Cara Membuat Website .com lewat Blogspot (Dari Blogspot jadi dot Com)

Cara Membuat Website .com lewat Blogspot (Dari Blogspot jadi dot Com) sebenarnya sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel yang lalu, mengenai cara setting dan awal mula memulainya, yaitu mulai dari mendaftar ataumembuat akun di blogspot/blogger, menata template jadi keren dan menarik, hingga melakukan atau mengarahkan domain .com yang sudah dibeli agar alamat domain blogspotnya bisa berubah sudah dibahas tuntas, tapi sepertinya masih saja ada yang belum mengerti langkah-langkahnya, makanya saya kira perlu untuk melakukan penulisan ulang artikelnya.

Sebenarnya mudah sekali dan tak pake ribet, karena kurang dari 48 jam sudah bisa terlihat hasilnya. Ya, 48 jam, karena pengaturannya harus menunggu penyesuaian antara server domain .com dan akun blogspot anda. Tapi itu tak masalah karena yang penting sudah diarahkan terkadnag besoknya sudah bisa jadi.

Kali saya mau memberikan rahasinya saja, jadi tidak perlu mengaturnya sendiri karena ada yang akan membantu anda mensettingnya, kamu cukup mengarahkan dan menyerahkan label dan host blogspotnya saja. Nah, berikut caranya :

Cara Membuat Website .com lewat Blogspot (Dari Blogspot jadi dot Com)

1.  Beli Domain .com. Sebenarnya ada banyak sekali website provider domain dot com di Indonesia, misalnya saja yang terkenal Rumahweb.com, Idwebhost.com, Qwords.com, Jogjahost.com dan lain sebagainya yang masing-masing memiliki keunggulan dalam pelayanan dan kualitas server yang ditawarkan. Tapi saya pribadi lebih banyak menggunakan layanan dari Idwebhost.com karena selain yang paling murah juga yang paling baik layanannya menurut saya. Khususnya juga mengenai cara setting website .com di blogspot yang akan saya beritahukan ini.

Nah, jika kamu memilih Idwebhost.com sebagaimana saya rekomendasikan maka silahkan kunjungi websitenya dan dihalaman depan tinggal kamu ketik di kolom yang ada bertuliskan www disampingnya. Tinggal ketik domain yang mau kamu pesan tanpa harus menulis www lagi karena sudah ada, sedangkana ekstensinya sendiri seperti .com, .net, .info dan sebagainya (tapi bagusnya yang dot com aja) tinggal kamu pilih di sampingnya, yaitu sebelum tulisan 'Beli Sekarang'. Kalau muncul tulisan 'Available' di kotak berwarna hijau seperti di bawah berarti belum pernah dipesan orang, nah tinggal kamu pilih yang tulisan 'Beli Domain Saja' karena hostingnya akan pakai blogspot nantinya. Dan selanjutnya tinggal ikuti langkahnya, kalau kurang paham langsung chat saja sama petugasnya.
Membuat Website .com

2.  Buat Akun Blogger/Blogspot dan Setting Blogspot ke .com. Setelah membeli domain .com (sudah membayar biaya beli domain Rp. 85.000 dan sudah melakukan konfirmasi serta mendapat email login akun domainmu) yang akan diarahkan ke blogspot atau mungkin juga sudah punya blog yang dibuat dahulu juga tak masalah karena tinggal diarahkan saja servernya. Jika telah dibuat dan kamu juga sudah punya alamat blog dari blogspot, misalnya caramaster.blogspot.com yang akan kamu ubah jadi caramaster.com, maka tinggal melakukan settingnya. Caranya, login dulu ke akun bloggermu >> Pilih blog yang akan diarahkan ke .com >> Klik Setting (disebelah kiri) >> Pilih pengaturan 'Dasar' >> Di bagian 'Penerbitan' klik tulisan '+ Tambahkan domain khusus' berwarna biru >> Ketik di kolom 'http//' alamat domain yang sudah kamu beli (Ingat! dengan menggunakan 'www') >> Klik 'Simpan' atau 'Save' maka akan muncul tulisan seperti di bawah ini :

cara membuat .com
Keterangan :
  1. Lingkaran merah adalah host atau label dari alamat blogmu yang akan diarahkan ke .com
  2. Lingkaran biru adalah tujuan atau domain dot com diarahkan ke name server tersebut.
Setelah melakukan langkah ke dua di atas tinggal login ke akun domainmu untuk mengarahkan ke blogspot. Tapi kamu tidak perlu melakukan ini, cukup baca langkah ke 3 di bawah.

3.  Setting .com ke blogspot.com. Nah, rahasianya di sini. Banyak orang terkadang sekalipun telah melakukan apa yang saya sampaikan di atas masih saja salah atau kurang paham pengaturannya. Untuk itu, kamu tidak perlu repot mengatur sendiri, kalau sudah sampai tahap di atas dimana kamu sudah mendapatkan kode di lingkaran merah tersebut dan juga yang lingkaran biru, maka kamu tinggal menghubungi admin client dari Idwebhost. Cara terbaik adalah langsung chat online lewat websitenya, dan minta tolong untuk disettingkan. nah, tinggal kamu copy kode dalam lingkaran di atas lalu paste di kolom chating idwebhost biar dia yang login sendiridan tinggal tunggu besok lalu lakukan lagi langkah ke 2 di atas, yaitu cara Setting Blogspot ke .com. Ingat! kalau ternyata adminnya menolak dengan alasan kamu harus melakukannya sendiri, maka bilangsaja kamu sudah melakukannya berkali-kali tapi gagal.

Bagaimana Cara Membuat Website .com lewat Blogspot (Dari Blogspot jadi dot Com) yang kami sajikan di atas? Mudah kan? Tidak perlu repot karena yang mengerjakan kan dari pihak Idwebhost sendiri, jadi kamu cukup sampai di langkah no.2 di atas lalu chating, berikan kodenya, dan tunggu sampai besok dan lakukan ulang langkah ke 2 di atas. Jika berhasil maka kode dalam lingkaran di atas tidak lagi terlihat, melainkan alamat domain website .com yang akan muncul. Selamat mencoba. Baca juga cara master lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Di Blogger Keren dan Menarik 
  2. Cara Membuat Blog Blogspot Sendiri Tapi Bagus 
  3. Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan
  4. Cara Membuat Blog Masuk Halaman Pertama Google
  5. Cara Membuat Website Free Sendiri tapi Dot Com
  6. Cara Membuat Website Gratis 100%
  7. Cara Membuat Website Online Sendiri Tanpa Guru
  8. Cara Membuat Facebook Baru
  9. Cara Pakai Jilbab Pashmina
  10. Cara Download Video dari Youtube
Facebook Twitter Google+

2 komentar

Keren mas, saya sering ditanya juga seperti ini di blog saya, tapi nggak bisa jawab karena belum pernah melakukannya :D Bayangan saya sebelumnya dengan mengubah nameserver blogspot kita dengan milik penyedia domain. Makasih banyak mas.

Kalau mau menggunakan sub-domain saja apa juga bisa ya mas?

Kalau kami biasa membuat website dengan menggunakan hosting dan domain terpercaya di situs ini :
seowaps.com ( jasa seo website )
reselleragent.com ( reseller domain )
webhosting.web.id ( hosting gratis )
ppnz.org ( domain registration )
plasawebs ( domain dan hosting murah )

sudah 3 tahun saya menggunakan jasa mereka, sehingga hampir semua blog saya menduduki halaman pertama google

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top