Cara Membuat Makalah Yang Baik n' Benar (Panduan Sekolah dan Kampus)

Cara Membuat Makalah Yang Baik n' Benar (Panduan Sekolah dan Kampus) merupakan artikel yang sangat dibutuhkan para siswa dan mahasiswa, apalagi yang sudah dalam proses pengajuan dan penyusunan makalah sebagai bahan diskusi maupun untuk keperluan akedemis lainnya. Dalam membuat makalah yang baik tentulah harus mengikuti standar umum yang ditetapkan, akan tertapi terkadang dalam prakteknya tiap kampus memiliki kebijakannya masing-masing, jadi terkadang bentuk baku makalah tidak memiliki kesamaan dari setiap universitas. Akan tetapi, sekalipun demikian ada juga beberapa hal yang dalam penerapan semua kampus sama dan tidak ada bedanya. Nah, pada kesempatan inilah kami akan menyajikan tips dan tutorial bikinnya yang dalam bentuk rangkuman sehingga mudah dipahami dan bisa langsung dipraktekkan bagi siapa saja yang saat ini mempunyai tugas sekolah dari guru atau pun dari dosen bagi mahasiswa.

Terkadang yang membuat seseorang bingung ketika ingin membuat makalah adalah dari mana harus mulai menulis dan apa yang harus ditulis, apalagi bagi anak setingkat SMP dan SMA yang mungkin saja ini adalah tugas pertamanya dari guru. Untuk itu diperlukan panduan yang bisa menuntun mereka. Di sini kami sajikan susunan dan bentuknya bagaimana seharusnya menyusun sebuah makalah yang baik dan benar. Muali dari judul  hingga kesimpulan dan penutupnya agar sekalipun baru pertama kali bikin tetap enak dibaca dan lebih berstandar.

Cara Membuat Makalah Yang Baik n' Benar (Panduan Sekolah dan Kampus)

