Tapak Jalak Yang Banyak Dicari


Beberapa pembagian ini Caramaster dasarkan atas banyaknya permintaan dan pencarian dari penghobi maupun dari amatiran batu mulia di Indonesia. Walau tak setenar dan semahal Bacan dan Kalimaya tapi ini juga banyak dicari karena katanya berkhasiat dan bahkan ada yang bilang kalau bertuah dan bisa mendatangkan keberuntungan...ada-ada aja...!

1.  Tali Emas / Benang Emas


Jenis dari tapak jalak ini didasarkan dari warna garisnya, yakni yang berwarna keemasan.Ia akan tampak semakin unik jika terbentuk dari Sulaiman yang berwarna hitam karena benang emasnya akan semakin terlihat jelas dan eksotik. Untuk harga mungkin relatif ya...bisa jadi kalau penjualnya tidak juga tidak terlalu paham ia akan menjualnya dikisaran 300ribu saja hanya saja kalau yang memang paham betul seni soal ini bisa menghargainya hingga ratusan juta....tapi kembali lagi dari keunikannya. Semakin langkah maka akan semakin banyak yang ingin membelinya.

2. Tapak Jalak Hitam dan Putih

batu cincin tapak jalak hitam

Kalau batu akik berbentuk tapak burung jalak yang satu ini dibedakan berdasarkan warnanya dan memang yang warna hitam dengan garis benang emas yang banyak ditemui. Selain itu warna putih juga banyak ditemukan di pedagang kaki lima. Tapi Master menyarankan agar anda semua juga harus hati-hati dan bisa membedakan batu akik asli atua palsu agar terbebas dari penipuan. Ini penting soalnya baru saja ada acara di reportase Trans 7 yang menunjukkan langsung bagaimana batu bacan dan lainnya dibuat dari hanya menggunakan bahan seperti semen yang agak berwarna kehijauan.


3.  Garis Tangan

jenis batu akik tapak jalak garis tangan


Jika anda jeli pasti bisa membedakan mana tapak jalak biasa dan mana yang seperti garis tangan, yah....keduanya dibedakan berdasarkan bentuknya yang seperti garis tangan pada manusia. Adapun cara membedakannya adalah dilihat dari garisnya, kalau yang kita bahas ini bentuk garisnya tidak lurus, tapi agak melengkung. Jadi cuma itu saja cara membedakannya, yakni dari garisnya yang tidak terlalu lurus. Yah...tapi itu tadi....tetap saja hati-hati karena yang namanya zaman sekarang apa saja bisa dipalsukan.

Batu Cincin selain Jenis Tapak Jalak:

Sambil ngisi waktu saya mau sedikit menjelaskan apa saja jenis batu akik yang terkenal dan banyak dicari agar anda juga paham sedikit soal batu mulia, ya tujuannya tak lain hanya untuk menambah referensi pembaca saja.

Bacan (silahkan kunjungi)

Ini adalah jenis batu yang fenomenal karena hingga kini menjadi yang paling populer pertama di Indonesia dan juga yang paling mahal yang pernah dijual dan dipublikasikan banyak mendia. Pemicunya adalah karena "faktor bintang" maksud saya di sini adalah karena Presiden SBY yang pertama kali menggunakannnya hingga pamor batu akik ini pun melambung tinggi, walau sebenarnya para aki'-aki' sudah mengidolakannya. Ya namanya orang terkenal, apa saja yang ia lakukan selalu mau ditiru siapa saja. Ciri utamanya adalah warna hijau dengan berbagai warna turunanya, mulai dari Cincau, Lumut dan lain sebagainya.

Merah Delima

Penasaran apa itu batu merah delima? Jadi gini sob...ini adalah batu yang dikatakan banyak orang bertuah dan berkhasiat. Tapi kalau saya sih gak percaya dan hanya senang dengan nilai seninya, terutama pada warnanya yang merah menyala dan bisa memancarkan warnanya kalau disimpan dalam gelas bening berair. Katanya orang yang pakai ini bisa memunculkan kharismanya dan katanya juga hanya orang tertentu yang bisa mendapatkannya jika menambangnya, tidak semua orang...katanya hanya yang mempunyai kemampuan spiritual tinggi yang bisa menemukannya....tapi kok diluar negeri banyak juga ditemukan dan siapa saja bisa menambangnya...? Gak salah tuh!

Kecubung Kalimatan

Khas dengan warnanya yang ungu dan banyak digunakan keluarga kerajaan sejak zaman dahulu. Ini juga terkenal di luar negeri dan bukan hanya di Indonesia, tapi bagi pecinta batu akik mungkin punya pandangan berbeda soal ini.

Yup...semoga batu akik tapak jalak ini bisa jadi referensi terpercaya anda. Selamat berburu para gemolog!


Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top