Cara Membuat Read More Pada Blog (Manual dan Otomatis+)

Cara Membuat Read More Pada Blog (Manual dan Otomatis+) sangat mudah hanya saja masih banyak yang bingung. Apalagi untuk yang cara manual, membuat read more tak perlu penganan khusus apalagi kalau harus pakai kode yang panjang yang memakan tempat karena blogger sudah menyediakannya langsung di bagian tool barnya yang sederhana.

Membuat Read more... kadang juga dibahasakan dalam bahasa Indonesia dengan berbagai kata, misalnya, baca selanjutnya....., Lanjutkan....., Baca seterusnya......, Baca Selengkapnya..... dan lain sebagainya yang bisa anda rubah sendiri hanya kalau menggunakan yang cara otomatis.

Fungsi read more sendiri dalam blog adalah agar artikel di halaman pertama tidak terlalu panjang dan tidak menampilkan semua halaman full sekaligus, melainkan hanya pendahuluannya saja sekitar satu paragraf atau beberapa kalimat, tergantung pengaturan dan setting anda dalam artikel atau scriptnya.

Nah, berikut ini adalah Cara Manual Membuat Read More :

Kelebihan dari cara manual adalah dimana panjang paragraf atau pendahuluan yang akan dipotong bisa ditentukan sesuka anda, berbeda kalau menggunakna cara otomatis yang seragam panjang potongannya. berikut tipsnya :

1.  Dalam Compose

Ketika kamu membukan halaman penulisan artikel di blogspot maka akan terlihat seperti ini

bikin Read More


Nah, selanjutnya lihat di bagian atas akan ada terlihat gambar sepertidi bawah untuk mulai bikin read morenya. Bentuknya seperi kertas sobek :


Caranya, setelah kamu menulis artikelnya, selanjutnya pilih sampia dimana kamu akan memotong tampilannya yang akan muncul dihalaman depan blog, setelah tiu tinggal klik di bagian itu untuk meletakkan kursornya.

Selanjutnya tinggal kamu klik gambar ke dua di atas maka secara otomati akan ada garis putus-putus sebagai tanda potongannya.

2.  Dalam HTML Artikel

Cara ini kamu cukup masuk ke bagian HTML artikel (lihat gambar 1 di atas, ada tulisan HTML di samping Tulisan Compose tinggal kamu klik)

selanjutnya kamu tinggal paste kode di bawah ini di mana saja kamu inginkan, sesuai batas read more yang akan kamu buat :


<!--more-->
 
 
Setelah itu, kembali ke compose dan save artikelmu, atau langsung publikasikan untuk melihat hasil realnya di tampialn onlinenya.

Sebelum melanjutkan pembahasan di bawah ini, mungkin kamu mau membaca beberapa artikel terkait di bawah ini


Cara Membuat Read More Otomatis

Mengenai trik read more otomatis ini butuh masuk ke dalam scriptnya, karena berhubung saya sudah harus pergi kerja, nanti malam atau besok-besok akan saya lanjutkan lagi tutorialnya gan. Semoga panduan CaraMaster yang ini bisa membantu untuk sementara waktu sampai artikel ini disempurnakan.
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top