Resep Cara Membuat Kue Bolu (Gulung, Pandan Kukus)

Resep Cara Membuat Kue Bolu (Gulung, Pandan Kukus) adalah salah satu jenis kue setengah basah yang banyak dicari tutorialnya. Itu sebabnya kami berusaha menyajikan artikel yang berkualitas untuk pengunjung kami yang setia yang mungkin saat ini ingin belajar membuat bolu dengan beragam rasa, atau bisa jadi ingin berbisnis kue basah jenis ini, juga tak masalah. Hanya saja perlu diketahui bahwa daya tahannya tidak selama kue kering yang bisa sampai berbulan-bulan. Maksimal 3 hari saja sudah akan terlihat jamur agak keputihan di permukaannya dan bila tidak juga dikomsumsi maka akan menimbulkan cairan lengket dipermukaannya. Tapi semua tergantung manajemen dari pemilik usahanya. Tentu lambat laun anda akan mampu mengkalkulasi antara jumlah produksi dan jumlah kue yang laku dalam beberapa hari kedepan.

Bahan inti dan sekaligus penentu baik tidaknya kue bolu yang dibuat adalah dari bahan pengembangnya, yaitu ragi kue. Kalau anda bisa memilih jenis yang baik dari bahan ini serta mampu mengukur takaran yang pas untuk setiap loyang yang akan dibuat, maka keempukan kue bolunya juga akan sempurna layaknya yang dijual di toko kue terkenal di kotamu. Kami sarankan kalau mau membeli bahan ragi kue sebaiknya pilih yang dalam bentuk kemasan saja yang banyak dijual di toko bahan pembuatan kue di pasar tradisional.

Cara Membuat Bolu Gulung / Pandan

Pada tutorial ini kami menyamakan pembuatan yang model di gulung dan yang dipanggang dalam loyang bulat dengan lobang di tengahnya, karena dari segi bahan dan proses pembuatannya sebenarnya sama saja, hanya saja berbeda penanganannya saat telah masak. untuk bolu gulung ia akan langsung diberi nanas dan digulung saat masih panas, sedangkan untuk yang jenisnya dicampur dengan pandan umumnya hanya dipotong tipis dan ditata di atas piring untuk penyajiannya.

Bahan Bolu Gulung
    Resep Cara Membuat Kue Bolu (Gulung, Pandan Kukus)
  • 150 gram gula pasir yang telah dihaluskan
  • selai nanas atau pepaya yang baru saja dibuat.
  • 150 gram terigu yang telah diayak
  • Garam secukupnya
  • 0,5 sendok teh Vanilla bubuk
  • 1 sdt ragi/Vermipan
  • Margarin secukupnya
  • 3 sdm susu kental
  • 1 sdt Ovalet
  • 5 butir Telur ayam broiler
  • 1 sdt baking powder
Cara Buat Bolu Gulung :
  1. Langkah awal adalah kocok gula halus, baking powder, ragi, telur, dan ovalet hingga mengembang. 
  2. Selanjutnya tambahkan susu kental manis, dan kocok lagi pakai mixer. Setelah itu masukkan terigu dan aduk lagi. 
  3. Terakhir tinggal masuk pada tahap pemanggangan dengal terlebih dahulu lapisi permukaan loyang yang lebar dengan tinggi sekitar 2 cm menggunakan margarin, setalah itu tuang adonan kue bolunya dan panggang selama kurang lebih setengah jam atau sampai matang hingga bagian dalam kuenya.
  4. Angkat dan selagi masih panas olesi selai di permukaanya setelah sebelumnya dilapisi plasti bagian bawahnya untuk membantu proses penggulungan nantinya. Dan hasil praktek anda pun siap disajikan dengan dipotong setebal 1,5 cm agar selainya terlihat melingkar di dalamnya.
Cara Membuat Bolu Kukus Mangkok

Sebenarnya ada banyak sekali jenis bolu kukus, termasuk di dalamnya sifon, brownis serta bolu kukus yang disimpan dalam wadah kertas seperti mangkok itu sendiri. Nah, dalam tutorial ini yang kita maksud adalah yang kita sebutkan terakhir.

Bahan Bolu Kukus

    kue bolu kukus gulung
  • Pewarna makanan secukupnya. Silahkan pilih warna sesukamu.
  • 225 gram gula pasir yang telah dihaluskan
  • 0,5 sdm SP
  • 2 butir telur ayam broiler
  • 1 sdm cokelat cair/pasta
  • 300 gram terigu yang telah diayak
  • 200 ml air soda putih

Langkah Membuat Bolu Kukus :

  1. Awalnya mulai dengan mengocok telur bersama gula dan SP sampai rata dan juga mengembang, Lalu masukkan tepung terigu dan soda selang seling sementara mixer tetap bekerja.
  2. Bagi 3 adonan bolu kukus dalam 3 mangkuk setelah itu baru tambahkan pewarna makanan pada masing-masing mangkuk tersebut yang sesui seleramu. Sementara ini dandan (Wajib yang memilik lubang besar) telah disiapkan agar airnya sudah mendidih saat pertama kali memasukkan adonannya.
  3. Jika sudah rata warnanya, langsung masukkan dalam cup kue yang telah dilapisi dengan mangkuk kertas yang banyak dijual di toko kue. Cara menung adonannya pada tiap cupnya adalah dengan menaruh masing-masing dengan warna berbeda pada sisi yang berlainan agar terlihat warna yang terpisah saat telah matang.
  4. Terakhir kukus kue hingga bagian tengahnya juga matang. Dan angkat dengan terlebih dahulu memberi air pada dandannya agar tidak terkena uap panas saat mengambil cup kukusnya. dan kue pun siap disajikan!

Bagaimana Resep Cara Membuat Kue Bolu (Gulung, Pandan Kukus) yang kami sajikan ini, menarik kan? Intinya sebenarnya pada penggunaan raginya sebagaimana sudah kami singgung di atas. Kalau jenis raginya bagus dan bahan pendukungnya juga tepat tentu hasilnya akan sesuai yang diharapkan. Tapi kalau sampai salah maka kamu akan melihat kue bolu yang layaknya kue lapis yang tidak punya pori seperti sifon sebagaimana umumnya yang sering kita makan. Adapun untuk penggunaan pewarna, apakah itu yang alami dengan menggunakan daun padan misalnya, atau yang menggunakan pewarna makanan, kami sarankan untuk mengaduknya bersama sedikit air terlebih dahulu di tempat yang kecil sebelum menuangnya langsung ke adonan karena dengan demikian kamu mampu memperkirakan berapa tinggi contras warna yang akan dihasilkan. Baca juga caramster lainnya :
  1. Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Seafood 
  2. Cara Membuat Ayam Kentucky KFC
  3. Cara Membuat Kue Bolu Gulung
  4. Resep Cara Membuat Sate Kambing dan Daging Sapi 
  5. Resep Cara Membuat Sambal (Terasi, Pecel Goreng, Ijo)
  6. Resep Cara Membuat Sambal Pecel
  7. Manfaat Air Kelapa dan Air Putih
  8. Cara : Manfaat Madu, Susu dan Daun Sirsak
  9. Cara : Manfaat Sirsak dan Daun Sirsak
  10. Cara : Manfaat Susu Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
  11. Cara Membuat Website .com lewat Blogspot 
  12. Kumpulan Resep Masakan Nusantara - Indonesia
Facebook Twitter Google+

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

×
Back To Top