Cara membuat anak berprestasi di Sekolah serta Di Lingkungannya+

Cara membuat anak berprestasi di Sekolah serta Di Lingkungannya dapat dilakukan oleh semua ibu maupun orang tua. Orang tua yang berpengetahuan cukup bukan jaminan dalam menciptakan anak yang berprestasi di sekolah maupun lingkungannya, sebab amanah bagi orang tua dalam membuat anak yang pintar atau cerdas bukan dengan memindahkan ilmunya ke keturunannya, tapi dengan menyemangati atau motivasi si anak serta menstimulasi agar anaknya ingin berusaha dengan sungguh-sungguh dalam meraih impiannya.

Anak berprestasi pada sebenarnya dibentuk, bukan karunia semata. Atau bisa dibilang, kalau mau memiliki anak berprestasi maka seyogyanya diusahakan dengan bermacam cara  oleh orang tuanya. Nah, dalam ulasan blog ini akan dipaparkan tipsnya agar para bapak atau pun ibu, tapi terkhusus pada ibu, mengerti apa yang harus diusahakan nantinya.

Anak berprestasi adalah anak yang dapat unggul di dalam berbagai hal, khususnya di sekolah atau dalam dunia pendidikannya. Keunggulan tersebut diperoleh bukan karena keturunan melainkan dari hasil usaha anak dan orangtuanya sendiri. Nah berikut tipsnya :

Tips Cara Membuat Anak Berprestasi di Sekolah maupun Di Lingkungannya

Ada beberapa tips pada tahap petumbuhan bayi atau anak yang harus dilakukan oleh ibu atau orang tuanya, yaitu :


A.  Ketika ibu mengandung 

Banyak dokter merekomendasikan beberapa usaha untuk memperoleh anak yang memiliki daya berpikir di atas anak seumurnya yang sangat menjadi pendukung ia berprestasi ketika besar. Beberapa fakta dapat anda ikuti berikut :
anak berprestasi

1.  Meperdengarkan musik klasik

Demikian pula pada musik yang bernada slow dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak ketika ia telah mencapai usia kanak-kanak, khususnya ketika ia mulai mengenyam pendidikan formal.

2.  Komsumsi makanan mengandung DHA

Ini terbukti  juga sangat baik pada perkembangan serta pertumbuhan anak ketika masih dalam kandungan. Saya sendiri yang telah mempunyai anak sudah merasakan efek dari saran tersebut. Dan kami himbau juga bagi ibu-ibu yang dalam kondisi mengadung yang ingin memiliki anak berprestasi agar banyak makan makanan yang mengandung DHA, seperti  minyak ikan banyak di jual di apotik dengan merek Nulacta atau Prolacta. Kedua sumber DHA ini sangat baik bekerja dalam menjamin perkembangan otak anak yang pastinya juga ketika anak ingin dibuat berprestasi di sekolahnya jika ia sudah bersekolah.

3.  Terapi peransangan janin dalam kandungan.

Mungkin anda belum pernah dengar kalau dengan jalan mengelus-ngelus perut ibu hamil sambil bercakap-cakap dengan janin bisa meransang bayi dalam menerima respon dari orang lain yang tentunya baik untuk otaknya. Karena, seklipun ia masih di kandungan sudah mampu menggunakan memorinya. Dan mungkin anda sering mendengar ada anak yang pandai baca Qur’an sebelum di ajar disebabkan ibunya sering membacakan pada saat ia masih dalam kandungan . Inilah salah salah satu buktinya.

B.  Saat anak masih bayi sampai masuk ke usia sekolah.


Ini merupakan golden time dalam usaha menciptakan anak berprestasi sebab masa itulah pertumbuhan otak sangat cepat dibanding ketika seorang anak mulai masuk di 4 tahun dan seterusnya. Bayi yang sudah beranjak jalan memiliki kemampuan menangkap kata-kata yang didengarnya sampai ribuan kosa kata per harinya. Sehingga kalau waktu penting ini diabaikan begitu saja dengan tanpa meransang ia mendengarkan segala hal penting yang sebaiknya ia ketahui maka akan sangat berdampak pada perkembangan otaknya.

1.  Stimulasi gerak cepat.

Jika bayi anda sudah mulai menunjuk-nunjuk dan dapat paham maksud dari setiap isyarat yang anda sampaikan, maka inilah saatnya untuk memberikan terapi ini. Yaitu dengan cara memperlihatkan gambar berbeda secara bergantian dan dengan cepat di hadapannya sambil menyebut namanya, misalnya pada jenis binatang. Cara ini sudah dibuktikan oleh seorang wanita karir di Jepang dengan kurang dari 15 menit setiap pagi sebelum kerja ternyata IQ anaknya bisa di atas rata-rata dai anak anak lain di sekolahnya dan pada akhirnya ini akan menjadi jalan bagi anak berprestasi.

2.  Menyediakan permainan ketangkasan pada anak

Sebaiknya untuk cara ini anda harus hunting mainan yang sifatnya mendidik. Kalau bisa yang dalam bentuk puzzle atau teka teki ringan yang bentuknya gambar atau pun huruf dan nomor.

3.  Motivasi dengan kata-kata bijak pada anak

Umumnya ini dilakukan sebelum anak tidur sebagai pengantar tidurnya. Jika punya buku khusus untuk ini akan lebih baik lagi.

Baca juga cara master lainnya :
  1. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris
  2. Cara Menggunakan HJsplit
  3. Cara Memakai Camfrog
  4. Cara Memakai Pashmina - Jilbab Pashmina
  5. Cara Download IDM Gratis
  6. Cara Membuat Kue Kering
  7. Cara Membuat Website Gratis 100%
  8. Cara Membuat Email Facebook
  9. Cara Menggunakan Kamera DSLR
  10. Cara Menggunakan Twitter  
  11. Cara Menggunakan Internet
  12. Tips Cara Menghilangkan Jerawat

C.  Saat anak mulai bersekolah dan menjalani aktivitasnya di sekolah

Perlu diketahui bahwa kepintaran adalah 90% dari usaha dan peran otak hanya sekitar 10 persen saja. Untuk itu disinilah peran seorang ibu dalam meransang anaknya agar dapat menangkap pelajaran dengan baik, paling tidak dengan membantunya belajar tiap malam.

Selain itu, lakukan evaluasi tiap malam pada hasil belajarnya disekolah dan berikan pengertian kalau sekiranya ada kekeliruan, tapi dengan kata yang lembut dan mendidik.

Dan kalau kiranya ada perlombaan atau kompetisi di sekolah sebaiknya bantu dia mewujudkannya dengan memenuhi segala yang dibutuhkan, tapi dalam konteks masi wajar.

Jika seandainya gagal sebaiknya tetap memberi ia motivasi. Kalau bisa usahakan berikan contoh tokoh tertentu yang berhasil mengatasi kegagalannya agar ia bersemangat.

Tips Cara membuat anak berprestasi di Sekolah serta Di Lingkungannya yang kami sampaikan adalah dari berbagai sumber dan pengalaman. Semoga dengan ulasan artikel CaraMaster ini memberi manfaat dan menjadikan anda sebagai orang tua yang sukses mendidik anak.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top