Adapun tahap dan proses pembuatan makalah harus dimulai secara berurutan agar menghindari terjadinya kesalahan setelah proses pembuatan dan penyusunan telah berjalan. Melakukan secara berurut juga berguna agar semua materi yang ingin dicantumkan di dalamnya bisa termuat dan memperkaya referensi penulisan makalah itu sendiri, berikut ini caranya :
  1. Menentukan tema dan judul Makalah. Ini adalah proses awalnya, dari sini kita bisa mengembangkan pembahsannya dengan kemudian menyusun kerangka atau pola penulisannya. Jika judul tidak tepat atau salah memilih judul akan mempengaruhi isinya. Untuk itu jika seandainya guru atau dosen telah menentukan temannya misalnya "Manfaat Blog bagi Pengajar" maka kamu bisa memilih judul yang lebih spesifik dan sesuai dengan tema tersebut, misalnya "Blog dengan Platform Blogspot Memudahkan Guru Berbagi Tanpa Biaya". Nah dari sini mungkin kamu sudah bisa membayangkan judul apa yang akan kamu buat dari tema yang telah kamu ketahui sebelumnya dari dosen atua gurumu.
    Cara Membuat Makalah Yang Baik n' Benar (Panduan Sekolah dan Kampus)
    Gambar smapul makalah Azamku.com
  2. Menyusun kerangka makalah. Kerangka bisa sama dengan pola pikir dan daftar isi. Tujuan penyusunannya adalah agar penulisan artikel atau isi dari makalahnya kedepan bisa terarah dan jelas alur dan tujuannya. Saya pribadi ketika ingin menyusun sebuah buku bisa memakan waktu seminggu hanya sekedar menyusun dan mengotak atik formula terbaik dari kerangka tulisan saya. Sebab pengalaman sebelumnya, sudah menulis kurang lebih sepertiga artikelnya, tapi karena keliru membuat kerangkanya makanya saya merombak ulang dan bahkan tidak menggunakna sebagian yang telah saya tulis karena harus menyesuaikan dengan kerangka baru yang saya buat yang saya anggap lebih baik. Nah, disinilah mungkin yang juga menentukan kualitas output dari suatu karya ilmiah, termasuk skripsi.
  3. Hunting Referensi Berkaitan. Kalau sudah mampu menyusun kerangka dengan benar maka selanjutnya kamu harus bisa mendapatkan buku yang pembahasannya sesuai dengan isinya. Usahakan sebanyak mungkin dan beragam sumber dan penulisanya. Hal ini bertujuan untuk memperkaya materi dan kajian keilmuan di dalamnya dan bukan hanysa sekedar karangan tanpa isi yang berbobot. Tempat untuk menemukan referensi di antaranya adalah kampus, perpustakaan wilayah, toko buku seperti Gramedia, atapun melalui ebook yang banyak disebar secara gratis di internet dan usahakan kalau bisa yang sudah terbukti terpercaya blog atau situsnya.
Adapun susunan isi makalah yang benar dan sesuai standar pada umumnya mengikuti bentuk di bawah :
  1. Lembar Judul atau Jilid. Dalam bagian ini umumnya mencantumkan Judul makalah, nama dan nim penyusunnya, nama instansi sekolah atau universitas serta tahun pembuatannya
  2. Halaman Pengesahan (tidak selamanya dicantumkan, misalnya pada makalah biasa untuk tugas kelompok)
  3. Kata Pengantar. Berisi sepatah kata dari penulis dan juga initi pembahsan dari tulisannya.
  4. Daftar Isi. Isi urutan halaman dari semua kerangka dan lembarannya.
  5. Daftar Gambar. Berisi data gambar dan sumbernya diperoleh. Biasanya dalam bentuk fotocopy, hasil scan atau juga gambar asli yang ditempel di dalamnya.
  6. Daftar Tabel. Jika isinya banyak menggunakan tebel maka halaman ini khusus dibuat untuk mengarahkan pembaca melihatnya dari pembahasan dalam makalah ini.
  7. Tubuh Makalah. Inilah isi atau pokok pembahsan makalah yang biasanya dibagi dalam bentuk sub-sub judul.
Jika sudah paham susunan isinya, maka selanjutnya ketahui juga Bentuk Pendahuluan Makalah yang umum disajikan :
  1. Latar Belakang : Di paragraf pertama hingga paragraf sebelum mengungkapkan rumusan masalah penulisannya, penulis harus lebih dulu mengutarakan apa alasan judul atau tema tersebut di angkat.Usahakan menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti serta tidak panjang lebar.
  2. Rumusan Masalah : Ini juga diungkapkan seperti bercerita namun fokus pada masalah atau persoalan yang berkaitan dengan tema yang sedang dipilih. 2 atau 3 paragraf saya kira cukup untuk menggambarkan persoalan yang anda kaji.
  3. Tujuan Penulisan : Jika telah menjelaskan secara seksama apa yang melatar belakangi pemilihan temamu dan juga memaparkan secara terperinci persoalannya, nah selanjutnya tinggal kamu utarakan juga dalam susunan kalimat yang baik apa tujuan kamu menulis persoalan tersebut. Penjelasannya bisa saja berisi karena faktor masa lalu atau tujuan yang diharapkan penulis di masa akan datang.
Format Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar
  1. Menggunakan font Times New Roman dengan besar huruf 12. Adapun margin yang umum dipakai adalah 4 4 3 3 cm (atas-kiri-bawah-kanan). Sedangkan spasi yang biasa digunakan 1,5 atau 2 f. tergantung kebijakan pengajarnya.
  2. Biasanya dalam bahan kertas yang digunakan untuk sampul menggunakan kertas buffalo yang agak tebal dengan warna yang disesuaikan dengan jurusan atau bebas sedangkan untuk lembaran isi makalahnya menggunakan kertas A4 80 gram. Dan pada penulisan halamannya juga umumnya halaman awal sampai sebelum pendahuluan menggnakan i,ii,iii dst. Sedang utnuk selanjutnya menggunakan nomor biasa.
Bagaimana Cara Membuat Makalah Yang Baik n' Benar (Panduan Sekolah dan Kampus) yang sudah anda pahami di atas, sesuai yang anda cari kan? Jangan lupa baca semua artikel menyangkut cara penulisan makalah di halaman selanjutnya yang akan segera kami tulis secara lebih lengkap dan terperinci untuk memudahkan proses dan langkah penyusunan makalah anda. Yang terpenting sebenarnya adalah usahakan dalam pembuatannya tidak menggunakan jasa penulis dari orang lain atau teman dan apalagi menciplak punya orang lain, sebab dari sini kamu akan belajar banyak cara dan teknik yang bisa kamu terapkan pada saat pengajuan penyusunan skripsi sebagai syarat mutlak menjadi sarjana, jadi untuk apa curang? Selamat berkarya! Baca juga cara master lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Di Blogger Keren dan Menarik 
  2. Cara Membuat Blog Blogspot Sendiri Tapi Bagus 
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan
  4. Cara Membuat Blog Masuk Halaman Pertama Google
  5. Cara Membuat Website Free Sendiri tapi Dot Com
  6. Cara Membuat Website Gratis 100%
  7. Cara Membuat Website Online Sendiri Tanpa Guru
  8. Cara Membuat Facebook Baru
  9. Cara Pakai Jilbab Pashmina
  10. Cara Download Video dari Youtube
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top